BKP Kementan Pantau Harga dan Pasokan Pangan Strategis Jelang Natal dan Tahun Baru di Sumut

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 13 Dec, 2018

Views: 352

Demikian hasil pemantauan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian bersama-sama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara, Kamis (13/12).

Pemantauan dilakukan di Pasar Pusat dan Pasar Petisah oleh Kepala Bidang Keterserdiaan Pangan, Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan BKP, Rachmi Widiriani, dan Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Ketahanan dan Peternakan Sumut Ahmad Safrie Nasution, serta Kepala Pasar Pusat Idham Siregar.

"Dari pemantauan yang kami lakukan harga komoditas pangan strategis, terutana daging sapi, telur dan daging ayam ras meski ada kenaikan tapi masih stabil dan tidak bergejolak. Pasokan dan ketersediannya juga cukup," ujar Rachmi.

Terbukti dari hasil pantuan, untuk beberapa komoditas seperti

daging ayam ras Rp. 28.000 - /kg. Ada kenaikan harga dari minggu lalu yang sebelumnya Rp. 27.000 /kg. Namun harga masih dibawah HAP/Harga Acuan Pemerintah untuk daging ayam Rp. 34.000/kg.

Harga telur ayam ras dijual Rp. 1.200 sampai Rp. 1.400 perbutir jika di konversi ke kilogram Rp 21.600 - 22.400 /kg . Adanya kenaikan bertahap namun harga tetap stabil, pasar masih bisa menyerap.

"Kenaikan harga telur sekitar akhir november hanya Rp. 50 - 100 perbutir, dan itu tidak berpengaruh terhadap penjualan" Ahcuan Pedagang telur di Pasar Petisah.

"Masyarakat dapat memilih ukuran telur yang kecil atau besar. Dari sisi stok, telur ini melimpah. Harga stabil masih dibawah HAP telur yaitu rp. 23.000"ujar rachmi.

Beras premium Rp 13.000/kg, beras medium Rp 11.000 /kg, beras termurah Rp 10.500 /kg. Harga relatif stabil HET beras untuk Sumatera Utara, beras medium Rp. 9.950/kg dan premium Rp. 13.300 /kg.

Untuk komoditas hortikultura seperti harga cabai merah keriting sekitar Rp 18.000 /kg , bawang merah Rp 22.000 - 28.000 /kg, sedangkan HAP bawang merah Rp. 32.000/kg.

Komoditas peternakan seperti daging sapi lokal segar dikisaran Rp 110.000 /kg dan Rp. 80.000 /Kg untuk daging sapi beku. Harga stabil sejak idulfitri 2018.

Menurut Agus, salah satu pedagang sapi menyatakan bahwa daging yg dijual itu bervariasi. Masyarakat mempunyai pilihan untuk memilih daging segar ataupun beku sekaligus menjaga omset perdagangan.

"Kenaikan harga terjadi menjelang tahun baru karena saat natal masyarakat Sumut lebih fokus melaksakan ibadah" terang Ahmad Syafri Nasution.

Adapun upaya yang akan dilakukan untuk menjaga ketersediaan dan stabilitasasi harga pangan diantaranya, rapat koordinasi dengan pemprov, dinas pangan, dinas perdagangan, Satgas pangan dan stakeholder terkait. selain itu juga digelar pasar murah di tingkat kelurahan dan pemantauan harga pangan strategis di beberapa pasar besar di kota medan dan sekitarnya.

Berita Terkait

  • Kementan Gandeng Pemprov Sumut Gelar OP Bawang Putih

    Medan - Untuk meredam melonjaknya harga bawang putih di Sumatera Utara (Sumut) yang sempat menyentuh harga Rp.90.000/kg, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan Operasi Pasar.

    Sebanyak 5 container  masing-masing 29 ton bawang putih impor yang tiba  di Belawan Rabu, (13/4) langsung disebar di berbagai pasar di kota Medan.

    "Operasi pasar ini kami lakukan untuk menstabilkan harga bawang putih di tingkat konsumen yang mengalami tren kenaikan beberapa waktu terakhir," ujar  Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementan Riwantoro saat mel...

  • Kementan Pastikan Pasokan Pangan Pokok Aman Selama Ramadhan dan Iedul Fitri

    Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pasokan pangan pokok selama Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) terutama bulan Ramadhan dan Iedul Fitri 1440 H mencukupi. Kepastian tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementan yang mewakili Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9).

    "Kita sudah cek, kondisi ketersediaan pangan pokok kita aman, baik untuk bulan puasa dan hari raya Iedul Fitri," terang Agung, dalam acara bertajuk 'Pengendalian Harga Pangan' tersebut di Gedung Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)...

  • Harga Cabai Jatuh, Kementan Gerak Cepat Bantu Petani Tuban

    Memasuki panen raya, harga berbagai jenis cabai di Kabupaten Tuban Jawa Timur, khususnya di Kecamatan Grabagan jatuh. Laporan petugas pencatat harga,  Sabtu (11/5), harga cabai rawit merah (CRM) sekitar 4.500/kg dan cabai merah keriting (CMK) Rp 5.500/kg, dari harga seminggu sebelumnya yang berkisar Rp 10.000/kg.

    Merespon kondisi tersebut, Kementerian Pertanian bergerak cepat turun lapangan membeli cabai  petani dengan harga yang lebih mahal, yakni Rp. 8.000/kg untuk mencegah kerugian petani sekaligus  memberi semangat agar petani tetap menanam pada musim berikutnya.

    "Kami bersama-sama turun k...