Momentum Tunjukkan Capaian Pembangunan Sektor Pertanian

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 20 Oct, 2017

Views: 171

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi, menyatakan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 menjadi momentum untuk tunjukkan pada masyarakat dan dunia internasional atas capaian pembangunan sektor pertanian. "Khususnya dalam tiga tahun terakhir yang menjadi cita-cita bersama, Indonesia menjadi lumbung pangan dunia," ujarnya sela HPS ke-37 di Aula Makodam XII/Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (19/10/2017). Melalui peringatan HPS tersebut, lanjut Agung, juga menjadi momentum untuk menguatkan peran generasi muda di sektor pertanian. "Oleh karena itu, kami hadirkan pula para pemuda," lanjutnya. Alasannya, pada 2035 mendatang Indonesia bakal mengalami bonus demografi. "Ini perlu lapangan kerja yang prospektif dan modern di sektor pangan untuk wujudkan lumbung pangan dunia tahun 2045," jelas Agung. Pemuda menjadi fokus, lantaran sesuai tema HPS yang diangkat, "Menggerakkan Generasi Muda untuk Membangun Pertanian di Wilayah Perbatasan". Tajuk diambil berdasarkan tema yang tetapkan Badan Pangan Dunia (FAO), "Change the Future of Migration, Invest in Food Security and Rural Development". Beragam kegiatan tersaji pada peringatan HPS ke-37 yang digelar sejak 19-22 Oktober. Diantaranya, pameran, seminar, diplomatic tour, lomba cipta menu, serta panen padi sekaligus ekspor beras ke negara tetangga dari Desa Tunggal Bhakti, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau. sumber : Biro Humas dan Informasi Publik, Kementan

Berita Terkait

  • Khawatir Harga Gabah Anjlok, Petani Minta Bulog Lakukan Pembelian Sekarang

    Beberapa daerah sentra produksi beras saat ini sedang panen raya dan mestinya petani bergembira menikmati hasil usahataninya. Namun beberapa petani  mengeluh karena harga jatuh dan Bulog belum bergerak melakukan pembelian.

    Sejumlah petani di daerah sentra produksi yang dihubungi mengeluhkan dan mengharapkan Bulog segera turun tangan melalukan pembelian gabah mereka.

    Lalu Saleh,  petani dari Lombok Barat - Nusa Tenggara Barat mengeluhkan,  sudah seminggu ini harga gabah menyentuh angka Rp. 4.000/kg gabah kering panen (gkp).

    "Sudah seminggu ini harga gabah mencapai 4.000 dan cenderung turun teru...

  • BKP Kementan Tugaskan CPNS Kawal Program PKU dan PIPL

    Setiap tahun Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian mengidentifikasi lokasi-lokasi yang masih terdapat kerentanan pangan di Indonesia dengan basis Kabupaten.

    Setelah berhasil meningkatkan status ketahanan pangan wilayah di 177 kabupaten melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Kawasan Mandiri Pangan, mulai tahun 2019 BKP melakukan intervensi melalui Pengembangan  Koorporasi Usahatani (PKU) dan Pengembangan Industri Pangan Lokal (PIPL).

    Tujuan kegiatan PKU adalah meningkatkan nilai tambah produk komoditas kelompoktani dan kesejahteraan petani.

    Sedangkan PIPL bertujuan untuk meningka...

  • Program Kampung Hijau Sejahtera Sebagai Pengembangan KRPL Kementan Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

    Pandeglang (BKP) - Jawa Barat.  Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja tahun ini meluncurkan sebuah kegiatan bertajuk Kampung Hijau Sejahtera (Kampung Hijrah) pertama kalinya di Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, prorinsi Banten Senin (11/3).

    Kegiatan Kampung Hijrah  bertujuan untuk memanfaatkan dan  menghijaukan pekarangan guna meningkatkan ekonomi produktif keluarga serta pelestarian tanaman lokal.

    Kegiatan ini digagas dan dipelopori oleh OASE KK bidang Lingkungan Hijau (bidang V) yang diketuai oleh Rugaiya Usman Wiranto (Kementerian Koordinator Bidang P...