Serap Gabah Untuk isi Cadangan Beras Pemerintah

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 13 Jul, 2018

Views: 1285

Tim  Sergap (serap gabah petani) terus mendorong pemenuhan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di berbagai sentra produksi padi melalui kerja sama dengan Mitra Perum BULOG. Hal ini gencar dilakukan sebagai upaya akselerasi percepatan pencapaian target pada periode Juli - Agustus 2018.


Menurut Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian, Benny Rachman, untuk mengejar ketertinggalan capaian pengadaan beras, perlu partisipasi semua pihak, terutama dari Mitra Perum BULOG.


"Kami mohon kontribusi dari para Mitra untuk berpartisipasi memperkuat cadangan beras pemerintah, yang hingga saat ini baru mencapai 65% sehingga sebelum akhir tahun, target Cadangan Beras Pemerintah dapat tercapai seperti diharapkan," ujar Benny, saat memimpin sergap gabah di  di kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (12/7).


Menanggapi hal tersebut, salah satu Mitra dari Lamongan mengatakan,  pada bulan Juli - Agustus di wilayahnya sedang 7berlangsung musim panen gadu yang diperkirakan akan menghasilkan 15-20% dari total produksi tahun 2018.


"Saat ini di wilayah kami sedang masuk musim panen gadu, kami usul agar pertemuan berikutnya diselenggarakan di Lamongan," ujarnya.


Kepala Subdivre Bojonegoro, Akbar, yang memiliki wilayah kerja di tiga kabupaten yaitu Bojonegoro, Tuban, dan Lamongan, pihaknya optimis dapat memenuhi target pengadaan tahun ini.


"Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para Mitra atas kontribusinya selama ini, kini dari target harian 386 ton,  kami semakin semangat dan optimis bisa mencapai 400 ton per hari sebagai upaya akselerasi," ujar Akbar


Untuk diketahui, Subdivre Bojonegoro pada tahun 2018 memiliki target pengadaan 75 ribu ton setara beras yang hingga saat ini sudah tercapai 45%. Selain di Bojonegoro, Tim Sergap juga bekerja di beberapa wilayah di Jawa Timur, antara lain Madiun, Jember, dan Banyuwangi.


Rapat sergap diakhiri dengan penandatanganan komitmen pembelian beras oleh bulog sebanyak 5.650 ton.


Selain dari Kementan, Bulog, dan perusahaan penggilingan/gapoktan, juga hadir perwakilan Kodim setempat dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bojonegoro.

Berita Terkait

  • Dorong Peningkatan Ekspor, Kementan Berperan Aktif dalam Codex Internasional

    Jakarta, Rabu (26/6). Peran Indonesia dalam perdagangan komoditas pangan internasional terus ditingkatkan. Hal ini diwujudkan dengan keterlibatan aktif Kementerian Pertanian beserta Kementerian/Lembaga lainnya dalam penyusunan dan pengembangan standar, pedoman, code of practice dan rekomendasi lain terkait keamanan dan mutu pangan hasil pertanian yang berlaku secara internasional dalam wadah Codex Alimentarius Commission (CAC), atau disingkat Codex.


    Dalam Rapat Komite Nasional Codex Indonesia ke-2 tahun 2019 yang digelar di Jakarta, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertani...

  • BKP Kementan Kembangkan Korporasi Usahatani Untuk Entaskan Kemiskinan dan Kerawanan Pangan

    Kegiatan Korporasi Usahatani (PKU) yang  dikembangkan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan kegiatan strategis untuk mengentaskan kemiskinan dan kerawanan pangan.


    "Masuknya kegiatan PKU di Desa Pagerharjo ini diharapkan akan mempercepat pengentasan kemiskinan dan kerawanan pangan di pedesaan," ujar Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan  BKP, Andriko Noto Susanto di Lokasi PKU di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta (23/06).


    Berdasarkan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (Food Security and Vulnerability ...

  • Kepala BKP Kementan : KRPL Harus Berkelanjutan!

    BALI - Untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga sejak tahun 2015 Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di seluruh Indonesia.


    "KRPL ini sangat strategis tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga," ujar Kepala BKP Agung Hendriadi, saat mengunjungi KRPL di Taro kecamatan Tegallalang, Gianyar Bali, Sabtu (22/6/2019).


    Lebih lanjut Agung mengatakan bahwa keberlanjutan KRPL sangat penting, karena itu Kebun Bibit Desa (KBD) harus terus dikem...