Rapat Kerja Nasional Badan Ketahanan Pangan Tahun 2015

Jakarta, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian 2015 yang dilaksanakan selama dua hari (17-18 November 2014) bertempat di Auditorium Gedung F Kantor Pusat Kementerian Pertanian. Hasil pertemuan Rakernas Pembangunan Pertanian tersebut ditindaklanjuti oleh Badan Ketahanan Pangan dengan mengelar acara rapat serupa yakni Rapat Kerja Nasional Badan Ketahanan Pangan pada tanggal 18 November 2014 pukul 14.00 WIB bertempat di ruang rapat Nusantara II Badan Ketahanan Pangan.

Pertemuan tersebut dibuka oleh Plt. Badan Ketahanan Pangan (Dr. Winny Dian Wibawa) dan dihadiri oleh Kepala Badan/Dinas/Unit Kerja yang menangani Ketahanan Pangan Provinsi seluruh Indonesia,  para pejabat Eselon II dan III Lingkup Badan Ketahanan Pangan.

Pertemuan rakernas Badan Ketahanan Pangan kali ini membahas refocusing program tahun 2015, yang diselaraskan dengan Arah Kebijakan Pembangunan Pertanian 2015-2019, yakni (1) Program Peningkatan Ketahanan Pangan; (2) Program Pengembangan Komoditas Ekspor (dan substitusi Impor); (3) Program Pengembangan (Bioindustridan) Bioenergi; dan (4) Program Pengembangan Infrastruktur Pertanian.

Dalam rangka mendukung Program Peningkatan Ketahanan Pangan khususnya dalam pencapaian swasembada pangan 3 (tiga)  komoditas utama, yakni Padi, Jagung dan Kedelai, Badan Ketahanan Pangan akan turut serta mensukseskan program tersebut melalui kegiatan Penguatan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (P-LDPM) dan Model Pengembangan Pangang Pokok Lokal (MP3L).Sedangkan sasaran strategis ketahanan pangan tahun 2015 yang akan dicapai oleh Badan Ketahanan Pangan adalah meningkatnya ketahanan pangan melalui pengembangan ketersediaan, distribusi, konsumsi dan keamanan pangan segar dengan menargetkan indikator sasaran program, yaitu :

1)      Skor PPH Peningkatan Diversifikasi Pangan sebesar 82,9

2)      Konsumsi Energi (kkal/kap/hari) sebesar 2.004

3)      Konsumsi Protein (gr/kap/hari) sebesar 56,1

4)      Stabilnya harga pangan (Gabah/ Beras) di tingkat produsen sesuai HPP

5)      Stabilnya harga pangan (Beras) di tingkat konsumen CV