Gelar Pangan Nusantara 2015

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 16 Sep, 2015

Views: 215

Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. Ir. Amran Sulaiman, MS membuka Gelar Pangan Nusantara 2015 di Padang, Sumatera Barat. Acara tersebut juga dihadiri oleh Pelaksana harian (Plh) Gubernur Sumatera Barat Ali Asmar, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Gardjita Budi, dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumbar Effendi.

Kegiatan ini dilaksanakan di Padang pada tanggal 15-18 September 2015 dan merupakan kerja sama antara Kementerian Pertanian RI dan Pemerintah Provinsi Sumbar. Dalam kegiatan ini tema yang diangkat Strategi Pengembangan Pangan Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Gardjita Budi) mengatakan bahwa, Gelar Pangan Nusantara 2015 sangat strategis dalam mengangkat potensi pangan lokal yang ada di daerah guna mendukung kemandirian dan kedaulatan pangan. Gelar Pangan Nusantara ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap salah satu sumber pangan tertentu. Dengan menkonsumsi pangan lokal, masyarakat akan lebih mengapresiasi pangan dari daerah sendiri dan pentingnya pangan yang beragam bergizi seimbang.

Rangkaian Kegiatan selama Gelar Pangan Nusantara 2015 adalah: Pameran yang menampilkan aneka ragam pangan segar dan olahan yang berasal dari sumber daya lokal di seluruh Nusantara; Workshop dengan Tema “Strategi Pengembangan Pangan Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal” Merupakan kerjasama antara Badan Ketahanan Pangan Kementan dengan Kemenko Bidang Perekonomian Republik Indonesia; Talk Show  dengan tema  “Usaha Pangan Lokal Sebagai Penggerak Ekonomi Daerah” menampilkan pembicara Prof. Ahmad Subagio dan Nurmahmudi Ismail (Walikota Depok) dan Kiat-kiat membangun Bisnis Pangan Lokal, menampilkan pengusaha lokal di Sumatera Barat yang sukses mengembangkan pangan lokal;  Bazar Pangan Murah, menyediakan aneka produk pangan pokok dan strategis bagi pengunjung pameran dengan harga yang relatif murah. Bekerja sama dengan Bulog Mart setempat;  Wisata Edukasi, melibatkan peserta yaitu anak sekolah di wilayah Kota Padang; dan  Demo Masak

Berita Terkait

  • Khawatir Harga Gabah Anjlok, Petani Minta Bulog Lakukan Pembelian Sekarang

    Beberapa daerah sentra produksi beras saat ini sedang panen raya dan mestinya petani bergembira menikmati hasil usahataninya. Namun beberapa petani  mengeluh karena harga jatuh dan Bulog belum bergerak melakukan pembelian.

    Sejumlah petani di daerah sentra produksi yang dihubungi mengeluhkan dan mengharapkan Bulog segera turun tangan melalukan pembelian gabah mereka.

    Lalu Saleh,  petani dari Lombok Barat - Nusa Tenggara Barat mengeluhkan,  sudah seminggu ini harga gabah menyentuh angka Rp. 4.000/kg gabah kering panen (gkp).

    "Sudah seminggu ini harga gabah mencapai 4.000 dan cenderung turun teru...

  • BKP Kementan Tugaskan CPNS Kawal Program PKU dan PIPL

    Setiap tahun Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian mengidentifikasi lokasi-lokasi yang masih terdapat kerentanan pangan di Indonesia dengan basis Kabupaten.

    Setelah berhasil meningkatkan status ketahanan pangan wilayah di 177 kabupaten melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Kawasan Mandiri Pangan, mulai tahun 2019 BKP melakukan intervensi melalui Pengembangan  Koorporasi Usahatani (PKU) dan Pengembangan Industri Pangan Lokal (PIPL).

    Tujuan kegiatan PKU adalah meningkatkan nilai tambah produk komoditas kelompoktani dan kesejahteraan petani.

    Sedangkan PIPL bertujuan untuk meningka...

  • Program Kampung Hijau Sejahtera Sebagai Pengembangan KRPL Kementan Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

    Pandeglang (BKP) - Jawa Barat.  Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja tahun ini meluncurkan sebuah kegiatan bertajuk Kampung Hijau Sejahtera (Kampung Hijrah) pertama kalinya di Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, prorinsi Banten Senin (11/3).

    Kegiatan Kampung Hijrah  bertujuan untuk memanfaatkan dan  menghijaukan pekarangan guna meningkatkan ekonomi produktif keluarga serta pelestarian tanaman lokal.

    Kegiatan ini digagas dan dipelopori oleh OASE KK bidang Lingkungan Hijau (bidang V) yang diketuai oleh Rugaiya Usman Wiranto (Kementerian Koordinator Bidang P...