Pencanangan Peletakan “Batu Pertama Gerakan Perbaikan Jaringan Irigasi” Di Provinsi Yogyakarta

Program Swasembada Pangan Padi Nasional memerlukan strategi serta upaya khusus dalam peningkatan produksi melalui dua pendekatan strategi kegiatan berupa optimalisasi lahan dan pengembangan jaringan irigasi. Dengan dua strategi tersebut, peningkatan produksi padi dapat dicapai dengan peningkatan indeks pertanaman (IP) yang semula hanya dimanfaatkan satu kali tanam diharapkan menjadi dua kali tanam dalam setahun

Kementerian Pertanian berinisiasi melaksanakan pencanangan Peletakan Batu Pertama Gerakan Pengembangan Jaringan Irigasi secara Nasional di seluruh Provinsi dengan lokasi di sentra produksi dengan pelaksana adalah aparat kelompok penerima manfaat dari kegiatan tersebut diatas. 

Provinsi Yogyakarta, pada kegiatan peletakan batu pertama Gerakan Perbaikan Jaringan Irigasi dilakukan di empat kabupaten, yaitu di Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Sleman yang dilaksanakan serentak pada tanggal 20 Januari 2015.

Lokasi peletakan batu pertama Gerakan Perbaikan Jaringan Irigasi dimasing-masing kabupaten sebagai berikut : (1) Kabupaten Bantul di Kelompok Tani Tras Klodas, Dusun Selo Gedong, Desa Argodadi, Kec. Sedayu; (2) Kabupaten Gunung Kidul, Kelompok P3A Sari Tirto Rahayu Simo II, Desa Genjahan, Kec. Ponjong; (3) Kabupaten Kulon Progo, Kelompok P3A Sedyo Makmur, Desa Janten, Kec. Temon; (4) Kabupaten Sleman dilaksanakan di Kelompok Tani Ngaglik, Dusun Ngaglik, Desa Sumbersari, Kec. Moyudan.

Kegiatan Peletakan Batu Pertama Perbaikan Jaringan Irigasi, dihadiri oleh Bupati, Kepala Dinas Pertanian, Dandim, serta undangan-undangan lainnya.

Melalui pencanangan ini diharapkan Kabupaten Sentra Produksi Penerima manfaat akan lebih serius mengajukan Calon Petani dan Calon Lokasi bakal penerima manfaat. Sehingga petani dan lokasi yang diusulkan memenuhi persyaratan sesuai verifikasi dan validasi data penerima manfaat sesuai Pedum Teknis Optimalisasi lahan dan Pedoman teknis Perbaikan jaringan Irigasi.