Bulog Siap Serap Gabah Petani di Kendal

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 19 Mar, 2018

Views: 280

Hingga akhir Februari 2018 sejumlah kecamatan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah yakni Cepiring, Pegandon dan Patebon memiliki potensi panen tidak kurang dari 2000 hektar.

Dalam upaya memantapkan Serapan Gabah Petani (SERGAP) tahun ini, Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi bersama Perwakilan Bulog Divre Jawa Tengah Rahayu melakukan koordinasi dan turun ke lapangan untuk memastikan peluang penyerapan gabah atau beras oleh BULOG di Kabupaten Kendal.

Pada Februari ini, target penyerapan BULOG untuk Provinsi Jawa Tengah adalah 82 ribu ton (28,9%) dari 284 ribu ton gabah hingga akhir bulan Juni 2018.

Semat, salah seorang petani Di Desa Pucangrejo, Kecamatan Pegadon mengungkapkan kegembiraan nya dengan keberhasilan panen kali ini dengan harga jual yang memuaskan yaitu Rp. 4.500 per kg.

"Saya senang dan siap membantu BULOG" ujar nya pada saat melakukan panen.

Bak gayung bersambut perwakilan BULOG Divre Jateng mengaku siap dan bersedia membeli gabah petani berapapun jumlahnya.

 Masih dalam rangkaian kunjungan kerja, Agung Hendriadi bersama Bulog Divre Jateng melakukan peninjauan ke penggilingan di Desa Jambuarum, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal. Seperti di wilayah kecamatan sekitarnya, harga gabah dan beras di penggilingan ini juga cukup kompetitif dengan harga GKP berkisar Rp. 4.400 hingga Rp. 4.600/kg, sedangkan untuk beras kualitas medium antara Rp. 10.400 - Rp. 10.500/kg.

Berita Terkait

  • Dorong Peningkatan Ekspor, Kementan Berperan Aktif dalam Codex Internasional

    Jakarta, Rabu (26/6). Peran Indonesia dalam perdagangan komoditas pangan internasional terus ditingkatkan. Hal ini diwujudkan dengan keterlibatan aktif Kementerian Pertanian beserta Kementerian/Lembaga lainnya dalam penyusunan dan pengembangan standar, pedoman, code of practice dan rekomendasi lain terkait keamanan dan mutu pangan hasil pertanian yang berlaku secara internasional dalam wadah Codex Alimentarius Commission (CAC), atau disingkat Codex.


    Dalam Rapat Komite Nasional Codex Indonesia ke-2 tahun 2019 yang digelar di Jakarta, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertani...

  • BKP Kementan Kembangkan Korporasi Usahatani Untuk Entaskan Kemiskinan dan Kerawanan Pangan

    Kegiatan Korporasi Usahatani (PKU) yang  dikembangkan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan kegiatan strategis untuk mengentaskan kemiskinan dan kerawanan pangan.


    "Masuknya kegiatan PKU di Desa Pagerharjo ini diharapkan akan mempercepat pengentasan kemiskinan dan kerawanan pangan di pedesaan," ujar Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan  BKP, Andriko Noto Susanto di Lokasi PKU di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta (23/06).


    Berdasarkan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (Food Security and Vulnerability ...

  • Kepala BKP Kementan : KRPL Harus Berkelanjutan!

    BALI - Untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga sejak tahun 2015 Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di seluruh Indonesia.


    "KRPL ini sangat strategis tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga," ujar Kepala BKP Agung Hendriadi, saat mengunjungi KRPL di Taro kecamatan Tegallalang, Gianyar Bali, Sabtu (22/6/2019).


    Lebih lanjut Agung mengatakan bahwa keberlanjutan KRPL sangat penting, karena itu Kebun Bibit Desa (KBD) harus terus dikem...