Kementan siapkan Pasar Murah Jelang Puasa dan Idul Fitri Tahun 2018

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 13 Apr, 2018

Views: 506

Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) bekerjasama dengan para perusahaan/produsen pangan untuk melakukan gelar pangan murah pada Hari-Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) menjelang puasa dan Idul Fitri Tahun 2018.

Gelar pangan murah yang bertujuan untuk menjaga stabilitasi pasokan dan harga pangan ini akan dilakukan sebulan penuh, tepatnya dari tanggal 18 April sampai H-2 Idul Fitri 1439 H.

Masyarakat yang memerlukan bahan pangan murah dan terjangkau dapat mengunjungi bazar pangan yang digelar di 100 titik, yaitu: Jakarta Utara,Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Bogor, Depok, dan Bekasi.

"Melalui gelar pangan ini, diharapkan masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pangannya dengan mudah dan harga murah, sehingga bisa memberikan kenyamaman dan ketenangan dalam menjalankan ibadah puasa sampai dengan lebaran," ujar Kepala BKP, Agung Hendriadi ketika memimpin rapat persiapan gelar pangan di Jakarta, Kamis, 12 April 2018.

Agung mengharapkan masyarakat tidak perlu panik dalam memenuhi kebutuhan pangannya, karena stok komoditas pangan utama cukup dan harganya juga terjangkau.

Sedangkan para perusahaan/produsen pangan sepakat membantu pemerintah menjaga pasokan, menjual bahan pangan murah dan mendistribusikannya kepada masyarakat melalui gelar pangan murah yang akan diadakan.

Hadir dalam rapat persiapan bazar antara lain Staf Khusus Wakil Gubernur DKI Jakarta, wakil dari PT. Food Station Tjipinang, PD. Pasar Jaya, Charoen Pokpand, Japfa comfeed dan lainnya serta Asosiasi Pedagang Komoditi Pangan.

Berita Terkait

  • Kepala BKP Kementan : Kembangkan Pangan Lokal secara Komersil


    "Mulai tahun depan,  saya usulkan agar nilai komersil pangan lokal yang dilombakan  menjadi kriteria utama untuk menentukan  pemenangnya," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi, saat memberikan sambutan Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Berimbang dan Aman Berbasis Sumberdaya Lokal, di halaman perkantoran pemerintah provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Rabu (17/10).


    Menurut Agung, nilai komersil tersebut sangat beralasan, agar pengolahan menu makanan dari bahan pangan lokal tidak berhenti sampai dilomba.


    "Lomba ini bagus...

  • Kepala BKP Kementan Terima Petani Muda Korea, untuk Jajaki Korporasi Petani

    Kepala Badan Ketahanan (BKP) Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) menerima kunjungan dari _Korea Young Farmers_  di Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Bogor, Rabu (1010).


    Kunjungan ini bertujuan menjajaki kerjasama dalam pengembangan usahatani, terutama transfer teknologi budidaya sampai proses pengemasan produk.


    Untuk melihat kondisi lapangan, perwakilan dari para petani muda Korea juga mengunjungi salah satu gabungan kelompok tani (gapoktan) di Kab Cianjur, Jawa Barat  yang telah mengembangkan budidaya hortikultura.


    Dari hasil kunjungan tersebut,...

  • Kepala BKP Kementan dan Bupati Lamongan Panen Raya Jagung


    Ditengah hangatnya isu dorongan impor jagung, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi dan Bupati Lamongan Fadeli justru melakukan panen raya jagung di Desa Kakat Penjalin Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kamis (11/10).


    "Produksi jagung kita sangat banyak, bahkan dalam pemantauan panen di Kabupaten Tuban dan Kabupaten Jombang pada dua hari sebelumnya, panen jagung masih dan sedang berlangsung, masing-masing sekitar 8 ribu ha dan 5 ribu ha," ujar Agung.


    Melihat kondisi tersebut, menurut Agung,  para pelaku usaha pakan ternak mestinya...