BNI Dukung Program Kementan Melalui KUR

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 22 Oct, 2017

Views: 258

Bank Negara Indonesia (BNI) Kalimantan Barat mendukung sejumlah program Kementerian Pertanian dalam mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia dan langkah yang dilakukan, antara lain, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"KUR yang kita berikan saat ini sasarannya adalah para petani. Hal itu dilakukan untuk ikut berpartisipasi bisa mewujudkan Indonesia berdaulat atas pangan," ujar Head of Network and Services Bank Negara Indonesia (BNI), Suhardi Petrus di Pontianak, Rabu 18 Oktober 2017. Pada puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2017 di Indonesia yang dipusatkan di Markas Kodam XII Tanjungpura, Kubu Raya, Kalbar, pihaknya secara simbolis menyerahkan KUR kepada petani yang menerima fasilitas kredit tersebut.

Penyaluran tersebut diberikan kepada petani jagung Desa Rasau Jaya, petani kucai Desa Siantan Hilir, pengolah makanan ringan Desa Pal 5, petani jamur Desa Siantan Hulu dan pengelola perikanan air tawar Desa Ambangah.

Nominal Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan tersebut berkisar dari Rp 5 juta hingga Rp. 500 juta. "Penyerahan secara simbolis KUR BNI kepada petani dan peternak dalam bidang pangan di peringatan HPS 2017 oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Bapak Agung Hendriadi," kata dia.

Suhardi menyebutkan saat ini penyaluran KUR BNI di Kalbar telah menembus angka Rp. 253 miliar yang diberikan kepada kurang lebih 2.156 debitur.

"Untuk Pontianak sendiri, BNI Cabang Pontianak sudah menyalurkan KUR dengan nominal lebih dari Rp. 36 miliar," kata dia. Dalam HPS yang dibuka langsung oleh Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman tersebut BNI juga mempromosikan produk mitra binaannya antara lain produk aloevera, kopi dari Arya Cipta Mandiri Pontianak, Amplang Tiffani, Kerupuk Pisang Selembe, Kremes Cakar Mas dan Stik Talas Mbak Tum.

Selain itu BNI juga menggandeng Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Sejahtera yang berasal dari Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang yang memproduksi cemilan stick susu. "Kita ajak pengunjung singgah ke Stan BNI akan mendapatkan cinderamata dengan mengikuti permainan dan pembebasan biaya administrasi untuk pengunjung yang mengajukan KUR selama pameran berlangsung," kata dia. Sumber : Antara Kalbar

Berita Terkait

  • Khawatir Harga Gabah Anjlok, Petani Minta Bulog Lakukan Pembelian Sekarang

    Beberapa daerah sentra produksi beras saat ini sedang panen raya dan mestinya petani bergembira menikmati hasil usahataninya. Namun beberapa petani  mengeluh karena harga jatuh dan Bulog belum bergerak melakukan pembelian.

    Sejumlah petani di daerah sentra produksi yang dihubungi mengeluhkan dan mengharapkan Bulog segera turun tangan melalukan pembelian gabah mereka.

    Lalu Saleh,  petani dari Lombok Barat - Nusa Tenggara Barat mengeluhkan,  sudah seminggu ini harga gabah menyentuh angka Rp. 4.000/kg gabah kering panen (gkp).

    "Sudah seminggu ini harga gabah mencapai 4.000 dan cenderung turun teru...

  • BKP Kementan Tugaskan CPNS Kawal Program PKU dan PIPL

    Setiap tahun Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian mengidentifikasi lokasi-lokasi yang masih terdapat kerentanan pangan di Indonesia dengan basis Kabupaten.

    Setelah berhasil meningkatkan status ketahanan pangan wilayah di 177 kabupaten melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Kawasan Mandiri Pangan, mulai tahun 2019 BKP melakukan intervensi melalui Pengembangan  Koorporasi Usahatani (PKU) dan Pengembangan Industri Pangan Lokal (PIPL).

    Tujuan kegiatan PKU adalah meningkatkan nilai tambah produk komoditas kelompoktani dan kesejahteraan petani.

    Sedangkan PIPL bertujuan untuk meningka...

  • Program Kampung Hijau Sejahtera Sebagai Pengembangan KRPL Kementan Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

    Pandeglang (BKP) - Jawa Barat.  Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja tahun ini meluncurkan sebuah kegiatan bertajuk Kampung Hijau Sejahtera (Kampung Hijrah) pertama kalinya di Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, prorinsi Banten Senin (11/3).

    Kegiatan Kampung Hijrah  bertujuan untuk memanfaatkan dan  menghijaukan pekarangan guna meningkatkan ekonomi produktif keluarga serta pelestarian tanaman lokal.

    Kegiatan ini digagas dan dipelopori oleh OASE KK bidang Lingkungan Hijau (bidang V) yang diketuai oleh Rugaiya Usman Wiranto (Kementerian Koordinator Bidang P...