Momentum Tunjukkan Capaian Pembangunan Sektor Pertanian

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 20 Oct, 2017

Views: 221

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi, menyatakan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 menjadi momentum untuk tunjukkan pada masyarakat dan dunia internasional atas capaian pembangunan sektor pertanian. "Khususnya dalam tiga tahun terakhir yang menjadi cita-cita bersama, Indonesia menjadi lumbung pangan dunia," ujarnya sela HPS ke-37 di Aula Makodam XII/Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (19/10/2017). Melalui peringatan HPS tersebut, lanjut Agung, juga menjadi momentum untuk menguatkan peran generasi muda di sektor pertanian. "Oleh karena itu, kami hadirkan pula para pemuda," lanjutnya. Alasannya, pada 2035 mendatang Indonesia bakal mengalami bonus demografi. "Ini perlu lapangan kerja yang prospektif dan modern di sektor pangan untuk wujudkan lumbung pangan dunia tahun 2045," jelas Agung. Pemuda menjadi fokus, lantaran sesuai tema HPS yang diangkat, "Menggerakkan Generasi Muda untuk Membangun Pertanian di Wilayah Perbatasan". Tajuk diambil berdasarkan tema yang tetapkan Badan Pangan Dunia (FAO), "Change the Future of Migration, Invest in Food Security and Rural Development". Beragam kegiatan tersaji pada peringatan HPS ke-37 yang digelar sejak 19-22 Oktober. Diantaranya, pameran, seminar, diplomatic tour, lomba cipta menu, serta panen padi sekaligus ekspor beras ke negara tetangga dari Desa Tunggal Bhakti, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau. sumber : Biro Humas dan Informasi Publik, Kementan

Berita Terkait

  • Dorong Peningkatan Ekspor, Kementan Berperan Aktif dalam Codex Internasional

    Jakarta, Rabu (26/6). Peran Indonesia dalam perdagangan komoditas pangan internasional terus ditingkatkan. Hal ini diwujudkan dengan keterlibatan aktif Kementerian Pertanian beserta Kementerian/Lembaga lainnya dalam penyusunan dan pengembangan standar, pedoman, code of practice dan rekomendasi lain terkait keamanan dan mutu pangan hasil pertanian yang berlaku secara internasional dalam wadah Codex Alimentarius Commission (CAC), atau disingkat Codex.


    Dalam Rapat Komite Nasional Codex Indonesia ke-2 tahun 2019 yang digelar di Jakarta, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertani...

  • BKP Kementan Kembangkan Korporasi Usahatani Untuk Entaskan Kemiskinan dan Kerawanan Pangan

    Kegiatan Korporasi Usahatani (PKU) yang  dikembangkan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan kegiatan strategis untuk mengentaskan kemiskinan dan kerawanan pangan.


    "Masuknya kegiatan PKU di Desa Pagerharjo ini diharapkan akan mempercepat pengentasan kemiskinan dan kerawanan pangan di pedesaan," ujar Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan  BKP, Andriko Noto Susanto di Lokasi PKU di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta (23/06).


    Berdasarkan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (Food Security and Vulnerability ...

  • Kepala BKP Kementan : KRPL Harus Berkelanjutan!

    BALI - Untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga sejak tahun 2015 Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di seluruh Indonesia.


    "KRPL ini sangat strategis tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga," ujar Kepala BKP Agung Hendriadi, saat mengunjungi KRPL di Taro kecamatan Tegallalang, Gianyar Bali, Sabtu (22/6/2019).


    Lebih lanjut Agung mengatakan bahwa keberlanjutan KRPL sangat penting, karena itu Kebun Bibit Desa (KBD) harus terus dikem...