Rakor Percepatan Serapan Gabah Petani (Sergap) Prov. Jawa Tengah 

Diterbitkan pada Kegiatan Pada 18 Aug, 2017

Views: 228

Badan Ketahanan Pangan menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Serapan Gabah Petani (Sergap) Tahun 2017 Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2017, di Kantor Bulog Divisi Regional (Divre) Provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang - Jawa Tengah. Rakor dibuka oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (PPSDMP), dan dihadiri oleh Kepala Divre Jawa Tengah, Kepala Subdivre: Semarang, Pati, Surakarta, Banyumas, Kedu, Pekalongan, Badan PPSDMP Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, serta TNI AD.Hadir dari Badan Ketahanan Pangan adalah Kepala Subbag Pelaporan dan TLHP beserta staf. Agenda rapat adalah koordinasi upaya percepatan SERGAP di Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan laporan dari Subdivre Provinsi Jawa Tengah, serapan gabah petani baru mencapai 49 persen atau 597.954 Ton dari target 1.204.550 Ton GKP.    Tujuan diadakannya Rakor adalah: pertama : mengevaluasi pelaksanaan Sergap Provinsi Jawa Tengah sampai dengan bulan Agustus 2017, kedua: mendiskusikan tantangan dan permasalahan yang dihadapi serta menghimpun masukan dari stakeholders terkait, ketiga : menentukan langkah-langkah operasional yang perlu dilakukan untuk pencapaian target Sergap sampai dengan bulan Desember 2017. Dengan diadakanya Rakor ini diharapkan koordinasi dan komunikasi antar semua stakeholders yang terlibat dapat terjalin dengan baik sehingga target Sergap yang ditentukan dapat tercapai dan ketahanan pangan nasional dapat terwujud.

Berita Terkait

  • Bangka Belitung Gaungkan Diversifikasi Pangan

    Upaya peningkatan diversifikasi konsumsi pangan masyarakat terus digalakkan pemerintah. Kali ini dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung digaungkan Gerakan Makan Sayuran, Buah, Umbi-umbian, Kacang-kacangan, dan Ayam Merawang atau yang disingkat GEMA SABUK AMANG.


    Launching gerakan resmi dituangkan dalam Peraturan Gubernur Bangka Belitung No.30 Tahun 2018,  disambut antusias aparat daerah dan masyarakat.


    Dalam sambutannya, Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, menghimbau kepada para pimpinan kabupaten/kota se-Bangka Belitung agar menindaklanjuti gerakan ini secara masif di daerah...

  • Kepala BKP Kementan Jelaskan Tantangan Ketahanan Pangan Indonesia


    "Fokus kita saat ini bukan hanya feeding the world, tetapi juga bagaimana mencapai sasaran akhir pembangunan ketahanan pangan, yaitu terwujudnya Sumberdaya Manusia yang tangguh, sehat, aktif dan produktif," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi,

    dihadapan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Fakultas Teknologi Pertanian pada Seminar Teknologi Pertanian Jabodetabek di Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BB Mektan) Serpong-Banten, Kamis   (09/08).


    Menurut Agung, beberapa tantangan dalam mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia, ...

  • Sagu Indonesia Untuk Dunia


    Sagu telah dikenal sejak lama menjadi salah satu pangan sumber karbohidrat bagi masyarakat Indonesia. Potensi sagu kini tidak hanya dikembangkan di wilayah timur Indonesia saja, akan tetapi telah meluas ke wilayah sumatera khususnya Provinsi Riau.


    Melalui Seminar Sagu Asean ke IV yang dilaksanakan 7-9 Agustus 2018 di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau ingin menyampaikan pesan bahwa, sagu Riau siap menjadi salah satu komoditas pangan strategis di Indonesia bahkan dunia.


    Acara seminar dibuka  Gubernur Riau,  dihadiri  peserta dari seluruh Indonesia dan pembicara dari Jepang dan Mala...