Kunjungan DPRD Kab. Batanghari di Badan Ketahanan Pangan Kementan

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 12 Feb, 2014

Views: 173

(Jakarta, 12 Februari 2014) - Kepala Sub Bagian Humas dan TU Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Eddy Suntoro, pada hari Rabu, 12 Februari 2014 mewakili Sekretaris Badan menerima kunjungan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi.

Kunjungan kerja dalam rangka konsultasi anggota DPRD Kab. Batanghari yang berjumlah 9 orang ini bertujuan untuk lebih memahami tentang ketahanan pangan, khususnya program yang ada di Badan Ketahanan Pangan dan alokasi anggaran untuk Kabupaten Batanghari. Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Batanghari, Ilhamudin, sebagai ketua rombongan mengatakan, “Untuk organisasi ketahanan pangan di Batanghari, saat ini disatukan dengan penyuluhan menjadi Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP)”.

Selain keberadaan penyuluh yang semakin berkurang, llhamudiin juga menyatakan, “Di Batanghari banyak potensi lahan tidur yang sebenarnya masih bisa di manfaatkan untuk pertanian, namun hingga kini masih belum dimanfaatkan”.

Undang-undang Pangan

Untuk memberikan pemahaman secara komprehensif tentang ketahanan pangan, pada kesempatan tersebut telah dijelaskan tentang Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan, serta beberapa program yang ada di Badan Ketahanan Pangan. “Program-program pemberdayaan yang ada di Badan Ketahanan Pangan antara lain seperti Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), Desa Mandiri Pangan (Demapan), Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) dan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM)”, demikian dijelaskan Eddy Suntoro.

Menanggapi semakin sulitnya membangun ketahanan pangan karena kelembagaan yang ada melaksanakan kegiatannya masing-masing, telah dijelaskan bahwa ketahanan pangan tidak bisa dilaksanakan hanya oleh satu instansi, tetapi harus lintas sektor melalui koordinasi yang baik. Untuk itu dibutuhkan organisasi yang lebih kuat yang dapat mengkoordinasi lembaga-lembaga pemerintah yang ada ini. (Humas BKP)

Berita Terkait

  • Kementan Gandeng Pemprov Sumut Gelar OP Bawang Putih

    Medan - Untuk meredam melonjaknya harga bawang putih di Sumatera Utara (Sumut) yang sempat menyentuh harga Rp.90.000/kg, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan Operasi Pasar.

    Sebanyak 5 container  masing-masing 29 ton bawang putih impor yang tiba  di Belawan Rabu, (13/4) langsung disebar di berbagai pasar di kota Medan.

    "Operasi pasar ini kami lakukan untuk menstabilkan harga bawang putih di tingkat konsumen yang mengalami tren kenaikan beberapa waktu terakhir," ujar  Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementan Riwantoro saat mel...

  • Kementan Pastikan Pasokan Pangan Pokok Aman Selama Ramadhan dan Iedul Fitri

    Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pasokan pangan pokok selama Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) terutama bulan Ramadhan dan Iedul Fitri 1440 H mencukupi. Kepastian tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementan yang mewakili Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9).

    "Kita sudah cek, kondisi ketersediaan pangan pokok kita aman, baik untuk bulan puasa dan hari raya Iedul Fitri," terang Agung, dalam acara bertajuk 'Pengendalian Harga Pangan' tersebut di Gedung Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)...

  • Harga Cabai Jatuh, Kementan Gerak Cepat Bantu Petani Tuban

    Memasuki panen raya, harga berbagai jenis cabai di Kabupaten Tuban Jawa Timur, khususnya di Kecamatan Grabagan jatuh. Laporan petugas pencatat harga,  Sabtu (11/5), harga cabai rawit merah (CRM) sekitar 4.500/kg dan cabai merah keriting (CMK) Rp 5.500/kg, dari harga seminggu sebelumnya yang berkisar Rp 10.000/kg.

    Merespon kondisi tersebut, Kementerian Pertanian bergerak cepat turun lapangan membeli cabai  petani dengan harga yang lebih mahal, yakni Rp. 8.000/kg untuk mencegah kerugian petani sekaligus  memberi semangat agar petani tetap menanam pada musim berikutnya.

    "Kami bersama-sama turun k...