Workshop Perencanaan Ketahanan Pangan Tingkat Nasional TA. 2015 Badan Ketahanan Pangan

Dalam rangka meningkatkan pemahaman, menyamakan persepsi dan menyusun kegiatan dan anggaran ketahanan pangan tahun 2015 yang akan dituangkan dalam format RKAKL, Bagian Perencanaan Badan Ketahanan Pangan menyelenggarakan Workshop Perencanaan Ketahanan Pangan Tingkat Nasional TA. 2015 pada tanggal 25 – 27 Juni 2014 yang bertempat di Bali Kuta Resort, Bali. Tujuan workshop ini adalah untuk menyusun rancangan program dan kegiatan lingkup Badan Ketahanan Pangan Tahun 2015 pada tingkat Pusat dan Daerah; menyinkronkan perencanaan ketahanan pangan tahun 2015 di tingkat pusat dan daerah; dan menyusun draft RKA-K/L Pagu Indikatif lingkup Badan Ketahanan Pangan Tahun 2015. Peserta workshop berjumah ±180 orang, yang terdiridari Kepala Badan/Dinas/Unit Kerja Ketahanan Pangan, Sekretaris Badan/Dinas/Unit Kerja Ketahanan Pangan, Kasubbag Perencanaan/ Pejabat yang menangani Perencanaan, dan Staf Penyusun RKA-K/L dari 34 Provinsi.

Dalam pengarahan, Sekretaris Badan Ketahanan Pangan menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian Nasional (Musrenbangtannas) pada tanggal 7-9 Mei 2014 di Bogor serta Musrenbangtannas Tahun 2014 yang telah dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2014 di Auditorium Kementerian Pertanian. Disampaikan pula bahwa tahun 2015 merupakan tahun yang sangat penting dalam pembangunan nasional karena merupakan tahun awal pelaksanaan RPJMN 2015-2019. Sesuai dengan arah kebijakan pembangunan pertanian 2015-2019, peningkatan ketahanan pangan merupakan salah satu program utama yang harus dicapai dalam siklus pembangunan lima tahunan tersebut.

Pada sesi selanjutnya disampaikan materi oleh narasumber berasal dari Sekretaris Badan Ketahanan Pangan, Kepala Pusat lingkup Badan Ketahanan Pangan, Kepala Bagian Penyusunan Anggaran Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal, Kementerian Pertanian. Dilanjutkan dengan penyusunan RKA-K/L 2015 oleh masing-masing Provinsi.

Workshop ditutup oleh Prof. Dr. Ir. Achmad Suryana, MS selaku Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian pada hari jumat tanggal 27 Juni 2014. Pada pidato penutupan, Kepala Badan Ketahanan Pangan menekankan agar kegiatan / anggaran TA. 2015 yang telah disusun pada workshop ini dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan prinsip tatakelola pemerintahan yang baik (good government).