Kepala BKP Kementan Ajak Generasi Muda Selamatkan Pangan

Kendari - Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi mengajak generasi muda menyelamatkan pangan dan tidak membuang-buang makanan.

"Mari kita biasakan menghabiskan makanan yang akan dikonsumsi. Jangan disisakan, karena akan menjadi sampah. Padahal sebagian penduduk dunia masih banyak yang membutuhkan bahan pangan," kata Agung saat meninjau lomba menggambar Hari Pangan Sedunia ke 39 di Kendari, (Minggu, 3/11/2019).

Untuk itu, lanjut Agung, kalau mengambil makanan secukupnya sesuai kebutuhan, sehingga tidak meninggalkan sisa makanan.

"Kita ingin mendidik anak-anak supaya tidak boros dan buang-buang makanan. Kalau sudah ambil harus dihabiskan," tegas Agung.

Menurut Agung, peran anak-anak dan generasi muda perlu dilibatkan dalam mengkampanyekan Stop Food Waste (boros pangan), sehingga kebiasaan menyisakan makanan bisa dikurangi.

"Upaya yang kita lakukan ini sangat penting dan strategis, karena Indonesia termasuk negara kedua yang boros pangan," ujar Agung.

"Kalau kita bisa menghemat dan tidak membuang-buang bahan makanan, ketahanan pangan kita akan semakin kokoh," tegas Agung.

Lomba menggambar yang diselenggarakan BKP ini disambut baik pemerintah Kendari.

"Setelah mengkuti lomba menggambar, dinas akan mendiseminasikan di sekolah-sekolah, agar selamatkan pangan, dan tidak ada lagi boros pangan," ujar Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Kendari, Sartini Sarita.

Lomba menggambar dengan tema "Ayo Selamatkan Pangan" diikuti 150 siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Kotamadya Kendari. Juara 1 diraih R.Dimas Putra dari SMPN 2 Kendari, Juara 2 Anugrah Ananda Rivai dari SMPN  1 Kendari, dan juara 3 Georgius Gerrard Tanjaya dari SMP Frater Kendari. Sedangkan juara Harapan 1 Erlangga Saputra dari SMPN 3 Kendari, Harapan 2 Annur Humaira dari SMPN 2 Kendari dan Harapan 3 Aiya Dwi Saputri dari SMPN 13 Kendari.