Pertemuan Evaluasi P2KP Tahun 2014

Bali. Pertemuan Evaluasi Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan atau P2KP Tahun 2014 dilaksanakan pada tanggal 3-5 Desember 2014 di Bali, dihadiri oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bali, para Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi dan para Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota atau. Pertemuan dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi kegiatan P2KP tahun 2014 yang selama ini telah kita laksanakan, serta untuk memberikan masukan dan persiapan bagi  pelaksanaan kegiatan P2KP tahun 2015.

Kegiatan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan atau P2KP telah dilaksanakan sejak tahun  2010 yang hingga saat ini telah terlaksana di seluruh provinsi di Indonesia kurang lebih mencapai 13.000 desa. Dalam perkembangannya P2KP menjadi gerakan yang semakin masif di tengah masyarakat dalam upaya peningkatan diversifikasi pangan untuk mendorong terwujudnya ketahanan pangan masyarakat.

Upaya percepatan diversifikasi atau penganekaragaman konsumsi pangan diarahkan untuk meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat ke arah asupan pangan yang lebih beragam, bergizi seimbang dan aman, serta mengurangi ketergantungan pada salah satu pangan pokok, yaitu beras. Langkah ini sejalan dengan upaya untuk membangun manusia Indonesia yang lebih baik, yaitu yang lebih sehat, aktif, dan produktif.  Karena itu melalui pertemuan evaluasi ini dapat diskusikan se­ca­ra mendalam ten­tang perkembangan pelaksanaan kegiatan di daerah termasuk kendala dan solusinya. Diharapkan juga kepada daerah yang memiliki pengalaman keberhasilan atau success story dalam  melaksanakan kegiatan P2KP dapat saling berbagi, sehingga bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam perbaikan pelaksanaan kegiatan di masa mendatang.