Gerakan Cinta Pangan Lokal Dan Konsumsi Menu Beragam, Bergizi, Seimbang Dan Aman (B2sa)

Jakarta (BKP). Dalam rangka membudayakan pola konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) untuk hidup sehat, aktif dan produktif, maka Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan (PKKP) Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian kembali mengadakan kegiatan Senam Bersama dan Sarapan Sehat dengan Menu B2SA pada Car Free Day (CFD) pada hari Minggu, 14 Juni 2015 di lokasi Pasar Organik Jakarta, Jl. Sunda (samping sarinah plaza).

Tujuan diadakannya gerakan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam mengonsumsi pangan lokal dengan menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA).

Kegiatan ini diisi dengan pameran dan icip-icip pangan lokal berupa nasi jagung dan mie goreng sayur dari tepung mocaf,  buah dan sayur lokal (pisang, urap), jus jambu merah dan kacang hijau,  serta display Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) perkotaan. Acara dimulai dengan pembagian kaos B2SA kepada para pengunjung CFD yang selanjutnya digunakan untuk senam bersama. Setelah senam bersama, acara dilanjutkan dengan orasi singkat dari Ibu Kepala Pusat PKKP, Ir. Sri Sulihanti, M.Sc tentang menu B2SA serta pembagian goody bag berisi mie sayur dari tepung mocaf, beras jagung, aneka kue dari pangan lokal, kipas, dll. Kemudian pembagian nasi jagung beserta lauknya, mie goreng mocaf, jus jambu dan sari kacang hijau, serta pisang untuk dimakan di tempat. Acara ditutup dengan jalan sehat dengan membawa spanduk  “Sehat dengan Pangan Lokal”.