Dodik Secta B Rindam VII/Wirabuana, Inspirasi Bagi KRPL

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 03 Jun, 2014

Views: 201

Kamis, 22 Mei 2014 - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Prof. Dr. Ir. Achmad Suryana, MS beserta dengan Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Utara Ir. Rene P. Hosang, M.Si dan rombongan melakukan kunjungan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) di sela-sela pelaksanaan Sidang Regional Dewan Ketahanan Pangan (Sireg DKP) Wilayah Timur Tahun 2014. Kunjungan tersebut merupakan side event Sireg DKP yang dilaksanakan di KRPL Kelompok P2KP Persit Kartika Chandra Kirana Ranting III Secata B Kota Bitung yang berlokasi di komplek Secata B (Sekolah Calon Tamtama B) Rindam VII/Wirabuana Kota Bitung, Sulawesi Utara. Kelompok ini merupakan kelompok penerima Bansos P2KP tahun 2013 yang dinilai telah berhasil dalam mengembangkan KRPL di Kota Bitung.

Siang itu rombongan disambut oleh Komandan Dodik Secata B, Letkol Infantri Jimmy Marundu. Beliau merupakan local champion yang selalu memotivasi para anggota kelompok untuk giat mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi. Disampaikan oleh beliau bahwa di awal pelaksanaan kegiatan, Kelompok P2KP Persit Kartika Chandra Kirana Ranting III ini beranggotakan 30 rumah tangga namun saat ini sudah mencapai 115 rumah tangga atau hampir seluruh rumah tangga yang bermukim di komplek ini. Alhasil sejauh ini hasil panen tersebut telah dimanfaatkan sebagai sumber pemenuhan gizi keluarga, sedangkan kelebihannya disisihkan bagi siswa peserta pelatihan di Secta B Rindam VII/Wirabuana.

Dalam pelaksanaan kegiatan KRPL tersebut Komandan Dodik Secata B, Letkol Infantri Jimmy Marundu berperan secara aktif dalam menggerakkan dan memotivasi pelaksanaan kegiatan KRPL ini dengan melibatkan seluruh anggota kesatuan di komplek Secata B ini, terutama melalui inovasi-inovasi optimalisasi pemanfaatan pekarangan yang ia pelajari dari berbagai sumber. Meskipun kondisi iklim dan tanah di lokasi ini cenderung panas, kurang subur dan berpasir, namun dengan teknologi yang tepat dan sederhana serta pemeliharaan secara intensif, sehingga tanaman sayuran di kelompok KRPL ini dapat tumbuh dengan baik, bahkan untuk tanaman yang biasa ditanam di daerah dingin seperti kembang kol dan selada sekalipun. Hal ini dilakukannya disamping untuk menyukseskan kegiatan KRPL, juga sekaligus upaya pemanfaatan lahan kosong dan pemberdayaan waktu luang bagi ibu-ibu tentara di lingkungan Dodik Bitung Rindam VII/Wirabuana.

Pada kesempatan tersebut, anggota Kelompok P2KP Persit Kartika Chandra Kirana Ranting III berkesempatan untuk mendengarkan pemaparan dari Komandan Dodik Secata B, Letkol Infantri Jimmy Marundu serta arahan dari Kepala Badan Ketahanan Pangan mengenai kegiatan manfaat dari KRPL. Dari diskusi tersebut muncul ide untuk mengembangkan kegiatan ini di lingkup TNI/Polri sesuai konsep yang ada di KRPL Persit Kartika Chandra Kirana Ranting III Secata B Kota Bitung. Selanjutnya konsep ini akan dibawa ke tingkatan yang lebih tinggi sehingga dapat memperoleh dukungan yang lebih besar dalam upaya pemenuhan pangan dan gizi masyarakat

Berita Terkait

  • Kementan Gandeng Pemprov Sumut Gelar OP Bawang Putih

    Medan - Untuk meredam melonjaknya harga bawang putih di Sumatera Utara (Sumut) yang sempat menyentuh harga Rp.90.000/kg, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan Operasi Pasar.

    Sebanyak 5 container  masing-masing 29 ton bawang putih impor yang tiba  di Belawan Rabu, (13/4) langsung disebar di berbagai pasar di kota Medan.

    "Operasi pasar ini kami lakukan untuk menstabilkan harga bawang putih di tingkat konsumen yang mengalami tren kenaikan beberapa waktu terakhir," ujar  Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementan Riwantoro saat mel...

  • Kementan Pastikan Pasokan Pangan Pokok Aman Selama Ramadhan dan Iedul Fitri

    Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pasokan pangan pokok selama Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) terutama bulan Ramadhan dan Iedul Fitri 1440 H mencukupi. Kepastian tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementan yang mewakili Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9).

    "Kita sudah cek, kondisi ketersediaan pangan pokok kita aman, baik untuk bulan puasa dan hari raya Iedul Fitri," terang Agung, dalam acara bertajuk 'Pengendalian Harga Pangan' tersebut di Gedung Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)...

  • Harga Cabai Jatuh, Kementan Gerak Cepat Bantu Petani Tuban

    Memasuki panen raya, harga berbagai jenis cabai di Kabupaten Tuban Jawa Timur, khususnya di Kecamatan Grabagan jatuh. Laporan petugas pencatat harga,  Sabtu (11/5), harga cabai rawit merah (CRM) sekitar 4.500/kg dan cabai merah keriting (CMK) Rp 5.500/kg, dari harga seminggu sebelumnya yang berkisar Rp 10.000/kg.

    Merespon kondisi tersebut, Kementerian Pertanian bergerak cepat turun lapangan membeli cabai  petani dengan harga yang lebih mahal, yakni Rp. 8.000/kg untuk mencegah kerugian petani sekaligus  memberi semangat agar petani tetap menanam pada musim berikutnya.

    "Kami bersama-sama turun k...