Bimtek Konsumsi B2SA

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 04 Apr, 2018

Views: 220

Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparat Dalam Pengembangan Konsumsi Pangan B2SA dan Analisis Konsumsi Pangan


Guna meningkatkan kapasitas aparat dalam penerapan pola konsumsi pangan B2SA dan dalam menyediakan data/informasi konsumsi pangan, Badan Ketahanan Pangan – Kementerian Pertanian menyelenggarakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparat Dalam Pengembangan Konsumsi Pangan B2SA dan Analisis Konsumsi Pangan Berbasis Pola Pangan Harapan (PPH) pada tanggal 4-6 April 2018 di Bogor.


Pada kesempatan ini Kepala Badan Ketahanan Pangan, Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng membuka acara dan memberikan arahan kepada peserta yang berjumlah  200 peserta dari 34 provinsi dan berbagai kab/kota.


Dalam arahan Beliau disampaikan bahwa kegiatan Bimtek ini sejalan dengan program nasional dalam penanganan stunting, yaitu meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat. Kabadan juga menekankan agar Instansi/Dinas yang menangani ketahanan pangan di provinsi dan kab/kota menggiatkan: 1) Kampanye tentang konsumsi makanan yang B2SA dan 2) Diversifkasi pangan dengan pangan lokal.  


Kementerian Pertanian Cq. Badan Ketahanan Pangan terlibat dalam pelaksanaan intervensi gizi sensitif guna percepatan penurunan stunting, melalui penyediaan pangan yang beragam dan peningkatan konsumsi pangan keluarga, dalam bentuk kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan Diversifikasi Pangan.

Berita Terkait

  • BKP Kementan Dorong Perum Bulog Subdivre Subang dan Subdivre Indramayu Tingkatkan Serapan Gabah

    Untuk meningkatkan serapan gabah/beras (sergap) petani oleh Bulog untuk mengisi cadangan beras pemerintah, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi memimpin Rapat Koordinasi Sergap di Kantor Sub Divre Bulog Subang, Rabu (18/7).


    "Pertemuan ini sangat penting untuk mempercepat serapan gabah/beras petani, sehingga bisa memenuhi target yang ditetapkan," kata Agung.


    Agung yang juga Ketua I Pelaksana Sergap menambahkan,  serapan beras subdrive Subang dan Indramayu masih dibawah target harian, untuk itu perlu kerja keras  mendorong pencapaian target.


    Targ...

  • Kepala BKP Kementan Pimpin Rakor Sergap di Sumatera Selatan

    Dalam upaya percepatan serapan gabah petani (sergap) Kepala Badan Ketahanan Pangan,  Agung Hendriadi meminta Tim Sergap untuk bekerja keras dan terus melakukan kegiatan dilapangan.


    "Sampai saat ini realisasi serapan beras sub divre Bulog Sumatera Selatan baru mencapai 5.930 ton dari target 67.623 ton. Jumlah pengadaan beras harus bisa lebih tinggi lagi, dan dapat dicapai dengan kerja keras serta turun langsung ke lapangan," Ujar Agung dalam arahannya pada Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Serap Gabah/Beras di Divre Bulog Sumatera Selatan, Selasa (17/7/2018).


    "Sergap ini untuk men...

  • Serap Gabah Untuk isi Cadangan Beras Pemerintah

    Tim  Sergap (serap gabah petani) terus mendorong pemenuhan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di berbagai sentra produksi padi melalui kerja sama dengan Mitra Perum BULOG. Hal ini gencar dilakukan sebagai upaya akselerasi percepatan pencapaian target pada periode Juli - Agustus 2018.


    Menurut Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian, Benny Rachman, untuk mengejar ketertinggalan capaian pengadaan beras, perlu partisipasi semua pihak, terutama dari Mitra Perum BULOG.


    "Kami mohon kontribusi dari para Mitra untuk berpartisipasi memperkuat cadang...