Capaian Pemerintah di Bidang Pertanian

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 10 Nov, 2017

Views: 423

Bogor, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi membeberkan capaian pemerintah di bidang pertanian tiga tahun terakhir. Dia juga menyampaikan target pemerintah menjadikan Indonesia lumbung pangan dunia. "Apa yang telah kita lakukan tiga tahun terakhir? Ada beberapa yang kita capai. Kita telah mencapai swasembada beras, jagung, bawang, dan cabai. Harga cabai sempat meroket, tapi telah kami selesaikan," kata Agung saat peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat Provinsi Jawa Barat di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Kamis 9 November 2017. "Ini semua bagian dari upaya meningkatkan petani kita," ujar Agung. Menurut Agung, pemerintah berharap HPS bisa menjadi langkah strategis membangun, bahkan membuat produk pertanian surplus dan ekspor ke banyak negara. Peluang ekspor juga diharapkan bisa menarik pemuda aktif dalam pembangunan pertanian. "Mimpi besar sektor pertanian adalah mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada 2045 dan ini perlu didukung semua pihak," katanya.

Perwujudan dari cita-cita itu perlahan terlihat. Tahun ini, Indonesia mampu swasembada jagung, cabai, bawang merah, dan beras. Selanjutnya, pemerintah menargetkan swasembada gula konsumsi dan bawang putih pada 2019, kedelai pada 2020, gula industri pada 2025, dan swasembada dagung sapi pada 2026.

Agung yakin petani di Jawa Barat bisa memberikan kontribusi signifikan untuk mencapai target-target tersebut. "Saya beraharap (perayaan) HPS bisa lebih menumbuhkan semangat kita untuk selalu berkarya dan memberikan dampak positif dalam mendorong peningkatan investasi di Jawa Barat dan nasional."

Sedangkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berharap Indonesia tidak hanya bisa mewujudkan ketahanan pangan, tatapi juga kedaulatan pangan. Masyarakat tidak hanya mampu mencukupi kebutuhan pangan, tapi mampu memproduksi pangan. "Itu tidak berlebihan, karena Indonesia, khusunya Jawa Barat, subur. Kita bersyukur Jawa Barat terlahir sebagai daerah tersubur di Indonesia. Artinya, wajar kalau ketahanan pangannya paling baik," ujar Heryawan dalam kesempatan yang sama.

Berita Terkait

  • Dorong Peningkatan Ekspor, Kementan Berperan Aktif dalam Codex Internasional

    Jakarta, Rabu (26/6). Peran Indonesia dalam perdagangan komoditas pangan internasional terus ditingkatkan. Hal ini diwujudkan dengan keterlibatan aktif Kementerian Pertanian beserta Kementerian/Lembaga lainnya dalam penyusunan dan pengembangan standar, pedoman, code of practice dan rekomendasi lain terkait keamanan dan mutu pangan hasil pertanian yang berlaku secara internasional dalam wadah Codex Alimentarius Commission (CAC), atau disingkat Codex.


    Dalam Rapat Komite Nasional Codex Indonesia ke-2 tahun 2019 yang digelar di Jakarta, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertani...

  • BKP Kementan Kembangkan Korporasi Usahatani Untuk Entaskan Kemiskinan dan Kerawanan Pangan

    Kegiatan Korporasi Usahatani (PKU) yang  dikembangkan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan kegiatan strategis untuk mengentaskan kemiskinan dan kerawanan pangan.


    "Masuknya kegiatan PKU di Desa Pagerharjo ini diharapkan akan mempercepat pengentasan kemiskinan dan kerawanan pangan di pedesaan," ujar Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan  BKP, Andriko Noto Susanto di Lokasi PKU di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta (23/06).


    Berdasarkan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (Food Security and Vulnerability ...

  • Kepala BKP Kementan : KRPL Harus Berkelanjutan!

    BALI - Untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga sejak tahun 2015 Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di seluruh Indonesia.


    "KRPL ini sangat strategis tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga," ujar Kepala BKP Agung Hendriadi, saat mengunjungi KRPL di Taro kecamatan Tegallalang, Gianyar Bali, Sabtu (22/6/2019).


    Lebih lanjut Agung mengatakan bahwa keberlanjutan KRPL sangat penting, karena itu Kebun Bibit Desa (KBD) harus terus dikem...