Kunjungan Kerja Ke LDPM di Lombok Tengah

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 30 Mar, 2015

Views: 154

Dalam rangka Kunjungan Kerja BKP Pusat ke NTB, pada tanggal 25 Maret 2015 menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2014 Gapoktan  Bangkit Kembali, di Desa Pendem, Kec. Janapria, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB. Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan kegiatan rutin setiap tahunan yang dilakukan oleh Gapoktan Bangkit Kembali untuk mengevaluasi kinerja dan menyusun rencana kegiatan kedepan.

Dalam pertemuan disampaikan sambutan oleh Sekretaris Badan Ketahanan Pangan (Kementerian Pertanian) dan laporan pelaksanaan LDPM oleh ketua Gapoktan Bangkit Kembali. Selain itu dilakukan diskusi dan tanya jawab dengan pengurus maupun anggota Gapoktan.

Sebagai informasi, Gapoktan Bangkit Kembali terbentuk pada tahun 2011 dengan jumlah anggota sebanyak 197 orang berasal dari 5 (lima) kelompok tani, yaitu Tani Pendem, Beson, Karang Majelok, Motong Bila, dan Maliklo. Sejak berdiri sampai sekarang, Gapoktan Bangkit Kembali telah memperoleh keuntungan sebesar 10 juta  Usaha yang dilakukan antara lain : distribusi dan unit pengolahan. Stok yang dimiliki sebanyak 3 ton beras. Pemasalahan yang dihadapi oleh Gapoktan Bangkit Kembali untuk meningkatkan usahanya anatara lain belum memiliki RMU dan lantai jemur serta mesin pompa air untuk mengairi sawah, karena penanaman padi masih tergantung pada hujan. Selain itu, masalah lainnya adalah belum disampaikan laporan secara tepat waktu dan pembukuan administras keuangan yang belum efektip.

Menjawab permasalahan tersebut khususnya terkait dengan RMU dan Pompa Air, Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan akan menyampaikan kebutuhan RMU kepada Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP) dan untuk penyediaan pompo air, Ditjen PSP siap membantu untuk pengairan sawah.  Sedangkan untuk pembangunan lantai jemur dan pembukuan administrasi keuangan yang belum efektip, agar dapat dialokasikan anggaran melalui APBN ataupun APBD Provinsi dan menyiapkan pelatihan bagi pengurus dan anggota Gapoktan LDPM. 

Berita Terkait

  • Khawatir Harga Gabah Anjlok, Petani Minta Bulog Lakukan Pembelian Sekarang

    Beberapa daerah sentra produksi beras saat ini sedang panen raya dan mestinya petani bergembira menikmati hasil usahataninya. Namun beberapa petani  mengeluh karena harga jatuh dan Bulog belum bergerak melakukan pembelian.

    Sejumlah petani di daerah sentra produksi yang dihubungi mengeluhkan dan mengharapkan Bulog segera turun tangan melalukan pembelian gabah mereka.

    Lalu Saleh,  petani dari Lombok Barat - Nusa Tenggara Barat mengeluhkan,  sudah seminggu ini harga gabah menyentuh angka Rp. 4.000/kg gabah kering panen (gkp).

    "Sudah seminggu ini harga gabah mencapai 4.000 dan cenderung turun teru...

  • BKP Kementan Tugaskan CPNS Kawal Program PKU dan PIPL

    Setiap tahun Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian mengidentifikasi lokasi-lokasi yang masih terdapat kerentanan pangan di Indonesia dengan basis Kabupaten.

    Setelah berhasil meningkatkan status ketahanan pangan wilayah di 177 kabupaten melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Kawasan Mandiri Pangan, mulai tahun 2019 BKP melakukan intervensi melalui Pengembangan  Koorporasi Usahatani (PKU) dan Pengembangan Industri Pangan Lokal (PIPL).

    Tujuan kegiatan PKU adalah meningkatkan nilai tambah produk komoditas kelompoktani dan kesejahteraan petani.

    Sedangkan PIPL bertujuan untuk meningka...

  • Program Kampung Hijau Sejahtera Sebagai Pengembangan KRPL Kementan Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

    Pandeglang (BKP) - Jawa Barat.  Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja tahun ini meluncurkan sebuah kegiatan bertajuk Kampung Hijau Sejahtera (Kampung Hijrah) pertama kalinya di Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, prorinsi Banten Senin (11/3).

    Kegiatan Kampung Hijrah  bertujuan untuk memanfaatkan dan  menghijaukan pekarangan guna meningkatkan ekonomi produktif keluarga serta pelestarian tanaman lokal.

    Kegiatan ini digagas dan dipelopori oleh OASE KK bidang Lingkungan Hijau (bidang V) yang diketuai oleh Rugaiya Usman Wiranto (Kementerian Koordinator Bidang P...