Pameran HPS ke-33 di Padang, Sumatera Barat

Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-33 tahun 2013 diselenggarakan di Kota Padang, Sumatera Barat. Badan Ketahanan Pangan (BKP) hadir bersama unit kerja tingkat Eselon I lainnya terintegrasi dalam stand paviliun Kementerian Pertanian dengan menampilkan aneka macam kegiatan dan program kerja, salah satunya Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) Berbasis Sumber Daya Lokal.

Ditampilkan dalam stand BKP tersebut bentuk optimalisasi pemanfaatakn pekarangan melalui konsep Rumah Pangan Lestari (RPL) sebagai upaya pemenuhan pangan dan gizi keluarga. Disamping itu ditampilkan pula produk Model Pengembangan Pangan Pokok Lokal (MP3L) dari berbagai daerah sebagai alternatif pangan untuk kesejahteraan (Pangkes) sesuai budaya dan kearifan lokal.

Pengunjung yang hadir dalam pameran tersebut antara lain terdiri dari aparatur pemerintah, para pengusaha, mahasiswa, anak sekolah, dan masyarakat sekitar Kota Padang. Disampaikan oleh mereka bahwa aneka ragam tepung lokal tersebut perlu dikembangkan lebih baik lagi sehingga dapat mengurangi impor dan ketergantungan pangan terhadap negara lain. Begitu pula dengan beberapa stand Pemerintah Daerah lainnya yang sudah menampilkan pangan lokal khas daerahnya masing-masing, hal ini menunjukan bahwa telah berhasilnya upaya internalisasi diversifikasi pangan di beberapa daerah, khususnya dalam mengembangkan bisnis dan industri pangan lokal.

Selanjutnya upaya P2KP tersebut akan semakin ditingkatkan sehingga dapat terwujudnya ketahanan pangan nasional yang mandiri dan berdaulat dengan mengoptimalkan sumber daya lokal.