Bimtek Konsumsi B2SA

Diterbitkan pada Berita Umum Pada 04 Apr, 2018

Views: 469

Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparat Dalam Pengembangan Konsumsi Pangan B2SA dan Analisis Konsumsi Pangan


Guna meningkatkan kapasitas aparat dalam penerapan pola konsumsi pangan B2SA dan dalam menyediakan data/informasi konsumsi pangan, Badan Ketahanan Pangan – Kementerian Pertanian menyelenggarakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparat Dalam Pengembangan Konsumsi Pangan B2SA dan Analisis Konsumsi Pangan Berbasis Pola Pangan Harapan (PPH) pada tanggal 4-6 April 2018 di Bogor.


Pada kesempatan ini Kepala Badan Ketahanan Pangan, Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng membuka acara dan memberikan arahan kepada peserta yang berjumlah  200 peserta dari 34 provinsi dan berbagai kab/kota.


Dalam arahan Beliau disampaikan bahwa kegiatan Bimtek ini sejalan dengan program nasional dalam penanganan stunting, yaitu meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat. Kabadan juga menekankan agar Instansi/Dinas yang menangani ketahanan pangan di provinsi dan kab/kota menggiatkan: 1) Kampanye tentang konsumsi makanan yang B2SA dan 2) Diversifkasi pangan dengan pangan lokal.  


Kementerian Pertanian Cq. Badan Ketahanan Pangan terlibat dalam pelaksanaan intervensi gizi sensitif guna percepatan penurunan stunting, melalui penyediaan pangan yang beragam dan peningkatan konsumsi pangan keluarga, dalam bentuk kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan Diversifikasi Pangan.

Berita Terkait

  • Kepala BKP Kementan: Dengan bersinergi, Target Sergap 1,5 juta Ton akan Tercapai

    Jakarta – Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Serapan Gabah/Beras Petani (Sergap) tahun 2019 di Kantor Perum BULOG, Senin (7/1). Rakor bertujuan untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan Sergap tahun 2019, khususnya dalam menghadapi puncak musim panen yang diperkirakan pada Maret hingga April 2019.


    "Pada bulan Januari hingga Maret 2019 terdapat potensi produksi beras sebesar 12,5 juta ton, sedangkan kebutuhan konsumsi masyarakat untuk tiga bulan  hanya sebesar 7,5 juta ton, sehingga diperkirakan akan ada surplus beras...

  • Peran Sektor Pertanian Dalam Pengendalian Inflasi

    Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi dan andil kelompok pengeluaran bahan makanan dalam empat tahun terakhir mengalami penurunan yang cukup signifikan. Pada tahun 2017 merupakan tingkat inflasi terendah sepanjang sejarah yaitu 1,26%.

    Sedangkan andil pengeluaran bahan makanan terhadap inflasi di tahun yang sama terendah sepanjang 2014-2018 yaitu 0,26%.


    "Hal ini tentunya tidak terlepas dari peran sektor pertanian dalam upaya pengendalian inflasi," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi, pada acara Bincang Asyik Pertanian Indonesia

    di Kementerian Pe...

  • Kepala BKP Kementan : Pemerintah Hadir Untuk Stabilkan Harga Telur

    Harga telur ayam ras di DKI selama satu bulan terakhir menunjukkan tren kenaikan. Di beberapa lokasi, harga telur sudah mencapai Rp 27.000 - 28.000 per kg. Hal ini antara lain disebabkan, meningkatnya konsumsi telur karena memasuki natal dan tahun baru untuk membuat kue,  dan makanan.

    Untuk merespon hal tersebut, Badan Ketahanan Pangan (BKP)  Kementerian Pertanian kembali mengadakan Gelar Telur Murah (GTM), sebagai upaya turut menstabilkan harga  telur menghadapi Tahun Baru 2019. Kegiatan ini bekerjasama dengan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, PT. Food Station, PD.Pasar Jaya, PT.Puri Far...