Bimtek Konsumsi B2SA

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 04 Apr, 2018

Views: 350

Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparat Dalam Pengembangan Konsumsi Pangan B2SA dan Analisis Konsumsi Pangan


Guna meningkatkan kapasitas aparat dalam penerapan pola konsumsi pangan B2SA dan dalam menyediakan data/informasi konsumsi pangan, Badan Ketahanan Pangan – Kementerian Pertanian menyelenggarakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparat Dalam Pengembangan Konsumsi Pangan B2SA dan Analisis Konsumsi Pangan Berbasis Pola Pangan Harapan (PPH) pada tanggal 4-6 April 2018 di Bogor.


Pada kesempatan ini Kepala Badan Ketahanan Pangan, Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng membuka acara dan memberikan arahan kepada peserta yang berjumlah  200 peserta dari 34 provinsi dan berbagai kab/kota.


Dalam arahan Beliau disampaikan bahwa kegiatan Bimtek ini sejalan dengan program nasional dalam penanganan stunting, yaitu meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat. Kabadan juga menekankan agar Instansi/Dinas yang menangani ketahanan pangan di provinsi dan kab/kota menggiatkan: 1) Kampanye tentang konsumsi makanan yang B2SA dan 2) Diversifkasi pangan dengan pangan lokal.  


Kementerian Pertanian Cq. Badan Ketahanan Pangan terlibat dalam pelaksanaan intervensi gizi sensitif guna percepatan penurunan stunting, melalui penyediaan pangan yang beragam dan peningkatan konsumsi pangan keluarga, dalam bentuk kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan Diversifikasi Pangan.

Berita Terkait

  • Kepala BKP Kementan : Kembangkan Pangan Lokal secara Komersil


    "Mulai tahun depan,  saya usulkan agar nilai komersil pangan lokal yang dilombakan  menjadi kriteria utama untuk menentukan  pemenangnya," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi, saat memberikan sambutan Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Berimbang dan Aman Berbasis Sumberdaya Lokal, di halaman perkantoran pemerintah provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Rabu (17/10).


    Menurut Agung, nilai komersil tersebut sangat beralasan, agar pengolahan menu makanan dari bahan pangan lokal tidak berhenti sampai dilomba.


    "Lomba ini bagus...

  • Kepala BKP Kementan Terima Petani Muda Korea, untuk Jajaki Korporasi Petani

    Kepala Badan Ketahanan (BKP) Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) menerima kunjungan dari _Korea Young Farmers_  di Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Bogor, Rabu (1010).


    Kunjungan ini bertujuan menjajaki kerjasama dalam pengembangan usahatani, terutama transfer teknologi budidaya sampai proses pengemasan produk.


    Untuk melihat kondisi lapangan, perwakilan dari para petani muda Korea juga mengunjungi salah satu gabungan kelompok tani (gapoktan) di Kab Cianjur, Jawa Barat  yang telah mengembangkan budidaya hortikultura.


    Dari hasil kunjungan tersebut,...

  • Kepala BKP Kementan dan Bupati Lamongan Panen Raya Jagung


    Ditengah hangatnya isu dorongan impor jagung, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi dan Bupati Lamongan Fadeli justru melakukan panen raya jagung di Desa Kakat Penjalin Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kamis (11/10).


    "Produksi jagung kita sangat banyak, bahkan dalam pemantauan panen di Kabupaten Tuban dan Kabupaten Jombang pada dua hari sebelumnya, panen jagung masih dan sedang berlangsung, masing-masing sekitar 8 ribu ha dan 5 ribu ha," ujar Agung.


    Melihat kondisi tersebut, menurut Agung,  para pelaku usaha pakan ternak mestinya...