Ibu Negara Iriana Joko Widodo Kunjungi KRPL di Desa Kohod

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 03 Aug, 2017

Views: 143

Tangerang, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo bersama dengan Istri Wakil Presiden Mufidah Kalla dan Para Istri Kabinet Kerja serta Para Penggurus PKK Pusat pada hari rabu tanggal 2 Agustus 2017 mengunjungi desa pelaksana Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), yakni Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Tampak turut menyambut rombongan adalah Bupati Tangerang, A Zaki Iskandar beserta istri dan Jajaran Pemerintah Kabupaten Tangerang, Kementerian Pertanian dan Para Penggurus PKK Daerah. Dalam kunjungan tersebut, Ibu Negara memberikan apresiasi terhadap keberhasilan pengembangan KRPL di desa tersebut, mulai dari pemanfaatalan lahan perkarangan rumah, kebun bibit desa sampai hasil pengolahannya. Dalam sambutannya Ibu Negara berpesan agar program tersebut terus mendapatkan pendampingan agar aspek teknologi budidaya pertanian dapat diperbaiki dan berkelanjutan. Desa Kohod merupakan salah satu dari tiga desa yang akan dijadikan sebagai lokasi percontohan kampung sejahtera. program Kampung Sejahtera merupakan program yang diprakarsai oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) yang didukung oleh 14 kementerian dan lembaga terkait. Tujuannya Program Kampung Sejahtera ini untuk menyejahterakan desa tertinggal. Dipilihnya Desa Kohod sebagai desa percontohan karena letaknya berdekatan dengan Ibu Kota Negara, bila dilihat dari sektor ekonomi masih tertinggal serta masuk dalam kategori desa miskin sehingga perlu dikembangkan menjadi desa sejahtera. Potensi yang dimiliki Desa Kohod, yakni memiliki sumber daya hayati maupun non hayati. Sebagai bentuk dukungan terhadap Program Kampung Sejahtera, Kementerian Pertanian dengan Program KRPL memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Kohod berupa benih tanaman sayuran dan buah-buahan, obat-obatan, bibit ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB), serta alat dan mesin pertanian. Bantuan tersebut diserahkan oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo secara simbolis kepada masyarakat Desa Kohod.

Berita Terkait

  • Khawatir Harga Gabah Anjlok, Petani Minta Bulog Lakukan Pembelian Sekarang

    Beberapa daerah sentra produksi beras saat ini sedang panen raya dan mestinya petani bergembira menikmati hasil usahataninya. Namun beberapa petani  mengeluh karena harga jatuh dan Bulog belum bergerak melakukan pembelian.

    Sejumlah petani di daerah sentra produksi yang dihubungi mengeluhkan dan mengharapkan Bulog segera turun tangan melalukan pembelian gabah mereka.

    Lalu Saleh,  petani dari Lombok Barat - Nusa Tenggara Barat mengeluhkan,  sudah seminggu ini harga gabah menyentuh angka Rp. 4.000/kg gabah kering panen (gkp).

    "Sudah seminggu ini harga gabah mencapai 4.000 dan cenderung turun teru...

  • BKP Kementan Tugaskan CPNS Kawal Program PKU dan PIPL

    Setiap tahun Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian mengidentifikasi lokasi-lokasi yang masih terdapat kerentanan pangan di Indonesia dengan basis Kabupaten.

    Setelah berhasil meningkatkan status ketahanan pangan wilayah di 177 kabupaten melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Kawasan Mandiri Pangan, mulai tahun 2019 BKP melakukan intervensi melalui Pengembangan  Koorporasi Usahatani (PKU) dan Pengembangan Industri Pangan Lokal (PIPL).

    Tujuan kegiatan PKU adalah meningkatkan nilai tambah produk komoditas kelompoktani dan kesejahteraan petani.

    Sedangkan PIPL bertujuan untuk meningka...

  • Program Kampung Hijau Sejahtera Sebagai Pengembangan KRPL Kementan Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

    Pandeglang (BKP) - Jawa Barat.  Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja tahun ini meluncurkan sebuah kegiatan bertajuk Kampung Hijau Sejahtera (Kampung Hijrah) pertama kalinya di Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, prorinsi Banten Senin (11/3).

    Kegiatan Kampung Hijrah  bertujuan untuk memanfaatkan dan  menghijaukan pekarangan guna meningkatkan ekonomi produktif keluarga serta pelestarian tanaman lokal.

    Kegiatan ini digagas dan dipelopori oleh OASE KK bidang Lingkungan Hijau (bidang V) yang diketuai oleh Rugaiya Usman Wiranto (Kementerian Koordinator Bidang P...