Kepala BKP Kementan : Kembangkan Pangan Lokal secara Komersil

Posted in Berita Umum on Oct 17, 2018


"Mulai tahun depan,  saya usulkan agar nilai komersil pangan lokal yang dilombakan  menjadi kriteria utama untuk menentukan  pemenangnya," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi, saat memberikan sambutan Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Berimbang dan Aman Berbasis Sumberdaya Lokal, di halaman perkantoran pemerintah provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Rabu (17/10).


Menurut Agung, nilai komersil tersebut sangat beralasan, agar pengolahan menu makanan dari bahan pangan lokal tidak berhenti sampai dilomba.


"Lomba ini bagus...

Kepala BKP Kementan Terima Petani Muda Korea, untuk Jajaki Korporasi Petani

Posted in Berita Umum on Oct 15, 2018

Kepala Badan Ketahanan (BKP) Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) menerima kunjungan dari _Korea Young Farmers_  di Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Bogor, Rabu (1010).


Kunjungan ini bertujuan menjajaki kerjasama dalam pengembangan usahatani, terutama transfer teknologi budidaya sampai proses pengemasan produk.


Untuk melihat kondisi lapangan, perwakilan dari para petani muda Korea juga mengunjungi salah satu gabungan kelompok tani (gapoktan) di Kab Cianjur, Jawa Barat  yang telah mengembangkan budidaya hortikultura.


Dari hasil kunjungan tersebut,...

Kepala BKP Kementan dan Bupati Lamongan Panen Raya Jagung

Posted in Berita Umum on Oct 11, 2018


Ditengah hangatnya isu dorongan impor jagung, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi dan Bupati Lamongan Fadeli justru melakukan panen raya jagung di Desa Kakat Penjalin Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kamis (11/10).


"Produksi jagung kita sangat banyak, bahkan dalam pemantauan panen di Kabupaten Tuban dan Kabupaten Jombang pada dua hari sebelumnya, panen jagung masih dan sedang berlangsung, masing-masing sekitar 8 ribu ha dan 5 ribu ha," ujar Agung.


Melihat kondisi tersebut, menurut Agung,  para pelaku usaha pakan ternak mestinya...

Kepala BKP dan Atase Pertanian Jepang bahas Isu Ketahanan Pangan

Posted in Berita Umum on Oct 09, 2018

Dalam rangka membahas situasi, kebijakan serta isu-isu pangan dan pertanian di Indonesia, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi menerima kunjungan Atase Pertanian Jepang untuk Indonesia Mr. Yusuke Shimizu di Jakarta (9/10).

Pada kesempatan ini, Kepala BKP menjelaskan tentang upaya-upaya yang telah dan akan dilakukan oleh Kementerian Pertanian untuk menjamin ketersediaan pangan yang cukup dan stabilitas harga pangan.

“Beberapa terobosan yang sudah dilakukan termasuk target capaian adalah kebijakan pengurangan impor 9 komoditas yakni daging sapi, gula tebu, susu sapi, kapas, kedela...

Produksi Pertanian Setiap Tahun Meningkat

Posted in Berita Umum on Sep 24, 2018


"Melalui berbagai kegiatan yang kami lakukan, data menunjukkan tiap tahun produksi pertanian meningkat, sehingga pangan kita cukup terutama beras," ujar Kepala Badan Ketahanan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi dalam Rountable Ketahanan pangan Nasional tahun 2019 di Menara Kadin Indonesia, Senin (24/9).


Dalam acara yang penyelenggaraannya bertepatan dengan Hari Tani Indonesia ini, Agung tampil mewakili Menteri Pertanian.


Dalam paparannya Agung menjelaskan beberapa produksi pertanian  meningkat,  eksport pangan juga meningkat.


Selain itu, menurut Agung, Kementan juga...

Kawasan Mandiri Pangan Kementan dapat Meningkatkan Pendapatan dan Entaskan Kemiskinan

Posted in Berita Umum on Sep 22, 2018


"Melalui pemberdayaan masyarakat dan pembangunan ekonomi di Kawasan Mandiri Pangan, saya yakin dapat  meningkatkan pendapatan yang pada akhirnya juga berkontribusi terhadap pengentasan kemiskinan," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi saat mengunjungi Kawasan Mandiri Pangan (KMP) di Kabupaten Gianyar, Bali, Jum’at (21/9).


Kawasan Mandiri Pangan merupakan kegiatan prioritas nasional BKP yang dilaksanakan pada daerah rentan rawan pangan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat, penguatan kelembagaan dan dukungan lintas sektor unt...

Kementerian Pertanian Berkomitmen Dukung Program Penurunan Stunting

Posted in Berita Umum on Sep 22, 2018

"Kementerian Pertanian berkomitmen dan  mendukung upaya pemerintah dalam penurunan stunting, utamanya dalam  penyediaan pangan yang cukup dan beragam bagi masyarakat," demikian dikatakan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi dalam paparannya sebagai salah satu _keynote speaker_ pertemuan Sosialisasi Germas dan Pemantauan Terpadu RAD-PG Tahun 2018 Regional Timur Tengah yang diselenggarakan Bappenas, Jum'at (21/9) di Sanur Bali.


Lebih lanjut disampaikan Agung bahwa,  upaya- upaya lain yang telah dilakukan Kementerian Pertanian adalah mendekatk...

