Kepala BKP Kementan dan Bupati Lamongan Panen Raya Jagung

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 11 Oct, 2018

Views: 643


Ditengah hangatnya isu dorongan impor jagung, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi dan Bupati Lamongan Fadeli justru melakukan panen raya jagung di Desa Kakat Penjalin Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kamis (11/10).


"Produksi jagung kita sangat banyak, bahkan dalam pemantauan panen di Kabupaten Tuban dan Kabupaten Jombang pada dua hari sebelumnya, panen jagung masih dan sedang berlangsung, masing-masing sekitar 8 ribu ha dan 5 ribu ha," ujar Agung.


Melihat kondisi tersebut, menurut Agung,  para pelaku usaha pakan ternak mestinya tidak perlu khawatir kekurangan pasokan jagung. Agung juga menjelaskan bahwa harga jagung saat ini ternyata diatas harga acuan pemerintah.


"Panen raya hari ini sangat menggembirakan, karena harga jagung relatif tinggi, yaitu mencapai Rp 3.700 - 3.800/kg jagung pipilan basah atau mencapai Rp 4.600 - Rp 4.700/kg jagung pipilan kering," jelas Agung.


Menurut Agung hal ini jauh diatas harga acuan pemerintah yaitu Rp 3.150/kg jagung pipilan kering sebagaimana diatur dalam Permendag 96/2018.


Dari pantauan pelaksanaan panen jagung di Desa Kakat Penjalin yang mencapai 120 ha pada bulan Oktober 2018, provitas bisa mencapai 10,6 ton per ha, jauh diatas rata-rata provitas kabupaten. Bupati Lamongan juga mengungkapkan bahwa saat ini, meski musim kemarau, perkiraan panen jagung di Kabupaten Lamongan pada bulan Oktober 2018 sekitar 7 ribu ha.


Bupati yang sangat serius dalam meningkatkan produksi jagung diwilayahnya ini, berharap petani tetap bersemangat dalam menanam jagung. "Harga jagung saat ini sangat menguntungkan petani," ujar Fadeli.

Berita Terkait

  • Sinergi dan Kemitraan Kunci Peningkatan Lumbung Pangan Masyarakat


    Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Ketahanan Pangan Risfaheri, yang baru sehari dilantik, langsung  melakukan kunjungan lapangan untuk melihat kegiatan pengembangan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM).


    Kunjungan tersebut dilakukan di sela-sela Pertemuan Evaluasi Kegiatan BKP 2018 dan Perencanaan  2019 di Yogyakarta, (12-14/11).


    "Sesuai arahan Kepala BKP, kami diminta membuat inovasi dan terobosan-terobosan. Tidak bekerja dengan pola lama. Makanya kami langsung turun ke lapangan," ujar Risfaheri.


    Kunjungan dilakukan bersama Kepala Badan Ketahanan Pangan Provin...

  • Harga Pangan Pokok di Kota Yogyakarta Stabil

    *Harga Pangan Pokok di Kota Yogyakarta Stabil*


    Pemerintah berupaya keras mengantisipasi terjadinya fluktuasi harga pangan menjelang akhir tahun melalui peningkatan produksi dan perbaikan tata niaga sebagai solusi permanen mengatasi gejolak harga pangan.


    Demikian dikatakan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi seusai mengunjungi Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta, Selasa (13/11).


    Setelah melihat langsung kondisi pasokan dan perkembangan harga pangan pokok dan strategis di Kota Yogyakarta, Agung memgungkapkan bahwa harga komoditas pangan pokok dan strategis di Y...

  • Kepala BKP memimpin serah terima jabatan pimpinan tinggi pratama BKP

    Kepala BKP, Agung Hendriadi sebelum membuka Pertemuan Evaluasi kegiatan TA.2018 dan finalisasi RKA-KL TA. 2019 di Yogyakarta (13/11/18), mempimpin serah terima jabatan sekretaris BKP dan Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP.

    Serah terima Sekretaris BKP antara Ir. Mulyadi Hendiawan M.M kepada Sekretaris BKP yang baru Dr. Ir. Riwanto M.M

    Dan Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Ir. Riwantoro kepada Prof.Ir. Risfaheri, M.Sc yang semula sebagai Kepala Balai Besar Pasca Panen, Badan Litbang Kementerian Pertanian.

    Hadir dalam kesempatan tersebut Pejabat struktural lingkup Badan Ket...