Penguatan Keamanan dan Mutu Pangan Segar

  • Undang-undang No 18 tahun 2012 mengamanatkan bahwa setiap orang yang menyelenggarakan kegiatan atau proses produksi, penyimpanan, pengangkutan, dan/atau peredaran pangan wajib memenuhi persyaratan sanitasi dan menjamin keamanan pangan dan/atau keselamatan manusia. Untuk itu, pemerintah dan pemerintah daerah menjamin terwujudnya penyelenggaraan keamanan pangan di setiap rantai Pangan secara terpadu. Peraturan Pemerintah No. 86 tahun 2019 tentang Keamanan Pangan membagi kewenangan pengawasan pangan segar asal tumbuhan pada kementarian yang menyelenggarakan pemerintahan di bidang pertanian, gubernur, atau bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya.
  • Penguatan keamanan dan mutu pangan segar asal tumbuhan (PSAT) diselenggarakan melalui pengawasan produk sebelum diedarkan (pre market) dengan memberikan jaminan keamanan dan mutu pangan, serta pengawasan pangan produk setelah beredar (post market). Pemberian jaminan keamanan dan mutu pangan pre market dilakukan dalam bentuk registrasi dan sertifikasi PSAT, sedangkan pengawasan post market  dilaksanakan dalam bentuk pengawasan PSAT yang  beredar baik secara regular maupun insidentil.
  • Registrasi dan sertifikasi PSAT diberikan dalam bentuk registrasi PSAT PL (pangan asal luar negeri), PD (pangan produksi dalam negeri) dan PSAT PDUK (pangan produksi dalam negeri usaha kecil), registrasi rumah kemas, sertifikasi penerapan produksi yang baik PSAT (SPPB-PSAT), sertifikasi prima, sertifikasi kesehatan (health certificate) dan sertifikasi pendukung lainnya. Peraturan Pemerintah No. 5 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perijinan berusaha berbasis risiko telah membagi kewenangan registrasi PSAT PL oleh pemerintah pusat (Menteri),  penerbitan PSAT PD, sertifikasi rumah kemas, dan health certificate dilakukan oleh pemerintah provinsi (Gubernur) dan registrasi PSAT PDUK oleh pemerintah kabupaten/kota (Bupati/Walikota).  Indikator pencapaian keamanan pangan dapat dilihat dari persentase PSAT yang memenuhi syarat baik dari pemenuhan kandungan cemaran, juga pemenuhan label serta, meningkatnya jumlahnya PSAT yang mendapatkan  jaminan pre market.