BKP Kementan Kembangkan Usaha Pengolahan Pangan Lokal

Posted in Berita Umum on Sep 19, 2018

YOGYAKARTA- Untuk mendukung dan mempercepat  penganekaragaman konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian,  Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Perikanan dan Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman terkait  pengembangan usaha pengolahan pangan lokal.


Penandatanganan ini merupakan bagian dari acara Lustrum XI Fakultas Teknologi Pertanian UGM yang diselenggarakan, Selasa (18/9) di Graha Sabha Pramana...

Kepala BKP Kementan didaulat menjadi Anggota FANRes International Network

Posted in Berita Umum on Sep 14, 2018

Yogyakarta. Dihadapan pengurus *_FANRes Onganization_* dan peserta  konferensi, Kepala Badan Ketahanan Pangan didaulat menjadi Anggota  *Food, Agriculture, and Natural Resources* *_(FANRes)_* di Ballroom Cavinton Hotel,Yogyakarta, Kamis (13/09).


Penobatan Agung sebagai Anggota FANRes dilakukan oleh Prof. Yuli Witono selaku President of FANRes International Network.


Konferensi Internasional tentang Pangan, Pertanian, dan Sumber Daya Alam (FANRes) telah diadakan sebanyak empat kali. Deklarasi International FANRes dimotivasi oleh persepsi dan semangat yang sama untuk mendukung keamana...

KRPL Kementan Hemat Pengeluaran Rumah Tangga

Posted in Berita Umum on Sep 13, 2018

Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Sleman Yogyakarta, Kamis (13/9), Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi mengajak  masyarakat mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam sayuran.

"Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan solusi bagi pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat sekaligus efisiensi pengeluaran rumah tangga saat ini," kata Agung.

KRPL merupakan gerakan Diversifikasi pangan melalui Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan berbasis sumber daya lokal dan pelestarian sumber daya genetik melalui pengembangan Kebun ...

Kepala BKP Kementan Jelaskan Strategi Meningkatkan Daya Saing Pertanian

Posted in Berita Umum on Sep 13, 2018

Yogyakarta- Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menjadi keynote speaker pada acara An International on Food, Agriculture, and Natural Resources Conference (FANRes) yang diselenggaraka di Ballroom Cavinton Hotel, Yogyakarta, Kamis (13/09).


Pelaksanaan FANRes diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan tujuan untuk mengembangkan produk pertanian melalui pemanfaatan sumberdaya alam secara berkelanjutan dan peningkatan daya saing produk pertanian melalui pengembangan agro-technopreneurship.


Mengawali acara, Agung menyampaikan tantang...

Transaksi TTI di Bengkulu Capai Rp 2,4 Milyar

Posted in Berita Umum on Sep 07, 2018


Dalam rangka memberikan kepastian jaminan pemasaran dan perlindungan bagi petani serta mempermudah aksesbilitas masyarakat memperoleh bahan pangan, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu memperluas jejaring Toko Tani Indonesia (TTI) dengan mendirikan TTI Center (TTIC) di Kota Bengkulu.


Dengan berdirinya TTIC di Bengkulu diharapkan dapat memudahkan konsumen menjangkau komoditas pangan yang langsung berasal dari Gapoktan/Lembaga Usaha Pangan Masyarakat, sekaligus memberikan kesempatan suplyer pangan, dalam memasarkan langsung komoditasnya. Hal t...

Kemitraan Gapoktan dan TTI mudahkan Masyarakat Penuhi Kebutuhan Pangan

Posted in Berita Umum on Sep 06, 2018


Dalam upaya mencukupi kebutuhan pangan masyarakat dengan harga terjangkau, selain dilakukan melalui peningkatan produksi pangan, juga memperpendek matarantai distribusi pangan.


Dalam kaitan ini Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian telah melakukan pembinaan kepada 1156 Lembaga Usaha Pangan Masyarakat (LUPM)

yang tersebar diberbagai tempat.


Selain itu juga dibangun 3.655 Toko Tani Indonesia (TTI)  dan TTI Center yang saat ini berkembang di 20 provinsi.


Salah satu Gapoktan yang cukup pesat kemajuannya adalah Gapoktan Sinar Abadi yang kegiatannya meliputi penyimpana...

KRPL Kementan Mampu Penuhi Kebutuhan Pangan dan Kesejahteraan Keluarga

Posted in Berita Umum on Sep 05, 2018


Dalam upaya memantapkan ketahanan pangan keluarga, sejak tahun 2010

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian telah mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang hingga kini  tersebar di 18.000 desa di 34 provinsi.


Pengembangan KRPL  selain untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga, juga untuk mengurangi belanja keluarga, terutama pangan,  yang akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.


Salah satu KRPL cukup pesat kemajuannya adalah

yang dikembangkan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mertanadi di desa Tiying Gading, Kecamatan Selemadeg Barat,...

Direktur Bank Dunia untuk Asia Pasifik Tawarkan Kerjasama dengan Indonesia

Posted in Berita Umum on Sep 04, 2018

Copenhagen-Denmark, di sela-sela acara World Food Summit_ " Better Food for More People ", Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi melakukan Billateral Meeting dengan Nathan M.Belete selaku Direktur World Bank untuk Asia Timur dan Asia Pasific di Borsen-Copenhagen (30/08) waktu Denmark.


Mengawali billateral, Agung menyampaikan bahwa KTT saat ini lebih fokus pada bagaimana negara-negara membuat rencana aksi untuk mewujudkan pangan yang lebih berkualitas, fokus negara-negara berkembang dan negara maju sudah melangkah kedepan bukan hanya peningkatan produksi saj...

    1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 Next