Indonesia Siap Tingkatkan Hubungan Kemitraan Dengan FAO

Pada tanggal 20 Juni 2014 dalam rangkaian pertemuan FAO Council 149, Kepala Badan BKP selaku ketua Delri memimpin delegasi RI beserta Duta Besar RI di Roma dalam pertemuan Bilateral dengan Direktur Jenderal FAO guna membahas berbagai hal terkait dengan upaya peningkatan kerja sama kedua belah pihak. Hal ini mengingat FAO telah menawarkan kepada Indonesia untuk meningkatkan bentuk kerja sama dari “Country Representative”  menjadi “New Partnership and Liaison Office”. Tawaran ini diberikan kepada 20 negara yang dianggap telah masuk ke dalam level Middle Income Country, termasuk Indonesia. Dalam kelompok Asia, selain Indonesia, tawaran ini juga diberikan kepada Korea Selatan, China, India, dan Malaysia

Terkait dengan partisipasi Indonesia pada Sidang Dewan FAO, Dirjen FAO menyampaikan apresiasi terhadap delegasi Indonesia mengingat dalam setiap pertemuan FAO, Indonesia selalu mengirim delegasi yang representatif dan berpartisipasi aktif serta memberikan masukan. Selanjutnya, Dirjen FAO juga menyampaikan terima kasih kepada Indonesia terkait dengan pembahasan kerja sama RI-FAO ke depan melalui New Partnership and Liasson Office. 

Pemri menyambut baik tawaran kerja sama the New Partnership and Liasson Office dari FAO yang dinilai membuka kesempatan untuk melakukan peningkatan kerja sama, antara lain melalui pembentukan Steering Committee sebagai wadah/pintu informasi yang dapat menampung dan mengawasi seluruh kerja sama antara RI-FAO. Pemri telah siap untuk memulai pembahasan peningkatan kerja sama dimaksud.

Untuk itu, kedua belah pihak sepakat agar pada tahap awal kemitraan dibangun atas kerja sama yang sudah ada sebelumnya, secara bertahap. Selanjutnya, sesuai perkembangan dan kemampuan Indonesia.