Gerakan Cinta Pangan Lokal Dan Konsumsi Menu Beragam, Bergizi, Seimbang Dan Aman (B2sa)

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 19 Jun, 2015

Views: 328

Jakarta (BKP). Dalam rangka membudayakan pola konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) untuk hidup sehat, aktif dan produktif, maka Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan (PKKP) Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian kembali mengadakan kegiatan Senam Bersama dan Sarapan Sehat dengan Menu B2SA pada Car Free Day (CFD) pada hari Minggu, 14 Juni 2015 di lokasi Pasar Organik Jakarta, Jl. Sunda (samping sarinah plaza).

Tujuan diadakannya gerakan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam mengonsumsi pangan lokal dengan menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA).

Kegiatan ini diisi dengan pameran dan icip-icip pangan lokal berupa nasi jagung dan mie goreng sayur dari tepung mocaf,  buah dan sayur lokal (pisang, urap), jus jambu merah dan kacang hijau,  serta display Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) perkotaan. Acara dimulai dengan pembagian kaos B2SA kepada para pengunjung CFD yang selanjutnya digunakan untuk senam bersama. Setelah senam bersama, acara dilanjutkan dengan orasi singkat dari Ibu Kepala Pusat PKKP, Ir. Sri Sulihanti, M.Sc tentang menu B2SA serta pembagian goody bag berisi mie sayur dari tepung mocaf, beras jagung, aneka kue dari pangan lokal, kipas, dll. Kemudian pembagian nasi jagung beserta lauknya, mie goreng mocaf, jus jambu dan sari kacang hijau, serta pisang untuk dimakan di tempat. Acara ditutup dengan jalan sehat dengan membawa spanduk  “Sehat dengan Pangan Lokal”.

Berita Terkait

  • Khawatir Harga Gabah Anjlok, Petani Minta Bulog Lakukan Pembelian Sekarang

    Beberapa daerah sentra produksi beras saat ini sedang panen raya dan mestinya petani bergembira menikmati hasil usahataninya. Namun beberapa petani  mengeluh karena harga jatuh dan Bulog belum bergerak melakukan pembelian.

    Sejumlah petani di daerah sentra produksi yang dihubungi mengeluhkan dan mengharapkan Bulog segera turun tangan melalukan pembelian gabah mereka.

    Lalu Saleh,  petani dari Lombok Barat - Nusa Tenggara Barat mengeluhkan,  sudah seminggu ini harga gabah menyentuh angka Rp. 4.000/kg gabah kering panen (gkp).

    "Sudah seminggu ini harga gabah mencapai 4.000 dan cenderung turun teru...

  • BKP Kementan Tugaskan CPNS Kawal Program PKU dan PIPL

    Setiap tahun Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian mengidentifikasi lokasi-lokasi yang masih terdapat kerentanan pangan di Indonesia dengan basis Kabupaten.

    Setelah berhasil meningkatkan status ketahanan pangan wilayah di 177 kabupaten melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Kawasan Mandiri Pangan, mulai tahun 2019 BKP melakukan intervensi melalui Pengembangan  Koorporasi Usahatani (PKU) dan Pengembangan Industri Pangan Lokal (PIPL).

    Tujuan kegiatan PKU adalah meningkatkan nilai tambah produk komoditas kelompoktani dan kesejahteraan petani.

    Sedangkan PIPL bertujuan untuk meningka...

  • Program Kampung Hijau Sejahtera Sebagai Pengembangan KRPL Kementan Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

    Pandeglang (BKP) - Jawa Barat.  Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja tahun ini meluncurkan sebuah kegiatan bertajuk Kampung Hijau Sejahtera (Kampung Hijrah) pertama kalinya di Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, prorinsi Banten Senin (11/3).

    Kegiatan Kampung Hijrah  bertujuan untuk memanfaatkan dan  menghijaukan pekarangan guna meningkatkan ekonomi produktif keluarga serta pelestarian tanaman lokal.

    Kegiatan ini digagas dan dipelopori oleh OASE KK bidang Lingkungan Hijau (bidang V) yang diketuai oleh Rugaiya Usman Wiranto (Kementerian Koordinator Bidang P...