Pertemuan Koordinasi (Focus Group Discussion) Efisiensi Rantai Distribusi Beras

Pertemuan Koordinasi (Focus Group Discussion), Efisiensi Rantai Distribusi Beras Jakarta, 4 Juni 2015

Dalam rangka untuk mendiskusikan dan mencari solusi penanganan rantai distribusi beras, telah dilaksanakan pertemuan koordinasi Focus Group Dissussion (FGD) Efisiensi Rantai Distribusi Beras yang diselenggarakan pada tanggal 4 Juni 2015 bertempat di Ruang Rapat Nusantara II Lantai IV, Badan Ketahanan Pangan.

Focus Group Discussion ini bertujuan sebagai sarana diskusi, pertukaran gagasan serta perumusan solusi yang melibatkan unsur akademisi, peneliti dan pemerintah sehingga diharapkan dapat memperkaya dan menyempurnakan desain kajian yang telah disusun.

Kegiatan Kajian Efisiensi Rantai Distribusi Beras adalah untuk menganalisis kinerja rantai pasok beras di Indonesia dan secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: (a) Mengidentifikasi wilayah surplus dan defisit untuk komoditas beras; (b) Memetakan alur distribusi komoditas beras; (c) Menganalisis nilai tambah pada rantai pasok beras; (d) Menyusun strategi peningkatan kinerja rantai pasok beras.

Kegiatan Kajian Efisiensi Rantai Distribusi Beras dalam pelaksanaannya melibatkan pakar dalam bidang Agribisnis, Pemasaran dan Manajemen Rantai Distribusi Produk Pertanian. Kegiatan ini dilaksanakan di 3 provinsi sentra produksi beras (Sumatera Selatan, Jawa Barat, Sulawesi Selatan) dan 1 wilayah konsumen (DKI Jakarta).