Workshop Web Badan Ketahanan Pangan Tahun 2014 di NTB

WORKSHOP WEB BADAN KETAHANAN PANGAN

Dalam rangka meningkatkan kemampuan petugas/aparat pengelola web dan database ketahanan pangan telah diselenggarakan Workshop Web Badan Ketahanan Pangan pada tanggal 20 – 22 Mei 2014 bertempat di Hotel Lombok Raya, Lombok, Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Tujuan dari pertemuan Workshop Web Badan Ketahanan Pangan adalah untuk meningkatkan kemampuan aparat/petugas pengelola website baik di pusat dan daerah (provinsi) dalam mengelola sistem informasi dan mensinkronisasikan format database ketahanan pangan.

Peserta workshop diikuti oleh peserta sebanyak 60 orang yang berasal dari Badan/Dinas/Unit Kerja yang menangani ketahanan pangan di 34 Provinsi dan petugas yang menangani data dan sistem informasi lingkup Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian.

Dalam Pengarahan Sekretaris Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian yang dibacakan oleh Kepala Bagian Perencanaan (Ir. M. Hamzah, MM), disampaikan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi instansi pemerintah dalam rangka penyebarluasan informasi. Amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, menghendaki adanya penyebarluasan informasi publik yang cepat, tepat, efektif dan efisien melalui website.

Selain itu, dalam Undang-UndangNomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, pada Bab X Sistem Informasi Pangan dikatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah berkewajiban membangun, menyusun, dan mengembangkan system informasi Pangan yang terintegrasi.

Dikatakan juga, bahwa penyebarluasan informasi ketahanan pangan di daerah masih sangat terbatas, karena satker yang memiliki website pada tingkat provinsi berjumlah 22 satker, sedangkan pada tingkat kabupaten/kota yang memiliki website baru berjumlah 13 satker. Selain webdi daerah belum dikelola secara baik sehingga kedepan perlu pembinaan petugas dan pengembangan sistem informasi ketahanan pangan secara berkelanjutan, yang melibatkan seluruh jaringan kerja ketahanan pangan pusat, propinsi dan kabupaten/kota  sebagai wujud partisipasi koordinatif dalam pengumpulan dan penyajian data dan informasi ketahanan pangan.

Pada sesi selanjutnya disampaikan materi oleh narasumber berasal dari Sekretariat dan Pusat lingkup Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, dan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dengan diselenggarakan pertemuan Workshop Web ini diharapkan para petugas/aparat pengelola web dan database di daerah dapat menyajikan informasi ketahanan pangan yang selalu up to date/terbaru dan mudah diakses oleh masyarakat luas. Sedangkan bagi Unit Kerja Ketahanan Pangan Provinsi yang belum mempunyai website agar dapat membangun website secara mandiri dari anggaran APBD Provinsi.