Berita BKP

Kementan Ajak Masyarakat Lakukan Penganekaragaman Pangan

Depok - Salah satu masalah ketahanan pangan di Indonesia  adalah pola konsumsi masyarakat yang masih bergantung pada komoditas tertentu, khususnya beras, dan kurang konsumsi pangan sumber protein hewani, sayuran dan buah.


"Untuk mengatasi masalah tersebut, kami mengajak masyarakat melakukan  penganekaragan pangan," ujar Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Sarwo Edhy, pada acara Serah Terima

green house dalam rangka fasilitasi promosi penganekaragaman pangan di Mako Brimob Polri Kelapa Dua, Kota Depok, Jawa Barat (21/9/2021).


Penyerahan Green House berukuran 12 x 8 m2 ini diserahkan oleh Plt Kepala BKP Sarwo Edhy, kepada Komandan Korps Brimob Polri yang diwakili oleh Komandan Pasukan Pelopor Korps

Brimob POLRI, Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Brigjen Polisi Imam Widodo.


Untuk memasyarakatkan  penganekaragaman pangan,  menurut Sarwo Edhy, promosi penganekaraman perlu dilakukan, agar masyarakat menyadari pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman.


"Tingkat konsumsi sayur dan buah penduduk Indonesia pada tahun 2020 adalah 231,8 gram/kap/hari. Angka ini masih di bawah anjuran konsumsi sayur dan buah oleh WHO sebesar 400 gram/kap/hari. Untuk itu, harus kita tingkatkan terus," ujar Sarwo Edhy.


Sementara itu Brigjen Imam Widodo menyampaikan rasa terimakasihnya kepada BKP Kementan atas dibangunnya Greenhouse di Mako Brimob Kelapa Dua.


"Kami sangat berterima kasih atas fasilitas green house ini, dan edukasi yang diberikan. Nanti akan terus kami kembangkan, baik di asrama maupun masyarakat sekitar, karena masih banyak lahan-lahan kosong yang bisa ditanami berbagai tanaman," ujar Imam.


Penyerahan Green house ini, merupakan tindaklanjut dari Rakernis Korbrimob Polri (Maret 2021),  dimana saat itu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan strategi Kementerian Pertanian dengan Korbrimob Polri untuk mewujudkan kedaulatan pangan dalam mendukung program ketahanan pangan nasional.


Sejalan dengan hal tersebut, Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian pada tahun ini bersinergi dengan  Mako Brimob POLRI Kelapa Dua Depok telah melakukan  pembangunan green house seluas 12 x 8 m2.


Untuk memasyarakatkan penganekaragaman pangan, sejak 2020, Badan Ketahanan Pangan melaksanakan fasilitasi promosi penganekaragaman pangan melalui green house di berbagai daerah, antara lain Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu, Kota Surakarta, Kota Bogor, Kota Medan, dan tentu saja Kota Depok.  


Melalui pemanfaatan lahan yang ada, diharapkan masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pangannya sendiri.


"Manfaatkan lahan yang ada dengan aneka tanaman, seperti sayur dan buah, agar bisa memenuhi kebutuhan pangan keluarga," pesan Sarwo Edhy.


Turut hadir dalam acara ini adalah Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan BKP, dan jajaran dari Kepolisian Mako Brimob Kelapa Dua Depok.

Berita Terkait