Kementan siapkan Pasar Murah Jelang Puasa dan Idul Fitri Tahun 2018

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 13 Apr, 2018

Views: 411

Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) bekerjasama dengan para perusahaan/produsen pangan untuk melakukan gelar pangan murah pada Hari-Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) menjelang puasa dan Idul Fitri Tahun 2018.

Gelar pangan murah yang bertujuan untuk menjaga stabilitasi pasokan dan harga pangan ini akan dilakukan sebulan penuh, tepatnya dari tanggal 18 April sampai H-2 Idul Fitri 1439 H.

Masyarakat yang memerlukan bahan pangan murah dan terjangkau dapat mengunjungi bazar pangan yang digelar di 100 titik, yaitu: Jakarta Utara,Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Bogor, Depok, dan Bekasi.

"Melalui gelar pangan ini, diharapkan masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pangannya dengan mudah dan harga murah, sehingga bisa memberikan kenyamaman dan ketenangan dalam menjalankan ibadah puasa sampai dengan lebaran," ujar Kepala BKP, Agung Hendriadi ketika memimpin rapat persiapan gelar pangan di Jakarta, Kamis, 12 April 2018.

Agung mengharapkan masyarakat tidak perlu panik dalam memenuhi kebutuhan pangannya, karena stok komoditas pangan utama cukup dan harganya juga terjangkau.

Sedangkan para perusahaan/produsen pangan sepakat membantu pemerintah menjaga pasokan, menjual bahan pangan murah dan mendistribusikannya kepada masyarakat melalui gelar pangan murah yang akan diadakan.

Hadir dalam rapat persiapan bazar antara lain Staf Khusus Wakil Gubernur DKI Jakarta, wakil dari PT. Food Station Tjipinang, PD. Pasar Jaya, Charoen Pokpand, Japfa comfeed dan lainnya serta Asosiasi Pedagang Komoditi Pangan.

Berita Terkait

  • BKP Kementan Dorong Perum Bulog Subdivre Subang dan Subdivre Indramayu Tingkatkan Serapan Gabah

    Untuk meningkatkan serapan gabah/beras (sergap) petani oleh Bulog untuk mengisi cadangan beras pemerintah, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi memimpin Rapat Koordinasi Sergap di Kantor Sub Divre Bulog Subang, Rabu (18/7).


    "Pertemuan ini sangat penting untuk mempercepat serapan gabah/beras petani, sehingga bisa memenuhi target yang ditetapkan," kata Agung.


    Agung yang juga Ketua I Pelaksana Sergap menambahkan,  serapan beras subdrive Subang dan Indramayu masih dibawah target harian, untuk itu perlu kerja keras  mendorong pencapaian target.


    Targ...

  • Kepala BKP Kementan Pimpin Rakor Sergap di Sumatera Selatan

    Dalam upaya percepatan serapan gabah petani (sergap) Kepala Badan Ketahanan Pangan,  Agung Hendriadi meminta Tim Sergap untuk bekerja keras dan terus melakukan kegiatan dilapangan.


    "Sampai saat ini realisasi serapan beras sub divre Bulog Sumatera Selatan baru mencapai 5.930 ton dari target 67.623 ton. Jumlah pengadaan beras harus bisa lebih tinggi lagi, dan dapat dicapai dengan kerja keras serta turun langsung ke lapangan," Ujar Agung dalam arahannya pada Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Serap Gabah/Beras di Divre Bulog Sumatera Selatan, Selasa (17/7/2018).


    "Sergap ini untuk men...

  • Serap Gabah Untuk isi Cadangan Beras Pemerintah

    Tim  Sergap (serap gabah petani) terus mendorong pemenuhan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di berbagai sentra produksi padi melalui kerja sama dengan Mitra Perum BULOG. Hal ini gencar dilakukan sebagai upaya akselerasi percepatan pencapaian target pada periode Juli - Agustus 2018.


    Menurut Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian, Benny Rachman, untuk mengejar ketertinggalan capaian pengadaan beras, perlu partisipasi semua pihak, terutama dari Mitra Perum BULOG.


    "Kami mohon kontribusi dari para Mitra untuk berpartisipasi memperkuat cadang...