Kepala BKP Kementan Sidak ke Pasar Mandiri Sako Perumnas Palembang

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 23 May, 2018

Views: 213


Dalam kunjugan kerjanya ke Sumatera Selatan, Rabu (23/5) sebelum memimpin Rapat Koordinasi Serab Gabah Petani (Sergab), Agung melakukan sidak (inspeksi mendadak) mengecek ketersediaan pangan dan harga di pasar Sako Mandiri di jl. Siaran, Palembang.


Sidak dilakukan mulai jam 07.30, Agung didampingi Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Palembang, Muslim.


"Saya akan mengecek ketersediaan dan harga bahan pangan, karena sangat penting untuk menjaga stabilisasi harga pangan dan pasokan, agar kebutuhan pangan masyarakat tercukupi," ujar Agung.


Begitu tiba di pasar yang buka dari pukul 03.00 sampai jam 11.00,  Agung langsung menuju kios penjual daging.


"Berapa harga daging sekilo?," tanya Agung.


"Harga daging sapi sudah mulai turun dibanding awal ramadhan. Minggu lalu masih sekitar Rp. 150.000,-/kg. Sekarang berkisar Rp.130.000,- - Rp. 140.000,- kata Firdaus menjelaskan.


Menurut Firdaus, hanya pada awal ramadhan permintaan naik, sehingga harga juga ikut naik. "Kalau sekarang berangsur-angsur terus turun," tambah Firdaus.


Selanjutnya Agung beranjak ke kios pedagang daging ayam. "Berapa harga daging ayam perkilo," kata Agung.


"Harga  daging ayam sudah turun pak. Beberapa hari lalu masih Rp.40.000,-/kg, sekarang menjadi Rp.36.000,- dan ada kemungkinan bisa turun lagi, karena stoknya banyak, tapi pembelinya kurang," kata  Evi.


"Kami berjualan tidak mahal-mahal. Takut sepi pembeli. Sedikit untung nga apa-apa yang penting laku," tambah Evi yang mengaku mampu menjual 200 kg daging ayam setiap harinya.


Sasaran sidak berikutnya adalah "Toko Amir" yang menjual telur. "Berapa harga telur perkilo," tanya Agung.


"Harga telur sudah turun pak dibanding dua hari yang lalu. Kalau semula Rp. 22.000,-/kg, sekarang hanya Rp.21.500,-" kata Agus.


Dipasar tradisionil ini harga bawang merah dijual Rp. 32.000,-/kg, bawang putih Rp. 20.000,-/kg, cabe merah keriting Rp. 20.000,- dan beras medium dibawah Rp.9.000,-


Usai sidak di Pasar Mandiri Sako, Agung juga mengecek ketersediaan dan harga pangan di pasar ritel modern.


Dipasar ritel modern ini Agung mendapat penjelasan dari petugas pengadaan barang.


"Daging ayam ras kami jual Rp. 34.000,'/kg. Kalau telur Rp. 21.500,- dan daging sapi Rp. 109.000,- Sedangkan daging kerbau beku dan daging sapi beku Rp. 80.000,-/kg,-" ujar Sigit.


Ketika melihat harga bawang merah dijual Rp. 51.900,-  dan cabe merah keriting Rp. 49.900,- serta cabe rawit merah mendekati seratus ribu, Agung langsung bereaksi.


"Ini kenapa harganya mahal sekali. Di pasar tradisional harganya jauh lebih murah. Tolong segera harganya diturunkan, kasihan masyarakat kalau begini," tegas Agung.

Berita Terkait

  • Kementan Gandeng Pemprov Sumut Gelar OP Bawang Putih

    Medan - Untuk meredam melonjaknya harga bawang putih di Sumatera Utara (Sumut) yang sempat menyentuh harga Rp.90.000/kg, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan Operasi Pasar.

    Sebanyak 5 container  masing-masing 29 ton bawang putih impor yang tiba  di Belawan Rabu, (13/4) langsung disebar di berbagai pasar di kota Medan.

    "Operasi pasar ini kami lakukan untuk menstabilkan harga bawang putih di tingkat konsumen yang mengalami tren kenaikan beberapa waktu terakhir," ujar  Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementan Riwantoro saat mel...

  • Kementan Pastikan Pasokan Pangan Pokok Aman Selama Ramadhan dan Iedul Fitri

    Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pasokan pangan pokok selama Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) terutama bulan Ramadhan dan Iedul Fitri 1440 H mencukupi. Kepastian tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementan yang mewakili Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9).

    "Kita sudah cek, kondisi ketersediaan pangan pokok kita aman, baik untuk bulan puasa dan hari raya Iedul Fitri," terang Agung, dalam acara bertajuk 'Pengendalian Harga Pangan' tersebut di Gedung Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)...

  • Harga Cabai Jatuh, Kementan Gerak Cepat Bantu Petani Tuban

    Memasuki panen raya, harga berbagai jenis cabai di Kabupaten Tuban Jawa Timur, khususnya di Kecamatan Grabagan jatuh. Laporan petugas pencatat harga,  Sabtu (11/5), harga cabai rawit merah (CRM) sekitar 4.500/kg dan cabai merah keriting (CMK) Rp 5.500/kg, dari harga seminggu sebelumnya yang berkisar Rp 10.000/kg.

    Merespon kondisi tersebut, Kementerian Pertanian bergerak cepat turun lapangan membeli cabai  petani dengan harga yang lebih mahal, yakni Rp. 8.000/kg untuk mencegah kerugian petani sekaligus  memberi semangat agar petani tetap menanam pada musim berikutnya.

    "Kami bersama-sama turun k...