Dodik Secta B Rindam VII/Wirabuana, Inspirasi Bagi KRPL

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 03 Jun, 2014

Views: 170

Kamis, 22 Mei 2014 - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Prof. Dr. Ir. Achmad Suryana, MS beserta dengan Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Utara Ir. Rene P. Hosang, M.Si dan rombongan melakukan kunjungan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) di sela-sela pelaksanaan Sidang Regional Dewan Ketahanan Pangan (Sireg DKP) Wilayah Timur Tahun 2014. Kunjungan tersebut merupakan side event Sireg DKP yang dilaksanakan di KRPL Kelompok P2KP Persit Kartika Chandra Kirana Ranting III Secata B Kota Bitung yang berlokasi di komplek Secata B (Sekolah Calon Tamtama B) Rindam VII/Wirabuana Kota Bitung, Sulawesi Utara. Kelompok ini merupakan kelompok penerima Bansos P2KP tahun 2013 yang dinilai telah berhasil dalam mengembangkan KRPL di Kota Bitung.

Siang itu rombongan disambut oleh Komandan Dodik Secata B, Letkol Infantri Jimmy Marundu. Beliau merupakan local champion yang selalu memotivasi para anggota kelompok untuk giat mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi. Disampaikan oleh beliau bahwa di awal pelaksanaan kegiatan, Kelompok P2KP Persit Kartika Chandra Kirana Ranting III ini beranggotakan 30 rumah tangga namun saat ini sudah mencapai 115 rumah tangga atau hampir seluruh rumah tangga yang bermukim di komplek ini. Alhasil sejauh ini hasil panen tersebut telah dimanfaatkan sebagai sumber pemenuhan gizi keluarga, sedangkan kelebihannya disisihkan bagi siswa peserta pelatihan di Secta B Rindam VII/Wirabuana.

Dalam pelaksanaan kegiatan KRPL tersebut Komandan Dodik Secata B, Letkol Infantri Jimmy Marundu berperan secara aktif dalam menggerakkan dan memotivasi pelaksanaan kegiatan KRPL ini dengan melibatkan seluruh anggota kesatuan di komplek Secata B ini, terutama melalui inovasi-inovasi optimalisasi pemanfaatan pekarangan yang ia pelajari dari berbagai sumber. Meskipun kondisi iklim dan tanah di lokasi ini cenderung panas, kurang subur dan berpasir, namun dengan teknologi yang tepat dan sederhana serta pemeliharaan secara intensif, sehingga tanaman sayuran di kelompok KRPL ini dapat tumbuh dengan baik, bahkan untuk tanaman yang biasa ditanam di daerah dingin seperti kembang kol dan selada sekalipun. Hal ini dilakukannya disamping untuk menyukseskan kegiatan KRPL, juga sekaligus upaya pemanfaatan lahan kosong dan pemberdayaan waktu luang bagi ibu-ibu tentara di lingkungan Dodik Bitung Rindam VII/Wirabuana.

Pada kesempatan tersebut, anggota Kelompok P2KP Persit Kartika Chandra Kirana Ranting III berkesempatan untuk mendengarkan pemaparan dari Komandan Dodik Secata B, Letkol Infantri Jimmy Marundu serta arahan dari Kepala Badan Ketahanan Pangan mengenai kegiatan manfaat dari KRPL. Dari diskusi tersebut muncul ide untuk mengembangkan kegiatan ini di lingkup TNI/Polri sesuai konsep yang ada di KRPL Persit Kartika Chandra Kirana Ranting III Secata B Kota Bitung. Selanjutnya konsep ini akan dibawa ke tingkatan yang lebih tinggi sehingga dapat memperoleh dukungan yang lebih besar dalam upaya pemenuhan pangan dan gizi masyarakat

Berita Terkait

  • Khawatir Harga Gabah Anjlok, Petani Minta Bulog Lakukan Pembelian Sekarang

    Beberapa daerah sentra produksi beras saat ini sedang panen raya dan mestinya petani bergembira menikmati hasil usahataninya. Namun beberapa petani  mengeluh karena harga jatuh dan Bulog belum bergerak melakukan pembelian.

    Sejumlah petani di daerah sentra produksi yang dihubungi mengeluhkan dan mengharapkan Bulog segera turun tangan melalukan pembelian gabah mereka.

    Lalu Saleh,  petani dari Lombok Barat - Nusa Tenggara Barat mengeluhkan,  sudah seminggu ini harga gabah menyentuh angka Rp. 4.000/kg gabah kering panen (gkp).

    "Sudah seminggu ini harga gabah mencapai 4.000 dan cenderung turun teru...

  • BKP Kementan Tugaskan CPNS Kawal Program PKU dan PIPL

    Setiap tahun Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian mengidentifikasi lokasi-lokasi yang masih terdapat kerentanan pangan di Indonesia dengan basis Kabupaten.

    Setelah berhasil meningkatkan status ketahanan pangan wilayah di 177 kabupaten melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Kawasan Mandiri Pangan, mulai tahun 2019 BKP melakukan intervensi melalui Pengembangan  Koorporasi Usahatani (PKU) dan Pengembangan Industri Pangan Lokal (PIPL).

    Tujuan kegiatan PKU adalah meningkatkan nilai tambah produk komoditas kelompoktani dan kesejahteraan petani.

    Sedangkan PIPL bertujuan untuk meningka...

  • Program Kampung Hijau Sejahtera Sebagai Pengembangan KRPL Kementan Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

    Pandeglang (BKP) - Jawa Barat.  Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja tahun ini meluncurkan sebuah kegiatan bertajuk Kampung Hijau Sejahtera (Kampung Hijrah) pertama kalinya di Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, prorinsi Banten Senin (11/3).

    Kegiatan Kampung Hijrah  bertujuan untuk memanfaatkan dan  menghijaukan pekarangan guna meningkatkan ekonomi produktif keluarga serta pelestarian tanaman lokal.

    Kegiatan ini digagas dan dipelopori oleh OASE KK bidang Lingkungan Hijau (bidang V) yang diketuai oleh Rugaiya Usman Wiranto (Kementerian Koordinator Bidang P...