Badan Ketahanan Pangan Menghadiri RDP Dengan Komisi IV DPR RI

Badan Ketahanan Pangan - Kementerian Pertanian bersama perwakilan Walikota Jakarta Barat, Walikota Bekasi, Walikota Bandung, Walikota Surabaya, Walikota Makassar, dan Direktur Utama Perum Bulog menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada tanggal 25 April 2017, bertempat di Ruang Rapat Komisi IV DPR - RI, Gedung Nusantara Jl. Jend. Gatot Subroto - Jakarta, dengan agenda pembahasan Program dan Strategi Ketahanan Pangan dan Penyaluran Rastra. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI (Dr. Ir. Herman Khaeron, M.Si). Badan Ketahanan Pangan dihadiri oleh Plt. Kepala Badan Ketahanan Pangan (Dr. Ir. Spudnik Sujono Kamino, MM), serta Pejabat Eselon II, III dan IV lingkup Badan Ketahanan Pangan. Tujuan rapat adalah memberikan informasi mengenai: (1) pembangunan ketahanan pangan oleh pemerintah; (2) Mendapatkan informasi tentang sistem ketahanan pangan pemerintah kota. Dari hasil rapat dengan Komisi IV DPR RI menghasilkan keputusan antara lain:

  1. Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI untuk melakukan koordinasi dan perencanaan sistem ketahanan pangan di seluruh Pemerintah Kota yang bukan merupakn daerah produksi pangan.
  2. Perum BULOG untuk membuat kesepakatan kerjasama dengan seluruh Pemerintah Kota untuk membangun kerjasama pendistribusian pangan dalam rangka menjamin ketersediaan dan keterjangkauan pangan.
  3. Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI, Perum BULOG, dan Pemerintah Kota Jakarta Barat, Bekasi, Bandung, Surabaya, Makassar, dan kota lainnya untuk membuat pilot project terhadap strategi ketahanan pangan dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan yang aman, cukup dan terjangkau.
  4. Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI dan Perum BULOG untuk mempersiapkan kajian dan strategi ketahanan pangan di perkotaan, termasuk kesiapan pilot project dalam jangka waktu 1 (satu) bulan.