Hari Pangan Sedunia Ke 33

Padang - Sumatera Barat - Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) dimulai sejak Food and Agriculture Organization (FAO) menetapkan World Food Day melalui Resolusi PBB No. 1/1979 di Roma Italia, dimana dipilih tanggal 16 Oktober yang bertepatan dengan terbentuknya FAO. Sejak saat itu disepakati bahwa mulai tahun 1981, seluruh negara anggota FAO termasuk Indonesia memperingati HPS secara Nasional pada setiap tahun.

Peringatan Hari Pangan Sedunia (World Food Day) ke-31 di Indonesia akan dilaksanakan di Kota Padang, Sumatera Barat pada tanggal 31 Oktober sampai dengan 3 November 2013 dengan mengangkat tema Optimalisasi Sumber Daya Lokal Menuju Kemandirian Pangan dan Perbaikan Gizi Masyarakat.

Tempat penyelenggaraan: Jl. Bypass KM.16 (samping gedung TVRI)

Adapun secara internasional, Hari Pangan Sedunia diperingati dengan mengangkat tema Sustainable Food System for Food Security and Nutrition.

Penyelenggaraan HPS di Indonesia dijadikan momentum dalam meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dan para stakeholder terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi, baik bagi masyarakat Indonesia maupun dunia.