Rakor Percepatan Serapan Gabah Petani (Sergap) Prov. Jawa Tengah 

Diterbitkan pada Kegiatan Pada 18 Aug, 2017

Views: 184

Badan Ketahanan Pangan menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Serapan Gabah Petani (Sergap) Tahun 2017 Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2017, di Kantor Bulog Divisi Regional (Divre) Provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang - Jawa Tengah. Rakor dibuka oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (PPSDMP), dan dihadiri oleh Kepala Divre Jawa Tengah, Kepala Subdivre: Semarang, Pati, Surakarta, Banyumas, Kedu, Pekalongan, Badan PPSDMP Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, serta TNI AD.Hadir dari Badan Ketahanan Pangan adalah Kepala Subbag Pelaporan dan TLHP beserta staf. Agenda rapat adalah koordinasi upaya percepatan SERGAP di Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan laporan dari Subdivre Provinsi Jawa Tengah, serapan gabah petani baru mencapai 49 persen atau 597.954 Ton dari target 1.204.550 Ton GKP.    Tujuan diadakannya Rakor adalah: pertama : mengevaluasi pelaksanaan Sergap Provinsi Jawa Tengah sampai dengan bulan Agustus 2017, kedua: mendiskusikan tantangan dan permasalahan yang dihadapi serta menghimpun masukan dari stakeholders terkait, ketiga : menentukan langkah-langkah operasional yang perlu dilakukan untuk pencapaian target Sergap sampai dengan bulan Desember 2017. Dengan diadakanya Rakor ini diharapkan koordinasi dan komunikasi antar semua stakeholders yang terlibat dapat terjalin dengan baik sehingga target Sergap yang ditentukan dapat tercapai dan ketahanan pangan nasional dapat terwujud.

Berita Terkait

  • Semangat Lebaran, Sergap Idul Fitri Terus Digiatkan

    Kegiatan Serap Gabah/Beras Petani (Sergap) yang dilakukan Tim Sergap Kementerian Pertanian, TNI-AD, dan Perum Bulog terus diintensifkan sejak H+2 Lebaran. Untuk mencapai target yang telah ditetapkan, Sergap Idul Fitri dilaksanakan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mendorong realisasi kerja sama kemitraan antara Perum Bulog dengan Gapoktan dan perusahaan penggilingan padi.


    Dalam kesempatan ini Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi mengatakan "Keberadaan Tim Sergap sangat penting dalam mendukung kedaulatan pangan, utamanya dalam pemenuh...

  • Libur Lebaran: BKP Kementan realisasikan kontrak sergap Sub Divre Surakarta di 6 Kabupaten


    Untuk mengisi Cadangan Beras Pemerintah (CBP), Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Bulog dan satgas sergap terus mempercepat pencapaian target penyerapan gabah (Sergap) di Propinsi Jawa Tengah.


    Seperti hari ini, Selasa (19/6) telah dilakukan penandatangan Order Pembelian (OP) antara Bulog dengan para mitra, termasuk Perpadi di Subdivre Surakarta yang  disaksikan langsung oleh Kepala BKP, Agung Hendriadi.


    "Jajaran Kementerian Pertanian dan Satgas Sergap terus bekerja saat libur lebaran ini, dan hari ini Kita menyaksikan penandatangan OP, kontrak menc...

  • Dari Pantauan BKP Kementan, Pasca Lebaran Stok dan Harga Pangan Stabil


    Dari hasil pantauan Tim P2H (Pemantau Pasokan dan Harga Pangan) Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian di sejumlah pasar di beberapa provinsi 3 hari pasca lebaran idulfitri, stok dan harga pangan stabil bahkan cenderung turun.


    Hal ini bisa dilihat dari hasil pantauan kepasar-pasar yang dilakukan pada tanggal 17 Juni 2018 sebagaimana dilaporkan berikut ini.


    Di Pasar Tamanan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur pasokan pangan aman dan harga stabil, bahkan menurut para pedagang cenderung turun dibanding sebelum Idul Fitri, terutama telur ayam ras turun dari Rp. 20.500,-...