Pasca diterbitkannya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan, Dewan Ketahanan Pangan melalui Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian melakukan sosialisasi di beberapa daerah, salah satunya Provinsi Aceh. Sosialisasi UU Pangan tersebut disele

Dalam rangaka meningkatkan kemampuan petugas monitoring dan pelaporan di daerah, telah diselenggarakan Workshop Aplikasi SIMONEV 2014 untuk wilayah Indonesia Bagian Barat pada tanggal 25 – 27 Maret 2014 di Cisarua-Bogor.

Dalam arahannya Kepala BKP menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat khususnya Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat atas kerja sama yang baik sehingga workshop ini dapat terselenggara. Penghargaan juga kami sampaikan kepada para peserta yang telah hadir pada workshop ini.

Selanjutnya dikatakan bahwa berdasarkan UU No 25 Tahun 2004 dan PP No 39 Tahun 2006 mengamanatkan bahwa pimpinan kementerian/lembaga/kepala SKPD harus melakukan evaluasi kinerja pelaksanaan rencana pembangunan.  Berbagai upaya dilakukan oleh instansi untuk menyusun dan mengevaluasi dengan alat/tools agar lebih mudah dipantau oleh petugas monev dan pimpinan pusat dan SKPD, salah satunya Sistem Monitoring Evaluasi (SIMONEV). Sebagaimana diketahui bersama, bahwa tahun ini merupakan tahun kedua dari implementasi aplikasi SIMONEV. Kelemahan-kelemahan aplikasi pada tahun 2013 telah disempurnakan. Desain SIMONEV versi terbaru ini dirancang sedemikian rupa sehingga mampu mengakomodir kebutuhan kita dalam menjalankan fungsi  monitoring dan evaluasi lingkup Badan Ketahanan Pangan.

Kepala Badan juga menyampaikan bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi ketahanan pangan dalam rangka untuk memenuhi pelaporan kegiatan secara tiga bulanan yang dipantau UKP4, pelaporan Simonev PP 39/2006 sesuai permintaan Bappenas, data pelaporan keuangan (SAI) sesuai permintaan Kemenkeu, laporan realisasi keuangan sesuai PMK 249 permintaan Kemenkeu maupun data laporan AKIP sesuai permintaan KemenPAN dan RB. Permintaan data dengan beragam format tersebut akan dapat dilayani dengan baik, apabila mampu membangun sistem data yang terintegrasi dan on-line.  Oleh karena itu, mekanisme elaporan monev saat ini dibuat lebih mudah dalam implementasinya dengan dikembangkannya aplikasi monev berbasis website (e-Monev) merupakan upaya untuk mengefektifkan dan mengefisienkan pelaporan menuju pada peningkatan kualitas dan mekanisme pelaporan monev kinerja pembangunan. Selain itu,  aplikasi MONEV 2014 ini dirancang agar mampu melayani berbagai jenis data dan berbagai format output.