Kepala BKP Kementan : Indonesia Berjuang Meningkatkan Keterwakilan SDM di FAO

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 07 Jun, 2018

Views: 154


Dalam Sidang Dewan FAO hari ketiga Rabu (6/6) di Roma Italia, Delegasi Indonesia  yang dipimpin Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi,  menyuarakan perlunya peningkatan keterwakilan SDM di FAO.


"Grup Asia mengapresiasi FAO atas kemajuan dalam pengelolaan SDM melalui peningkatan peluang lowongan pekerjaan, keseimbangan geografis, dan kesetaraan gender, serta kebijakan baru dalam perekrutan konsultan," ujar Agung yang juga dipercaya mewakili dari Group Asia.


Menurut Agung, Grup Asia terus mendorong FAO agar melanjutkan upaya mewujudkan keseimbangan keterwakilan geografis dan kesetaraan gender dalam organisasi, baik di kantor pusat maupun di kantor perwakilan.


"Dengan perjuangan melalui Grup Asia ini, Indonesia berpeluang meningkatkan keterwakilan SDM Indonesia dalam organisasi FAO dalam menyuarakan kepentingan Indonesia melalui forum internasional," jelas Agung.


Selain itu, menurut Agung, peluang tersebut juga berpotensi meningkatkan kerja sama program Indonesia dengan FAO di sektor pertanian baik dalam bentuk kerja sama teknis, pengiriman tenaga ahli, dan pembuatan standar kualitas produk pertanian yang lebih berpihak pada kepentingan nasional.


Isu lain yang mengemuka dalam sesi ini adalah masalah keuangan, yaitu pembayaran kontribusi dari negara anggota yang tidak tepat waktu, penurunan Dana Umum (General Fund) dari USD 922,2 juta menjadi USD 893,1 juta, dan kekurangan pembayaran kewajiban untuk kesejahteraan staf FAO.

Berita Terkait

  • Sinergi dan Kemitraan Kunci Peningkatan Lumbung Pangan Masyarakat


    Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Ketahanan Pangan Risfaheri, yang baru sehari dilantik, langsung  melakukan kunjungan lapangan untuk melihat kegiatan pengembangan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM).


    Kunjungan tersebut dilakukan di sela-sela Pertemuan Evaluasi Kegiatan BKP 2018 dan Perencanaan  2019 di Yogyakarta, (12-14/11).


    "Sesuai arahan Kepala BKP, kami diminta membuat inovasi dan terobosan-terobosan. Tidak bekerja dengan pola lama. Makanya kami langsung turun ke lapangan," ujar Risfaheri.


    Kunjungan dilakukan bersama Kepala Badan Ketahanan Pangan Provin...

  • Harga Pangan Pokok di Kota Yogyakarta Stabil

    *Harga Pangan Pokok di Kota Yogyakarta Stabil*


    Pemerintah berupaya keras mengantisipasi terjadinya fluktuasi harga pangan menjelang akhir tahun melalui peningkatan produksi dan perbaikan tata niaga sebagai solusi permanen mengatasi gejolak harga pangan.


    Demikian dikatakan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi seusai mengunjungi Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta, Selasa (13/11).


    Setelah melihat langsung kondisi pasokan dan perkembangan harga pangan pokok dan strategis di Kota Yogyakarta, Agung memgungkapkan bahwa harga komoditas pangan pokok dan strategis di Y...

  • Kepala BKP memimpin serah terima jabatan pimpinan tinggi pratama BKP

    Kepala BKP, Agung Hendriadi sebelum membuka Pertemuan Evaluasi kegiatan TA.2018 dan finalisasi RKA-KL TA. 2019 di Yogyakarta (13/11/18), mempimpin serah terima jabatan sekretaris BKP dan Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP.

    Serah terima Sekretaris BKP antara Ir. Mulyadi Hendiawan M.M kepada Sekretaris BKP yang baru Dr. Ir. Riwanto M.M

    Dan Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Ir. Riwantoro kepada Prof.Ir. Risfaheri, M.Sc yang semula sebagai Kepala Balai Besar Pasca Panen, Badan Litbang Kementerian Pertanian.

    Hadir dalam kesempatan tersebut Pejabat struktural lingkup Badan Ket...