PRESIDEN TINJAU PAMERAN GELAR INOVASI TEKNOLOGI

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 31 Oct, 2016

Views: 201

Boyolali, sebelum menghadiri Pucak Peringatan Hari Pagan Sedunia (HPS) Ke-36 Tingkat Nasional Tahun 2016, Presiden Joko Widodo beserta rombongan singgah di Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Boyolali guna melakukan peninjauan pameran Gelar Inovasi Teknologi. Saat melakukan kunjungan peninjauan di area tanaman jagung, Presiden Joko Widodo berkesempatan untuk memberikan nama tanaman jagung varian terbaru. NASA (Nakula Sadewa) 29 dipilih oleh Presiden Joko Widodo sebagai nama jagung varietas bertongkol Ganda. Selain itu Presiden Joko Widodo juga menyerahkan benih/bibit NASA 29 kepada para petani. Kegiatan pameran tersebut merupakan inovasi Pertanian lahan kering guna merespon perubahan iklim dalam rangka kedaulatan pagan dan kemandirian pagan bertajuk”Gelar Inovasi Teknologi”. Seperti diketahui, Kabupaten Boyolali menjadi tuan rumah acara Hari Pangan sedunia karena banyaknya keanekaragaman atau diversifikasi tanaman yang dikembangkan di wilayah tersebut. Bahkan sejumlah tanaman unggulan seperti jagung hibrida Tongkol 2 Prolifik serta teknologi padi Jajar Legowo (Jarwo) Super turut dipamerkan pada acara resmi yang dinaungi FAO dan perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kegiatan tersebut diharapkan menjadi salah satu upaya promosi guna mendorong usaha penyelenggaraan pagan yang berkelanjutan dengan memaksimalkan peran masing-masing pemangku kepentingan dalam rangka mewujudkan Kedaulatan pagan Nasional. Turut mendampingi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam kunjungan kerja kali ini adalah Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Desa Pembagunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sanjoyo, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

Berita Terkait

  • Khawatir Harga Gabah Anjlok, Petani Minta Bulog Lakukan Pembelian Sekarang

    Beberapa daerah sentra produksi beras saat ini sedang panen raya dan mestinya petani bergembira menikmati hasil usahataninya. Namun beberapa petani  mengeluh karena harga jatuh dan Bulog belum bergerak melakukan pembelian.

    Sejumlah petani di daerah sentra produksi yang dihubungi mengeluhkan dan mengharapkan Bulog segera turun tangan melalukan pembelian gabah mereka.

    Lalu Saleh,  petani dari Lombok Barat - Nusa Tenggara Barat mengeluhkan,  sudah seminggu ini harga gabah menyentuh angka Rp. 4.000/kg gabah kering panen (gkp).

    "Sudah seminggu ini harga gabah mencapai 4.000 dan cenderung turun teru...

  • BKP Kementan Tugaskan CPNS Kawal Program PKU dan PIPL

    Setiap tahun Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian mengidentifikasi lokasi-lokasi yang masih terdapat kerentanan pangan di Indonesia dengan basis Kabupaten.

    Setelah berhasil meningkatkan status ketahanan pangan wilayah di 177 kabupaten melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Kawasan Mandiri Pangan, mulai tahun 2019 BKP melakukan intervensi melalui Pengembangan  Koorporasi Usahatani (PKU) dan Pengembangan Industri Pangan Lokal (PIPL).

    Tujuan kegiatan PKU adalah meningkatkan nilai tambah produk komoditas kelompoktani dan kesejahteraan petani.

    Sedangkan PIPL bertujuan untuk meningka...

  • Program Kampung Hijau Sejahtera Sebagai Pengembangan KRPL Kementan Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

    Pandeglang (BKP) - Jawa Barat.  Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja tahun ini meluncurkan sebuah kegiatan bertajuk Kampung Hijau Sejahtera (Kampung Hijrah) pertama kalinya di Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, prorinsi Banten Senin (11/3).

    Kegiatan Kampung Hijrah  bertujuan untuk memanfaatkan dan  menghijaukan pekarangan guna meningkatkan ekonomi produktif keluarga serta pelestarian tanaman lokal.

    Kegiatan ini digagas dan dipelopori oleh OASE KK bidang Lingkungan Hijau (bidang V) yang diketuai oleh Rugaiya Usman Wiranto (Kementerian Koordinator Bidang P...