BNI Dukung Program Kementan Melalui KUR

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 22 Oct, 2017

Views: 345

Bank Negara Indonesia (BNI) Kalimantan Barat mendukung sejumlah program Kementerian Pertanian dalam mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia dan langkah yang dilakukan, antara lain, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"KUR yang kita berikan saat ini sasarannya adalah para petani. Hal itu dilakukan untuk ikut berpartisipasi bisa mewujudkan Indonesia berdaulat atas pangan," ujar Head of Network and Services Bank Negara Indonesia (BNI), Suhardi Petrus di Pontianak, Rabu 18 Oktober 2017. Pada puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2017 di Indonesia yang dipusatkan di Markas Kodam XII Tanjungpura, Kubu Raya, Kalbar, pihaknya secara simbolis menyerahkan KUR kepada petani yang menerima fasilitas kredit tersebut.

Penyaluran tersebut diberikan kepada petani jagung Desa Rasau Jaya, petani kucai Desa Siantan Hilir, pengolah makanan ringan Desa Pal 5, petani jamur Desa Siantan Hulu dan pengelola perikanan air tawar Desa Ambangah.

Nominal Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan tersebut berkisar dari Rp 5 juta hingga Rp. 500 juta. "Penyerahan secara simbolis KUR BNI kepada petani dan peternak dalam bidang pangan di peringatan HPS 2017 oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Bapak Agung Hendriadi," kata dia.

Suhardi menyebutkan saat ini penyaluran KUR BNI di Kalbar telah menembus angka Rp. 253 miliar yang diberikan kepada kurang lebih 2.156 debitur.

"Untuk Pontianak sendiri, BNI Cabang Pontianak sudah menyalurkan KUR dengan nominal lebih dari Rp. 36 miliar," kata dia. Dalam HPS yang dibuka langsung oleh Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman tersebut BNI juga mempromosikan produk mitra binaannya antara lain produk aloevera, kopi dari Arya Cipta Mandiri Pontianak, Amplang Tiffani, Kerupuk Pisang Selembe, Kremes Cakar Mas dan Stik Talas Mbak Tum.

Selain itu BNI juga menggandeng Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Sejahtera yang berasal dari Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang yang memproduksi cemilan stick susu. "Kita ajak pengunjung singgah ke Stan BNI akan mendapatkan cinderamata dengan mengikuti permainan dan pembebasan biaya administrasi untuk pengunjung yang mengajukan KUR selama pameran berlangsung," kata dia. Sumber : Antara Kalbar

Berita Terkait

  • Dorong Peningkatan Ekspor, Kementan Berperan Aktif dalam Codex Internasional

    Jakarta, Rabu (26/6). Peran Indonesia dalam perdagangan komoditas pangan internasional terus ditingkatkan. Hal ini diwujudkan dengan keterlibatan aktif Kementerian Pertanian beserta Kementerian/Lembaga lainnya dalam penyusunan dan pengembangan standar, pedoman, code of practice dan rekomendasi lain terkait keamanan dan mutu pangan hasil pertanian yang berlaku secara internasional dalam wadah Codex Alimentarius Commission (CAC), atau disingkat Codex.


    Dalam Rapat Komite Nasional Codex Indonesia ke-2 tahun 2019 yang digelar di Jakarta, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertani...

  • BKP Kementan Kembangkan Korporasi Usahatani Untuk Entaskan Kemiskinan dan Kerawanan Pangan

    Kegiatan Korporasi Usahatani (PKU) yang  dikembangkan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan kegiatan strategis untuk mengentaskan kemiskinan dan kerawanan pangan.


    "Masuknya kegiatan PKU di Desa Pagerharjo ini diharapkan akan mempercepat pengentasan kemiskinan dan kerawanan pangan di pedesaan," ujar Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan  BKP, Andriko Noto Susanto di Lokasi PKU di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta (23/06).


    Berdasarkan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (Food Security and Vulnerability ...

  • Kepala BKP Kementan : KRPL Harus Berkelanjutan!

    BALI - Untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga sejak tahun 2015 Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di seluruh Indonesia.


    "KRPL ini sangat strategis tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga," ujar Kepala BKP Agung Hendriadi, saat mengunjungi KRPL di Taro kecamatan Tegallalang, Gianyar Bali, Sabtu (22/6/2019).


    Lebih lanjut Agung mengatakan bahwa keberlanjutan KRPL sangat penting, karena itu Kebun Bibit Desa (KBD) harus terus dikem...