Sireg DKP Wilayah Tengah 2016

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 26 May, 2016

Views: 168

Sidang Regonal Dewan Ketahanan Pangan (Sireg DKP) Kabupaten/Kota Wilayah Tengah Indonesia telah dilaksanakan pada tanggal 25-27 Mei 2016 di hotel Arya Duta Palembang - Sumatera Selatan, dengan tema Sinergitas Program Pangan dan Gizi menuju Kedaulatan Pangan Nasional. Sireg DKP ini dibuka oleh Menteri Pertanian RI selaku Ketua Harian DKP yang diwakili oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) selaku Sekretaris DKP. Dalam acara pembukaan, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan hadir memberikan sambutan mewakili Gubernur Sumatera Selatan selaku Ketua DKP Provinsi Sumatera Selatan. Sireg DKP Tengah dihadiri oleh Ketua DKP Kabupaten/Kota (Bupati/Walikota, Wakil Bupati/Wakil Walikota, Sekda, dan Asisten Sekretaris Daerah) dari wilayah Jawa dan Kalimantan. Sireg ini juga dihadiri oleh Kepala BKP Provinsi dan Kabupaten/Kota selaku Sekretaris DKP Provinsi dan Kabupaten/Kota dari wilayah Jawa dan Sumatera serta Kelompok Kerja (Pokja) DKP. Pimpinan Sireg DKP ini adalah: dr. Budhi Setiawan (Wakil Bupati Banyumas, Jawa Tengah) selaku Ketua, Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. (Wakil Bupati Purbalingga) selaku Wakil Ketua, dan Ir. Anggraito, MM. (Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Kalimantan Barat) sebagai Sekretaris Sidang. Sireg ini juga menghadirkan beberapa narasumber yaitu Deputi Pembangunan Manusia Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas dengan materi SDGs (Sustainable Development Goals), Prof. Endang L. Achadi dari Universitas Indonesia dengan materi Kebijakan Strategis dan Rencana Aksi Nasional Pangan dan Gizi (KSRAN-PG), Sekretaris BKP Kementan dengan materi Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tahun 2016, dan Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Kementan dengan materi Pengembangan Usaha Masyarakat (PUPM) melalui Toko Tani Indonesisa (TTI). Disamping itu, hadir pula empat Bupati dari Bojonegoro, Tulungagung, Sanggau, dan Kulon Progo untuk berbagi kisah tentang jalan kesuksesan dalam pembangunan pangan dan gizi di wilayahnya. Dalam dinamikanya, Sireg DKP Tengah menghasilkan beberapa komitmen yang telah dirumuskan dalam bentuk Rumusan Kesepakatan Ketua DKP Kabupaten/Kota Wilayah Jawa dan Kalimantan, yang antara lain berisi tentang upaya peningkatan produksi pangan, stabilisasi pasokan dan harga pangan, pemenuhan pangan dan perbaikan gizi masyarakat, serta peningkatan peran kelembagaan pangan dan gizi. Sebelumnya, Sireg DKP Barat (Sumatera dan sekitarnya) telah dilaksanakan pada tanggal 16-18 Mei 2016 di Surabaya – Jawa Timur. Selanjutnya, Sireg DKP Timur (Papua, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Bali) akan dilaksanakan pada tanggal 3-5 Agustus 2016 di Pontianak – Kalimantan Barat bersamaan dengan pameran Gelar Pangan Nusantara Tahun 2016. Link download

Berita Terkait

  • Kementan Gandeng Pemprov Sumut Gelar OP Bawang Putih

    Medan - Untuk meredam melonjaknya harga bawang putih di Sumatera Utara (Sumut) yang sempat menyentuh harga Rp.90.000/kg, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan Operasi Pasar.

    Sebanyak 5 container  masing-masing 29 ton bawang putih impor yang tiba  di Belawan Rabu, (13/4) langsung disebar di berbagai pasar di kota Medan.

    "Operasi pasar ini kami lakukan untuk menstabilkan harga bawang putih di tingkat konsumen yang mengalami tren kenaikan beberapa waktu terakhir," ujar  Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementan Riwantoro saat mel...

  • Kementan Pastikan Pasokan Pangan Pokok Aman Selama Ramadhan dan Iedul Fitri

    Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pasokan pangan pokok selama Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) terutama bulan Ramadhan dan Iedul Fitri 1440 H mencukupi. Kepastian tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementan yang mewakili Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9).

    "Kita sudah cek, kondisi ketersediaan pangan pokok kita aman, baik untuk bulan puasa dan hari raya Iedul Fitri," terang Agung, dalam acara bertajuk 'Pengendalian Harga Pangan' tersebut di Gedung Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)...

  • Harga Cabai Jatuh, Kementan Gerak Cepat Bantu Petani Tuban

    Memasuki panen raya, harga berbagai jenis cabai di Kabupaten Tuban Jawa Timur, khususnya di Kecamatan Grabagan jatuh. Laporan petugas pencatat harga,  Sabtu (11/5), harga cabai rawit merah (CRM) sekitar 4.500/kg dan cabai merah keriting (CMK) Rp 5.500/kg, dari harga seminggu sebelumnya yang berkisar Rp 10.000/kg.

    Merespon kondisi tersebut, Kementerian Pertanian bergerak cepat turun lapangan membeli cabai  petani dengan harga yang lebih mahal, yakni Rp. 8.000/kg untuk mencegah kerugian petani sekaligus  memberi semangat agar petani tetap menanam pada musim berikutnya.

    "Kami bersama-sama turun k...