Pertemuan Evaluasi Akhir TA. 2013 dan Persiapan Pemantapan Ketahanan Pangan Nasional TA. 2014

Pertemuan Evaluasi Akhir TA. 2013 dan Persiapan Pemantapan Ketahanan Pangan Nasional TA. 2014

Palu, 16-18 Desember 2013

 

Dalam rangka untuk mengevaluasi program dan kegiatan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian TA. 2013 dan memantapkan persiapan program/kegiatan ketahanan pangan nasional tahun anggaran  2014, telah diselenggarakan Pertemuan “Evaluasi Akhir TA. 2013 dan Persiapan Pemantapan Ketahanan Pangan TA. 2014” tanggal 16-18 Desember 2013 bertempat di Hotel Shantika, Palu, Sulawesi Tengah. Pertemuan ini diselenggarakan atas kerja sama antara Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Tengah dengan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian.

Pertemuan ini dihadiri oleh Sekretaris Badan Ketahanan Pangan, Kepala Pusat lingkup Badan Ketahanan Pangan, Kepala Badan/Dinas, Sekretaris Badan/Dinas dan Kepala Bidang Badan/Dinas Propinsi seluruh Indonesia, serta Pejabat Eselon III dan IV Lingkup Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian.

Tujuan diselenggarakan pertemuan ini adalah untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Program Peningkatan Diversifikasi dan Ketahanan Pangan Masyarakat TA. 2013, menyempurnakan strategi dan implementasi kegiatan ketahanan pangan pada tahun 2014, serta menampung masukan-masukan dalam penyempurnaan Program Peningkatan Diversifikasi dan Ketahanan Pangan Masyarakat pada masa yang akan datang. Selain itu, pertemuan ini dipandang penting untuk menyamakan pemahaman, persepsi dan langkah operasional dalam rangka percepatan pelaksanaan kegiatan-kegiatan prioritas ketahanan pangan tahun 2014.

Dalam pertemuan tersebut disampaikan pencapaian realisasi Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian yang secara nasional mencapai 80,24 persen sampai dengan akhir Nopember 2013. Selain pencapaian target realisasi anggaran TA. 2013, perlu memperhatikan juga hasil evaluasi kinerja pada tahun yang lalu, serta mencermati Laporan Hasil Pemeriksaan Itjen, sehingga tidak mengulangi kesalahan yang sama dan harus menghasilkan output kegiatan yang berkualitas pada tahun 2014.

Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bagi satker Provinsi adalah (1) melakukan perbaikan kualitas pelaksanaan kegiatan ketahanan pangan TA. 2013 dan persiapan perencanaan ketahanan pangan TA. 2014, antara lain identifikasi sasaran baru dilakukan lebih awal dan pengadaan/lelang disiapkan sejak awal; dalam persiapan tahun 2014 antara lain identifikasi sasaran baru dilakukan lebih awal dan pengadaan/lelang disiapkan sejak awal; (2) Perlunya percepatan pelaksanaan kegiatan dan peningkatan kualitas pelaksanaan; (3) Peningkatan pemantauan, pengendalian, dan pelaporan program/kegiatan; dan (4) Peningkatan komitmen, sinergisme, dan koordinasi program/kegiatan pusat-daerah.