Kementan siapkan Pasar Murah Jelang Puasa dan Idul Fitri Tahun 2018

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 13 Apr, 2018

Views: 194

Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) bekerjasama dengan para perusahaan/produsen pangan untuk melakukan gelar pangan murah pada Hari-Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) menjelang puasa dan Idul Fitri Tahun 2018.

Gelar pangan murah yang bertujuan untuk menjaga stabilitasi pasokan dan harga pangan ini akan dilakukan sebulan penuh, tepatnya dari tanggal 18 April sampai H-2 Idul Fitri 1439 H.

Masyarakat yang memerlukan bahan pangan murah dan terjangkau dapat mengunjungi bazar pangan yang digelar di 100 titik, yaitu: Jakarta Utara,Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Bogor, Depok, dan Bekasi.

"Melalui gelar pangan ini, diharapkan masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pangannya dengan mudah dan harga murah, sehingga bisa memberikan kenyamaman dan ketenangan dalam menjalankan ibadah puasa sampai dengan lebaran," ujar Kepala BKP, Agung Hendriadi ketika memimpin rapat persiapan gelar pangan di Jakarta, Kamis, 12 April 2018.

Agung mengharapkan masyarakat tidak perlu panik dalam memenuhi kebutuhan pangannya, karena stok komoditas pangan utama cukup dan harganya juga terjangkau.

Sedangkan para perusahaan/produsen pangan sepakat membantu pemerintah menjaga pasokan, menjual bahan pangan murah dan mendistribusikannya kepada masyarakat melalui gelar pangan murah yang akan diadakan.

Hadir dalam rapat persiapan bazar antara lain Staf Khusus Wakil Gubernur DKI Jakarta, wakil dari PT. Food Station Tjipinang, PD. Pasar Jaya, Charoen Pokpand, Japfa comfeed dan lainnya serta Asosiasi Pedagang Komoditi Pangan.

Berita Terkait

  • Kepala BKP Pimpin Rakor Sergap Provinsi Lampung

    Dalam rangka mempercepat penyerapan gabah/beras petani oleh Perum Bulog yang akan digunakan sebagai cadangan pangan dan pemenuhan Rastra, Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi pimpin  rapat kordinasi Serapan Gabah Petani (Sergab) di kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung (20/4).


    “Kita harus bantu Bulog mempercepat pengadaan beras sebagai cadangan pangan dan Rastra“ pungkas Agung.


    Agung menegaskan bahwa Lampung memiliki potensi yang sangat besar, namun masih bisa lebih dioptimalkan. Oleh sebab itu Ia berharap agar gabah tidak keluar Lampung.


    “Kalau bisa kita ja...

  • PEMANTAUAN BERSAMA GELAR PANGAN MURAH GELAR PANGAN MURAH WAKIL GUBERNUR DKI JAKARTA DAN BADAN KETAHANAN PANGAN KEMENTAN

    Dalam rangka stabilisasi harga pangan dalam rangka menyabut bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri,  Kementerian Pertanian menyelenggarakan Gelar Pangan Murah bersama Pemerintah Daerah DKI Jakarta untuk menyediakan pangan yang terjangkau bagi masyarakat. Pada hari Selasa tanggal 17 April 2018, Wakil Gubernur DKI Jakarta melaksanakan pemantauan bersama Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian di Pasar koja Jakarta Utara, mendapat antusias luar biasa dari masyarakat.

    Gelar Pangan Murah juga telah dilaksanakan di Pasar Grogol, Pasar Jembatan Lima,...

  • Kunjungan Suporting Dewan HAM PPB atas Hak Pangan ke Sumatera Selatan

    Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Agung Hendriadi bersama dengan Special Reporter (SR) Dewan HAM PBB, Hilal Ever mengunjungi Palembang  Sumatera Selatan pada 11-12 April 2018. Tujuan kedatangan SR untuk mendorong upaya pemantapan dan pemenuhan hak atas pangan di tingkat nasional, regional dan international. Selain itu mengidentifikasi hambatan pemenuhan hak atas pangan untuk memberi rekomendasi mengenai upaya progresif pemenuhan hak atas pangan, terkait isu pengarusutamaan perspektif gender yang bekerjasama dengan seluruh negara dan pemangku kepentingan lainnya.

    Pada...