Kini, Jakarta Memiliki 2 Toko Tani Indonesia Center (TTIC)

Jakarta -  Setelah sukses dengan Toko Tani Indonesia Center (TTTIC) di Ragunan Jakarta Selatan, dan juga membidani TTIC di Bogor, kini Badan Ketahanan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian membuka TTIC di Klender Jakarta Timur.  TTIC ini merupakan milik Provinsi DKI Jakarta.

"Dengan diresmikannya TTIC di Klender ini, berarti Jakarta kini memiliki 2 TTIC," ujar Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP Risfaheri saat dihubungi.

Menurut Risfaheri, kehadiran TTIC sangat penting untuk membantu petani dan masyarakat. "Jadi, petani menjual dengan harga wajar yang menguntungkan, masyarakat membeli dengan harga murah dan berkualitas," tambahnya.

Badan Ketahanan Pangan bersama Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta meresmikan pembukaan TTIC di Klender Jakarta Timur, Jum'at (11/10/19). Lokasi tepatnya ada di gedung Pusat Promosi Pertanian.

Seusai diresmikan, TTIC langsung dipenuhi pengunjung untuk berbelanja aneka kebutuhan pangan.

Komoditas pangan tersedia dan cukup lengkap seperti  beras yang dipasok oleh Gapoktan PUPM Kab. Karawang, bawang merah dari Brebes, Daging sapi dan ayam dari PT. Suri Nusantara Jaya, minyak goreng dan gula pasir dari PT. Food Station, serta buah-buahan dari Kab. Karawang.

"Jadi kami bekerjasama dengan Gabungan Kelompoktani untuk memasok hasil panennya dijual ke TTIC," ujar Inti Pertiwi, manager TTIC BKP yang hadir dilokasi.

"Dengan adanya TTIC DKI ini, pasokan ke TTI di Jakarta tidak harus dipasok oleh TTIC Pasar Minggu, karena TTIC ini juga berfungsi sebagai distribution center ke TTI," ungkap Darjamuni, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta.

"Tujuan didirikannya TTIC adalah untuk menjaga stabilitas harga pangan, pengendali inflasi dan menciptakan pusat-pusat distribusi pangan" jelas Inti dalam sambutannya.

Usai peresmian TTIC, dilanjutkan dengan pelepasan 4 mobil yang mengangkut bahan pangan untuk didistribusikan ke TTI-TTI disekitar Jakarta Timur.

"Saya sangat senang dengan diresmikannya TTIC DKI Jakarta ini, karena sekarang  pasokan TTI saya sekarang lebih dekat sehingga ketersediaan bahan pangan akan terjaga setiap saat" jelas Saiful pemilik TTI HS yang hadir pada saat peresmian TTIC.

Semakin banyak didirikannya TTIC akan memerlancar pendistribusian bahan pangan di masyarakat.