Kejar Target 1.000 TTI, Kementan Mulai Buka 65 Toko Tani Indonesia

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 23 Feb, 2017

Views: 223

JAKARTA - Untuk mengejar target 1.000 Toko Tani Indonesia (TTI) di Jakarta hingga Maret 2017 Kementerian Pertanian mulai membuka 65 TTI di wilayah DKI Jakarta. Pengiriman sebelumnya dilakukan ke 22 TTI, kini jumlah TTI ini yang mendapatkan pasokan pangan ditambah 43 unit sehingga total menjadi 65 TTI. Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Spudnik Sujono mengatakan, ‎jumlah TTI yang menjual berbagai macam komoditas pangan pokok akan terus bertambah. "Kita luncurkan penguatan TTI. Dari 22 TTI (pekan lalu), kita kembangkan 43 TTI, jadi total 65 TTI," ujar dia di TTI Center, Jakarta Selatan, pada Senin (13/2/2017). Dengan penambahan jumlah TTI ini, semakin memudahkan masyarakat memperoleh kebutuhan pangan pokok dan strategis dengan harga terjangkau. "Kami ingin kehadiran TTI ini benar-benar dirasakan masyarakat. Maret sudah 1.000, Insya Allah. Harus cepat dan harus ada perubahan," kata Spudnik. Spudnik optimis hingga Maret akan terbangun 1.000 TTI. Menurutnya, membuat TTI sebenarnya tidak terlalu sulit karena hanya tinggal menyiapkan lapak yang ada untuk disulap menjadi toko tani. "Nantinya, TTI ini tidak hanya ada di Jakarta, tetapi juga diperluas hingga wilayah penyangga ibu kota seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Komoditas yang dijual tentu saja yang bermutu dan terjangkau," ungkap Spudnik.

Berita Terkait

  • Kementan Gandeng Pemprov Sumut Gelar OP Bawang Putih

    Medan - Untuk meredam melonjaknya harga bawang putih di Sumatera Utara (Sumut) yang sempat menyentuh harga Rp.90.000/kg, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan Operasi Pasar.

    Sebanyak 5 container  masing-masing 29 ton bawang putih impor yang tiba  di Belawan Rabu, (13/4) langsung disebar di berbagai pasar di kota Medan.

    "Operasi pasar ini kami lakukan untuk menstabilkan harga bawang putih di tingkat konsumen yang mengalami tren kenaikan beberapa waktu terakhir," ujar  Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementan Riwantoro saat mel...

  • Kementan Pastikan Pasokan Pangan Pokok Aman Selama Ramadhan dan Iedul Fitri

    Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pasokan pangan pokok selama Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) terutama bulan Ramadhan dan Iedul Fitri 1440 H mencukupi. Kepastian tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementan yang mewakili Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9).

    "Kita sudah cek, kondisi ketersediaan pangan pokok kita aman, baik untuk bulan puasa dan hari raya Iedul Fitri," terang Agung, dalam acara bertajuk 'Pengendalian Harga Pangan' tersebut di Gedung Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)...

  • Harga Cabai Jatuh, Kementan Gerak Cepat Bantu Petani Tuban

    Memasuki panen raya, harga berbagai jenis cabai di Kabupaten Tuban Jawa Timur, khususnya di Kecamatan Grabagan jatuh. Laporan petugas pencatat harga,  Sabtu (11/5), harga cabai rawit merah (CRM) sekitar 4.500/kg dan cabai merah keriting (CMK) Rp 5.500/kg, dari harga seminggu sebelumnya yang berkisar Rp 10.000/kg.

    Merespon kondisi tersebut, Kementerian Pertanian bergerak cepat turun lapangan membeli cabai  petani dengan harga yang lebih mahal, yakni Rp. 8.000/kg untuk mencegah kerugian petani sekaligus  memberi semangat agar petani tetap menanam pada musim berikutnya.

    "Kami bersama-sama turun k...