Kementan Gandeng Pemprov Sumut Gelar OP Bawang Putih

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 14 May, 2019

Views: 78

Medan - Untuk meredam melonjaknya harga bawang putih di Sumatera Utara (Sumut) yang sempat menyentuh harga Rp.90.000/kg, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan Operasi Pasar.

Sebanyak 5 container  masing-masing 29 ton bawang putih impor yang tiba  di Belawan Rabu, (13/4) langsung disebar di berbagai pasar di kota Medan.

"Operasi pasar ini kami lakukan untuk menstabilkan harga bawang putih di tingkat konsumen yang mengalami tren kenaikan beberapa waktu terakhir," ujar  Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementan Riwantoro saat melepas OP di Pasar Petisah Selasa (14/5).

Sejumlah pasar yang dibanjiri OP bawang putih di Kota Medan adalah Pasar Petisah, Pasar Simpang Limun, Pasar Sentral, Pasar Palapa, Pasar Sukaramai dan Pasar Sei Sikambing.

Menurut Riwantoro, OP bawang putih dilakukan dari importir dengan menjual ke pedagang pengecer dan tidak langsung ke konsumen. Dari 6 pasar tersebut, lanjutnya, akan dipasok sebanyak 460 kg kepada 10 pedagang pengecer per pasar.

"Harga bawang putih yang dijual kepada pedagang pengecer Rp. 25.000/kg, dan kami pastikan dijual ke tingkat konsumen tidak lebih dari Rp. 30.000/kg. Ini tentunya sangat efektif untuk mempengaruhi harga pasar," ujar Riwantoro.

Ditambahkannya, bahwa pasokan bawang putih saat ini dalam kondisi aman, karena stok yang masuk telah mencapai 115 ribu ton, sedangkan kebutuhan hanya 35 ribu ton per bulan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, karena ketersediaan bawang putih saat puasa dan jelang hari raya Idulfitri cukup," tambah Riwantoro.

Riwantoro juga meminta agar  satgas pangan  mengawal ketat pelaksanaan OP, sehingga masyarakat luas dapat merasakan manfaatnya.

"Yang pasti masyarakat akan tenang, harga bawang putih terjangkau dan pasokan aman selama Ramadhan dan Idul Fitri," jelas Bahruddin Siregar Kepala Bidang Hortikultura Propinsi Sumut menambahkan.

“Setelah operasi pasar ini, selanjutnya akan diikuti pasokan secara rutin dari importir ke distributor/ agen untuk kelanjutan pasokan di wilayah kota Medan agar harga stabil," ujar  Syafri Nasution/Kepala Bidang Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan peternakan Sumut.

"Saya menyambut gembira adanya penjualan bawang putih ini, karena harganya murah. Ini sangat membantu kami," kata ibu Siti sambil membawa sekilo bawang putih yang baru dibeli.

Hadir dalam OP adalah perwakilan Direktorat Jenderal Hortikultura, perwakilan Ketua satgas pangan polda sumut, Kabid Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan,  Kepala Disperindag, perwakilan PD Pasar Jaya, Karantina Pertanian Belawan, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Importir PT Maju Makmur Jaya Kurnia, dan SKPD terkait.

Berita Terkait

  • BKP Kementan Lakukan OP Cabai Percepat Stabilitasi Harga

    Stabilisasi harga pangan selama Ramadhan dan Idul Fitri 2019, telah mendapat apresiasi positif dari berbagai pihak, karena Pemerintah mampu menjaga stabilitas harga  di seluruh wilayah. Tentu masih ada komoditas pangan khususnya cabai yang harganya fluktuatif, meskipun fluktuasi harga tersebut masih dianggap wajar.

    Berdasarkan laporan panel harga Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, cabai merah keriting di Jakarta yang semula rata-rata Rp 34.399/kg (awal Bulan Ramadhan) mulai mengalami kenaikan signifikan beberapa hari mendekati hari H Idul Fitri, rata-rata Rp 46.818/kg.  Bahkan sampai H+4 I...

  • BKP Kementan Pantau Pasokan Dan Harga Pangan Di Sumbar

    Memasuki H-1 Idul Fitri 2019, BKP Kementan terus melakukan pemantauan stok dan harga pangan. Kali ini yang dipantau adalah Pasar Raya kota Padang yang masih ramai dikunjungi pembeli. Hal yang sama terlihat di Pasar Ibuh Payakumbuh dan Pasar Bawah Bukittinggi, Sumateta Barat (Sumbar).

    "Pasokan komoditas pangan di tiga pasar terpantau cukup aman, dan harga juga stabil. Kecuali cabai merah keriting  yang mengalami kenaikan signifikan," ujar  Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP Kementan, Risfaheri yang melaporkan dari Padang, Selasa (4/6).

    Menurut Risfaheri, cabai merah keriting yang b...

  • Kementan Kendalikan Harga Daging Sapi Jelang Lebaran 2019

    Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Pemda DKI dan PD. Pasar Jaya serta beberapa Asosiasi seperti Pengusaha Pemotongan Hewan Indonesia (APPHI), Asosiasi Pengusaha Pengolah dan Pengguna Daging Skala Kecil dan Rumah Tangga (ASPERDATA) dan Asosiasi Pengusaha Importir Daging Indonesia (ASPIDI) melaksanakan Operasi Pasar (OP) daging sapi.

    Hal ini untuk merespon kecendrungan naiknya  bahan pangan pokok  seperti telur ayam, daging ayam dan daging sapi jelang lebaran ini.

    “Upaya Kementan melakukan OP,  agar masyarakat dapat memperoleh daging sapi secara murah dan mudah utamanya di wilayah Jabodeta...