Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Badan Ketahanan Pangan

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 03 Sep, 2013

Views: 272

Dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman aparatur pemerintah terhadap Sistem Pengendalian Intern (SPIP) pada Satuan Kerja (Satker) Lingkup Badan Ketahanan Pangan (Pusat dan Daerah), telah diselenggarakan Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) untuk Program Peningkatan Diversifikasi dan Ketahanan Pangan pada tanggal 28 – 30 Agustus 2013, bertempat di Hotel Royal Safari Garden Cisarua-Bogor.

Pertemuan diawali dengan laporan panitia Sosialisasi SPIP Badan Ketahanan Pangan yang disampaikan oleh Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian dan dilanjutkan dengan sambutan dan arahan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian sekaligus membuka pertemuan tersebut.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi maupun yang diwakili oleh Sekretaris Badan, serta Sekretaris Badan dan Kepala Pusat, Pejabat Eselon III dan IV, PPK Lingkup  Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian,

Dalam arahan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, disampaikan agar  seluruh satker lingkup Badan Ketahanan Pangan (Provinsi)  dapat melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI) dilingkungan satuan kerjanya dengan sebaik-baiknya sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008.  Selama ini pelaksanaan SPI belum berjalan seperti yang diharapkan, karena masih terdapat kelemahan, yaitu Badan/Kantor/Unit Kerja Ketahanan Pangan Provinsi dan Kabupaten/Kota banyak yang belum membentuk Tim Satlak-Pengendalian Intern (Tim Satlak-PI).  Keberadaan Tim Satlak Pengendalian Intern ini mempunyai peran yang sangat penting  membantu tugas pimpinan dalam mengurangi terjadinya berbagai bentuk penyimpangan dan korupsi terhadap pengelolaan keuangan Negara.

Sebagai bentuk untuk memberikan pemahaman SPI kepada para peserta, disampaikan materi SPI Kementerian Pertanian oleh Inspektur Jenderal dan Inspektur II dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian. Selain itu, untuk menyamakan persepsi terhadap pelaksanaan SPI Program Peningkatan Diversifikasi dan Ketahanan Pangan, khususnya pelaksanaan kegiatan strategis Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, telah disusun templated kegiatan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) yang dipandu oleh Instruktur dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian. Temlated SPI kegiatan P2KP ini nantinya akan dijadikan sebagai acuan untuk penyempurnaan SPI untuk kegiatan strategis lainnya seperti Desa Mandiri Pangan, Penguatan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM), dan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM).

Berita Terkait

  • Kepala BKP Kementan : KRPL Harus Berkelanjutan!

    BALI - Untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga sejak tahun 2015 Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di seluruh Indonesia.


    "KRPL ini sangat strategis tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga," ujar Kepala BKP Agung Hendriadi, saat mengunjungi KRPL di Taro kecamatan Tegallalang, Gianyar Bali, Sabtu (22/6/2019).


    Lebih lanjut Agung mengatakan bahwa keberlanjutan KRPL sangat penting, karena itu Kebun Bibit Desa (KBD) harus terus dikem...

  • Geliat Pengembangan Koorporasi Usahatani BKP Kementan di Kab. Gianyar Bali

    Dalam upaya meningkatkan kemandirian pangan dan  kesejahteraan petani, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan kegiatan Pengembangan Korporasi Usahatani (PKU). Kegiatan ini merupakan intervensi kebijakan untuk meningkatkan level Indeks Ketahanan Pangan yang dianalisis berdasarkan Food Security and Vulnerability Atlas. Intervensi dilakukan pada komponen on farm dan off farm termasuk kelembagaan, regulasi  dan pasar lintas sektor secara terintegrasi.


    "Kegiatan PKU ini tidak saja bertujuan meningkatkan produktivitas komoditas tapi juga harus menghasilkan prod...

  • BKP Kementan Gandeng Dinas Ketahanan Pangan Jambi Stabilkan Harga Cabe

    Dalam upaya menjaga stok dan stabilitasi harga pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) tidak hanya fokus pada pengendalian harga di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), tetapi juga dibeberapa daerah lainnya, misalnya di provinsi Jambi yang baru-baru ini dilakukan.


    "Untuk mengendalikan harga cabe di Jambi, kami melakukan stabilitasi harga bersama-sama Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi. Jadi, kami tidak fokus hanya di Jabodetabek," ujar Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Risfaheri yang ditemui dikantornya.


    Menur...