Kunjungan DPRD Prov. DI Yogyakarta ke Badan Ketahanan Pangan

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 06 Feb, 2014

Views: 130
  1. Diawal bulan Februari Tahun 2014, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian menerima kunjungan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dari Pansus BA 2. Kunjungan ini dimaksudkan untuk mendapat masukan dan menambah referensi tentang Penjaminan Mutu dan Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan yang saat ini sedang dalam pembahasan Rancangan Peraturan Daerah di Provinsi DIY, dan rencananya akan disahkan pada 16 Februari 2014 ini.
  2. Kunjungan yang dilakukan pada hari Kamis, 6 Februari 2014 ini di terima secara langsung oleh Sekretaris Badan Ketahanan Kementerian Pertanian, Mei Rochjat Darmawiredja di Ruang Rapat Nusantara II Badan Ketahanan Pangan. Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD, Tutiek Masria Widyo berjumlah sekitar 25 orang, terdiri dari anggota Pansus Raperda, Tim Eksekutif serta dari Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan  Prov. DIY.
  3. Dalam diskusi ini banyak masukan tentang Penjaminan Mutu dan Keamanan Pangan Asal Tumbuhan yang di terima oleh anggota pansus Raperda. “Dalam pembuatan Raperda ini masih ada kebimbangan, karena kekurangsiapan dari petani lokal di dalam menghadapi regulasi ini apabila diterapkan secara penuh, sedangkan di satu sisi kepentingan konsumen pun harus diperhatikan”, demikian dikatakan oleh Haris yang merupakan salah satu anggota Pansus BA 2.
  4. “Raperda Penjaminan Mutu dan Keamanan Pangan Asal Tumbuhan ini adalah atas inisiatif dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, yang dilatarbelakangi dengan maraknya buah dan sayuran impor ilegal yang masuk,” kata Ketua Pansus BA 2, Haris Sutanto.

Berita Terkait

  • Kementan Gandeng Pemprov Sumut Gelar OP Bawang Putih

    Medan - Untuk meredam melonjaknya harga bawang putih di Sumatera Utara (Sumut) yang sempat menyentuh harga Rp.90.000/kg, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan Operasi Pasar.

    Sebanyak 5 container  masing-masing 29 ton bawang putih impor yang tiba  di Belawan Rabu, (13/4) langsung disebar di berbagai pasar di kota Medan.

    "Operasi pasar ini kami lakukan untuk menstabilkan harga bawang putih di tingkat konsumen yang mengalami tren kenaikan beberapa waktu terakhir," ujar  Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementan Riwantoro saat mel...

  • Kementan Pastikan Pasokan Pangan Pokok Aman Selama Ramadhan dan Iedul Fitri

    Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pasokan pangan pokok selama Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) terutama bulan Ramadhan dan Iedul Fitri 1440 H mencukupi. Kepastian tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementan yang mewakili Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9).

    "Kita sudah cek, kondisi ketersediaan pangan pokok kita aman, baik untuk bulan puasa dan hari raya Iedul Fitri," terang Agung, dalam acara bertajuk 'Pengendalian Harga Pangan' tersebut di Gedung Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)...

  • Harga Cabai Jatuh, Kementan Gerak Cepat Bantu Petani Tuban

    Memasuki panen raya, harga berbagai jenis cabai di Kabupaten Tuban Jawa Timur, khususnya di Kecamatan Grabagan jatuh. Laporan petugas pencatat harga,  Sabtu (11/5), harga cabai rawit merah (CRM) sekitar 4.500/kg dan cabai merah keriting (CMK) Rp 5.500/kg, dari harga seminggu sebelumnya yang berkisar Rp 10.000/kg.

    Merespon kondisi tersebut, Kementerian Pertanian bergerak cepat turun lapangan membeli cabai  petani dengan harga yang lebih mahal, yakni Rp. 8.000/kg untuk mencegah kerugian petani sekaligus  memberi semangat agar petani tetap menanam pada musim berikutnya.

    "Kami bersama-sama turun k...