Kepala BKP Kementan Harapkan Kawasan Rumah Pangan Lestari Dapat Meningkatkan Gizi Keluarga

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 28 Feb, 2019

Views: 191

Dalam upaya mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan, sejak tahun 2010 Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian telah melaksanakan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Kegiatan ini bertujuan untuk  meningkatkan gizi keluarga.

Dalam rangkaian kunjungan kerja nya Ke Provinsi Lampung, Kepala Badan Ketahanan Pangan  Agung Hendriadi melihat kegiatan KRPL yakni Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar 1 di Kel. Waydadi, Kec. Sukarame, Bandar Lampung, Rabu (27/2).

Agung mengarahkan agar KRPL harus terintegrasi dengan semua stakeholder yaitu BPTP, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan dan lainnya, agar hasilnya optimal.

"Tanaman di masing masing anggota harus ada minimal 100 tanaman sebagai pemenuhan sumber gizi keluarga sehingga kelebihan hasil dari KRPL dapat dipasarkan untuk meningkatkan pendapatan" pungkas Agung.

Dalam kunjungan ini, Ketua KWT Sunarti mengungkapkan bahwa selama ini sayuran yang ditanam oleh kelompoknya sebagian sudah dapat dijual ke Pasar Tempel di Sukarame.

"Selama ini juga kami selalu mendapat pendampingan dari pendamping desa dan BPTP Provinsi Lampung" tambahnya.

Untuk diketahui di Provinsi Lampung pada Tahun 2018 sudah terbentuk 76 KRPL, dimana 4 KRPL berada di Bandar Lampung.

Sebagai pintu gerbang ke Pulau Sumatera, Provinsi Lampung memiliki posisi sebagai lokasi singgah dari Pulau Jawa. Karena itu keberadaan KRPL diharap mampu memenuhi kebutuhan pangan untuk masyarakat yang singgah. Selain itu KRPL juga  merupakan salah satu kegiatan prioritas dalam menangani rawan pangan.

Berita Terkait

  • BKP Kementan Lakukan OP Cabai Percepat Stabilitasi Harga

    Stabilisasi harga pangan selama Ramadhan dan Idul Fitri 2019, telah mendapat apresiasi positif dari berbagai pihak, karena Pemerintah mampu menjaga stabilitas harga  di seluruh wilayah. Tentu masih ada komoditas pangan khususnya cabai yang harganya fluktuatif, meskipun fluktuasi harga tersebut masih dianggap wajar.

    Berdasarkan laporan panel harga Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, cabai merah keriting di Jakarta yang semula rata-rata Rp 34.399/kg (awal Bulan Ramadhan) mulai mengalami kenaikan signifikan beberapa hari mendekati hari H Idul Fitri, rata-rata Rp 46.818/kg.  Bahkan sampai H+4 I...

  • BKP Kementan Pantau Pasokan Dan Harga Pangan Di Sumbar

    Memasuki H-1 Idul Fitri 2019, BKP Kementan terus melakukan pemantauan stok dan harga pangan. Kali ini yang dipantau adalah Pasar Raya kota Padang yang masih ramai dikunjungi pembeli. Hal yang sama terlihat di Pasar Ibuh Payakumbuh dan Pasar Bawah Bukittinggi, Sumateta Barat (Sumbar).

    "Pasokan komoditas pangan di tiga pasar terpantau cukup aman, dan harga juga stabil. Kecuali cabai merah keriting  yang mengalami kenaikan signifikan," ujar  Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP Kementan, Risfaheri yang melaporkan dari Padang, Selasa (4/6).

    Menurut Risfaheri, cabai merah keriting yang b...

  • Kementan Kendalikan Harga Daging Sapi Jelang Lebaran 2019

    Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Pemda DKI dan PD. Pasar Jaya serta beberapa Asosiasi seperti Pengusaha Pemotongan Hewan Indonesia (APPHI), Asosiasi Pengusaha Pengolah dan Pengguna Daging Skala Kecil dan Rumah Tangga (ASPERDATA) dan Asosiasi Pengusaha Importir Daging Indonesia (ASPIDI) melaksanakan Operasi Pasar (OP) daging sapi.

    Hal ini untuk merespon kecendrungan naiknya  bahan pangan pokok  seperti telur ayam, daging ayam dan daging sapi jelang lebaran ini.

    “Upaya Kementan melakukan OP,  agar masyarakat dapat memperoleh daging sapi secara murah dan mudah utamanya di wilayah Jabodeta...