Rakor Percepatan Serapan Gabah Petani (Sergap) Prov. Jawa Tengah 

Diterbitkan pada Kegiatan Pada 18 Aug, 2017

Views: 352

Badan Ketahanan Pangan menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Serapan Gabah Petani (Sergap) Tahun 2017 Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2017, di Kantor Bulog Divisi Regional (Divre) Provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang - Jawa Tengah. Rakor dibuka oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (PPSDMP), dan dihadiri oleh Kepala Divre Jawa Tengah, Kepala Subdivre: Semarang, Pati, Surakarta, Banyumas, Kedu, Pekalongan, Badan PPSDMP Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, serta TNI AD.Hadir dari Badan Ketahanan Pangan adalah Kepala Subbag Pelaporan dan TLHP beserta staf. Agenda rapat adalah koordinasi upaya percepatan SERGAP di Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan laporan dari Subdivre Provinsi Jawa Tengah, serapan gabah petani baru mencapai 49 persen atau 597.954 Ton dari target 1.204.550 Ton GKP.    Tujuan diadakannya Rakor adalah: pertama : mengevaluasi pelaksanaan Sergap Provinsi Jawa Tengah sampai dengan bulan Agustus 2017, kedua: mendiskusikan tantangan dan permasalahan yang dihadapi serta menghimpun masukan dari stakeholders terkait, ketiga : menentukan langkah-langkah operasional yang perlu dilakukan untuk pencapaian target Sergap sampai dengan bulan Desember 2017. Dengan diadakanya Rakor ini diharapkan koordinasi dan komunikasi antar semua stakeholders yang terlibat dapat terjalin dengan baik sehingga target Sergap yang ditentukan dapat tercapai dan ketahanan pangan nasional dapat terwujud.

Berita Terkait

  • Kepala BKP Kementan "Kembangkan Obor Pangan Lestari di seluruh Indonesia

    Ketahanan pangan nasional dimulai dari ketahanan pangan rumah tangga,  karena itu sangat penting bagi setiap rumahtangga dapat mengakses pangan dengan mudah.


    "Jadikan dan manfaatkan lahan pekarangan sebagai sumberdaya atau aset yang keluarga, untuk memenuhi kebutuhan pangan," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Agung Hendriadi saat mengunjungi program Obor Pangan Lestari (OPAL) Minggu (16/12) di Sulawesi Selatan.


    Menurut Agung, dengan memanfaatkan lahan pekarangan,  pangan dapat tersedia setiap saat untuk memenuhi kebutuhan keluarga.  


    "Manfaatkan lahan pekarang...

  • Kementan Gelar Telur Murah, Jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

    Menjelang natal 2018 dan tahun baru 2019, sebagaimana tren yang sering terjadi tahun-tahun sebelumnya, beberapa bahan pangan pokok cenderung mengalami kenaikan harga.


    Mengantisipasi hal tersebut, berbagai upaya dan langkah strategis telah dilakukan Pemerintah. Dalam hal ini Kementerian Pertanian telah  meningkatkan produksi pangan, sehingga ketersediaan dan stok pangan tercukupi.


    Khusus komoditas Telur Ayam Ras yang akhir-akhir ini mengalami  tren kenaikan harga, karena beberapa hal,  antara lain faktor kenaikan konsumsi masyarakat memperoleh telur untuk membuat kue, makanan dan se...

  • Kabadan BKP Kunjungi Korporasi Petani Sorghum di Mataram

    Di sela-sela menghadiri Seminar Nasional di Mataram, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi mengunjungi perusahaan UMKM yang bergerak di Industri Pangan Lokal, yaitu _CV. Yant Sorghum_, Kamis (13/12).


    Perusahaan yang diinisasi Yanti,  membudidayakan tanaman sorghum pada areal 50 hektar dengan petani binaan 200 orang, dengan konsep korporasi petani.


    "Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan dan dikembangkan ibu yanti  dalam pengembangan tanaman sorghum dengan konsep korporasi petani," kata Agung.


    Korporasi petani adalah model bisnis yang dikem...