Gorontalo Optimis 2018 Serap Gabah dan Jagung Petani

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 19 Mar, 2018

Views: 265

Dengan ditetapkan nya fleksibilitas harga pembelian gabah/ beras oleh Bulog sebesar 20% dari Harga Pembelian Pemerintah (HPP) diharapkan Bulog dapat memenuhi target penyerapan lebih optimal. Demikian disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi pada saat memimpin Rapat Kordinasi Serap Gabah Petani (Sergab) Provinsi Gorontalo hari ini Selasa (13/2).

"Dengan kelenturan tersebut saya harap Bulog mampu menyerap sesuai target sebesar 2,2 juta ton sampai dengan Juni 2018" tegas Agung.

Selain itu, menurut Agung, mekanisme Sergap saat ini Bulog menggandeng TNI AD dalam hal ini Dandim yang akan berperan sebagai mitra Bulog dan didukung oleh BRI selaku penyedia pendanaan untuk mempermudah proses pembelian gabah.

Dalam kesempatan ini, Asisten I Pemerintahan Provinsi Gorontalo Anis Naki mengakui bahwa operasi Sergap ini sangat penting bagi upaya pengendalian harga pangan.

 Rakor dihadiri jajaran pemerintah propinsi Gorontalo, kabupaten/kota, unsur forkopinda, TNI, BRI, sub divre Bulog, akademisi dan stakeholder lainnya.

Berita Terkait

  • Dorong Peningkatan Ekspor, Kementan Berperan Aktif dalam Codex Internasional

    Jakarta, Rabu (26/6). Peran Indonesia dalam perdagangan komoditas pangan internasional terus ditingkatkan. Hal ini diwujudkan dengan keterlibatan aktif Kementerian Pertanian beserta Kementerian/Lembaga lainnya dalam penyusunan dan pengembangan standar, pedoman, code of practice dan rekomendasi lain terkait keamanan dan mutu pangan hasil pertanian yang berlaku secara internasional dalam wadah Codex Alimentarius Commission (CAC), atau disingkat Codex.


    Dalam Rapat Komite Nasional Codex Indonesia ke-2 tahun 2019 yang digelar di Jakarta, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertani...

  • BKP Kementan Kembangkan Korporasi Usahatani Untuk Entaskan Kemiskinan dan Kerawanan Pangan

    Kegiatan Korporasi Usahatani (PKU) yang  dikembangkan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan kegiatan strategis untuk mengentaskan kemiskinan dan kerawanan pangan.


    "Masuknya kegiatan PKU di Desa Pagerharjo ini diharapkan akan mempercepat pengentasan kemiskinan dan kerawanan pangan di pedesaan," ujar Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan  BKP, Andriko Noto Susanto di Lokasi PKU di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta (23/06).


    Berdasarkan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (Food Security and Vulnerability ...

  • Kepala BKP Kementan : KRPL Harus Berkelanjutan!

    BALI - Untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga sejak tahun 2015 Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di seluruh Indonesia.


    "KRPL ini sangat strategis tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga," ujar Kepala BKP Agung Hendriadi, saat mengunjungi KRPL di Taro kecamatan Tegallalang, Gianyar Bali, Sabtu (22/6/2019).


    Lebih lanjut Agung mengatakan bahwa keberlanjutan KRPL sangat penting, karena itu Kebun Bibit Desa (KBD) harus terus dikem...