Pemantauan Bersama Gelar Pangan Murah Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Badan Ketahanan Pangan Kementan

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 19 Apr, 2018

Views: 1096

Dalam rangka stabilisasi harga pangan dalam rangka menyabut bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri,  Kementerian Pertanian menyelenggarakan Gelar Pangan Murah bersama Pemerintah Daerah DKI Jakarta untuk menyediakan pangan yang terjangkau bagi masyarakat. Pada hari Selasa tanggal 17 April 2018, Wakil Gubernur DKI Jakarta melaksanakan pemantauan bersama Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian di Pasar koja Jakarta Utara, mendapat antusias luar biasa dari masyarakat.

Gelar Pangan Murah juga telah dilaksanakan di Pasar Grogol, Pasar Jembatan Lima, Pasar Jatinegara, Pasar Pademangan Timur, Pasar Minggu, Pasar Pondok Labu, Pasar kebayoran Lama.

Rencana kegiatan Gelar Pangan Murah akan dilanjutkan di berbagai lokasi yaitu :

Jakarta Barat di 7 lokasi yaitu : Pasar Cengkareng, Pasar Glodok, Pasar Grogol, Pasar Jembatan Lima, Pasar Kalideres, Pasar Pos Pengumben, dan Pasar Tomang Barat.

Jakarta Utara di 6 lokasi yaitu : Pasar Kalibaru, Pasar Kelapa Gading, Pasar Pluit, Pasar Pademangan Timur, Pasar Rawa Badak, dan Pasar Sunter Podomoro.

Jakarta Pusat di 10 lokasi yaitu : Pasar Baru Metro Atom, Pasar Cempaka Putih, Pasar Gondangdia, Pasar Jembatan Merah, Pasar Johar Baru, Pasar Palmerah, Pasar Paseban, Pasar Petojo Ilir, dan Pasar Senen Blok A-G.

Jakarta Timur di 10 lokasi yaitu : Pasar Cibubur, Pasar Cijantung, Pasar Ciplak, Pasar Induk Kramatjati, Pasar Jatinegara, Pasar Kramat Jati, Pasar Perumnas Klender, Pasar Pramuka, Pasar Pulogadung, dan Pasar Ujung Menteng.

Jakarta Selatan di 10 lokasi yaitu Pasar Cipete, Pasar Kebayoran Lama, Pasar Lenteng Agung, Pasar Mampang Prapatan, Pasar Mayestik, Pasar Minggu, Pasar Pondok Labu, Pasar Rumput, Pasar Tebet Barat, dan Pasar Pesanggrahan.

Berita Terkait

  • BKP Kementan Lakukan OP Cabai Percepat Stabilitasi Harga

    Stabilisasi harga pangan selama Ramadhan dan Idul Fitri 2019, telah mendapat apresiasi positif dari berbagai pihak, karena Pemerintah mampu menjaga stabilitas harga  di seluruh wilayah. Tentu masih ada komoditas pangan khususnya cabai yang harganya fluktuatif, meskipun fluktuasi harga tersebut masih dianggap wajar.

    Berdasarkan laporan panel harga Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, cabai merah keriting di Jakarta yang semula rata-rata Rp 34.399/kg (awal Bulan Ramadhan) mulai mengalami kenaikan signifikan beberapa hari mendekati hari H Idul Fitri, rata-rata Rp 46.818/kg.  Bahkan sampai H+4 I...

  • BKP Kementan Pantau Pasokan Dan Harga Pangan Di Sumbar

    Memasuki H-1 Idul Fitri 2019, BKP Kementan terus melakukan pemantauan stok dan harga pangan. Kali ini yang dipantau adalah Pasar Raya kota Padang yang masih ramai dikunjungi pembeli. Hal yang sama terlihat di Pasar Ibuh Payakumbuh dan Pasar Bawah Bukittinggi, Sumateta Barat (Sumbar).

    "Pasokan komoditas pangan di tiga pasar terpantau cukup aman, dan harga juga stabil. Kecuali cabai merah keriting  yang mengalami kenaikan signifikan," ujar  Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP Kementan, Risfaheri yang melaporkan dari Padang, Selasa (4/6).

    Menurut Risfaheri, cabai merah keriting yang b...

  • Kementan Kendalikan Harga Daging Sapi Jelang Lebaran 2019

    Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Pemda DKI dan PD. Pasar Jaya serta beberapa Asosiasi seperti Pengusaha Pemotongan Hewan Indonesia (APPHI), Asosiasi Pengusaha Pengolah dan Pengguna Daging Skala Kecil dan Rumah Tangga (ASPERDATA) dan Asosiasi Pengusaha Importir Daging Indonesia (ASPIDI) melaksanakan Operasi Pasar (OP) daging sapi.

    Hal ini untuk merespon kecendrungan naiknya  bahan pangan pokok  seperti telur ayam, daging ayam dan daging sapi jelang lebaran ini.

    “Upaya Kementan melakukan OP,  agar masyarakat dapat memperoleh daging sapi secara murah dan mudah utamanya di wilayah Jabodeta...