Arsip Berita

Kementan Dorong Sinergi Lintas Sektor Entaskan Daerah Rentan Rawan Pangan di Maluku Utara

Posted in Berita Umum on Feb 05, 2020

Ternate – Upaya mengentaskan daerah rentan rawan pangan membutuhkan sinergi dan kerja sama antara pemangku kepentingan terkait. Kerja sama ini terus didorong oleh Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian.

Untuk itu, pada Rabu (5/2/2020), Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba dalam upaya pengentasan daerah rentan rawan pangan.

Dalam kesempatan tersebut, Agung menyampaikan bahwa Kementan tidak bisa bekerja sendiri untuk menyelesaikan persoalan di wilayah rentan rawan pangan dan stunting.

“Ini...

Kendalikan Cabai di Jabodetabek, Kementan Gelar Cabai Murah

Posted in Berita Umum on Feb 04, 2020

Jakarta - Harga komoditas cabai merah di beberapa pasar tradisional Jabodetabek dan sekitarnya sejak awal tahun 2020 cenderung merangkak naik. Guna menekan harga cabai di pasaran, Kementerian Pertanian beberapa hari terakhir ini menggelontorkan cabai di Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Induk Tanah Tinggi Tangerang, dan Pasar Induk lainnya yang menjadi penyangga di wilayah Jabodetabek.

Berdasarkan hasil pantauan Informasi Pangan Jakarta (2/2/2020), harga cabai di beberapa pasar Jakarta telah menyentuh harga Rp 90 ribu per kilogram, dimana sebelumnya berada di kisaran Rp 50 ribu- Rp 70 ribu per ki...

Kementan Dorong Koneksi Antar Pulau untuk Tingkatkan Akses Pangan Masyarakat di Maluku

Posted in Berita Umum on Feb 03, 2020

Ambon – Sebagai daerah kepulauan, pembangunan koneksi antarpulau menjadi aspek penting dalam meningkatkan akses pangan masyarakat. Hal tersebut mengemuka dalam Rapat Kooordinasi (Rakor) Sinergi Program Pengentasan Daerah Rentan Rawan Pangan yang dilaksanakan di Ambon, Senin (3/2/2020).

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi yang hadir dalam rakor menyampaikan pentingnya sinergi lintas sektor dalam bentuk program-program yang bersinergi di tingkat lapangan.

“Pemerintah daerah harus optimal mengambil peran dalam kerja bersama ini,” tegas Agung.

Dita...

Kementan Gandeng Perpadi Stabilkan Pasokan dan Harga Beras

Posted in Berita Umum on Jan 30, 2020

Jakarta – Untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan terutama beras, Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) menggandeng Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi).

Hal tersebut tertuang dalam Nota Kesepahaman mengenai Penyerapan Gabah/Beras Dalam Rangka Stabilisasi Harga dan Pasokan Gabah/Beras di Tingkat Petani yang ditandatangani Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi dan Ketua Perpadi, Sutarto Alimoeso di Jakarta (30/1/2020).

"Hari ini kita bersama dengan Perpadi menyepakati suatu kerjasama untuk mengamankan harga di tingkat petani agar ti...

Stabilkan Pasokan dan Harga, Kementan Datangkan Cabai dari Sulsel

Posted in Berita Umum on Jan 30, 2020

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan salah satu upaya intervensi untuk meredam kenaikan harga komoditas pangan adalah penambahan pasokan di pasar dengan mendatangkan komoditas pangan dari daerah lain.

Untuk itu, Kementerian Pertanian dalam hal ini Badan Ketahanan Pangan segera mengambil langkah aksi dengan mendatangkan komoditas cabai rawit merah (CRM) dari daerah panen ke wilayah DKI Jakarta.

Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi menyatakan langkah aksi tersebut bertujuan untuk mengamankan pasokan dan menstabilkan harga CRM yang mengalami kenaikan beberapa waktu terakhir.

“Kita bek...

Mentan Tegaskan Peran Pemda Untuk Bangun Ketahanan Pangan

Posted in Berita Umum on Jan 29, 2020

Bogor – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan pentingnya peran pemerintah daerah dalam upaya membangun ketahanan pangan. Hal itu diungkapkannya dalam Rakernas Pembangunan Ketahanan Pangan di Bogor, Selasa (28/1/2020).

“Membangun pangan dan pertanian itu tugas mulia karena menyangkut hajat hidup orang banyak,” ujar Menteri yang akrab disapa SYL ini.

Karena itu, menurut SYL, harus dimulai dari mengubah cara pandang terhadap tugas membangun ketahanan pangan.

“Bangun cara pandang bahwa kalian dibutuhkan negara untuk mengabdi membangun demi kepentingan rakyat,” ujar SYL.

Lebih lanjut, SY...

BKP Kementan Fokus Turunkan Daerah Rentan Rawan Pangan

Posted in Berita Umum on Jan 28, 2020

Bogor – Sebagai tindak lanjut dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian yang dibuka oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Jakarta, Senin (27/1), Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar Rakernas Pembangunan Ketahanan Pangan di Bogor, Selasa (28/1).

Saat membuka acara dan memberikan arahan, Agung menjelaskan bahwa rakernas sangat penting dilakukan untuk mewujudkan pembangunan pangan dan pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

“Untuk mendukung pencapaian target pembangunan ketahanan pangan, melalui pertemuan ini kita perlu menyamakan pers...

Kepala BKP Kementan: Peta FSVA Penunjuk Jalan Kerja Sama Pengentasan Rentan Rawan Pangan

Posted in Berita Umum on Jan 19, 2020

Manado - Sebagai kebutuhan dasar manusia yang paling utama, pemenuhan pangan menjadi bagian dari hak asasi setiap individu. UU 18 tahun 2012 tentang Pangan mengamanatkan pemenuhan kebutuhan pangan dilakukan sampai level perseorangan, baik jumlahnya, mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau untuk mewujudkan sumberdaya manusia yang tangguh, sehat, aktif, produktif dan dalam rangka mendukung pembangunan nasional. Hal ini berarti 267 juta penduduk Indonesia tidak boleh ada yang lapar.


Demikian disampaikan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan...

BKP Kementan Lakukan Panen Perdana di Lokasi Program Pertanian Masuk Sekolah

Posted in Berita Umum on Jan 17, 2020

Kementerian Pertanian dibawah komando Menteri Syahrul Yasin Limpo sejak tahun 2019 tengah mempersiapkan regenerasi petani dan meningkatkan minat kaum milenial terhadap dunia pertanian melalui Program Pertanian Masuk Sekolah atau PMS.

“PMS merupakan langkah fundamental untuk memastikan bahwa sektor pertanian merupakan bidang yang menjanjikan sebagai sebuah profesi sekaligus langkah awal untuk regenerasi petani,” kata Agung Hendriadi, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) saat melakukan panen perdana komoditas cabai, terong, dan sawi pada program Pertanian Masuk Se...

TaniDay Bali, Mentan serahkan Mobil TTI dan Cold Storage ke TTIC Bali

Posted in Berita Umum on Jan 05, 2020

Denpasar - Untuk mengenalkan dan mengedukasi publik mengenai program pemerintah dan gerakan masyarakat di bidang pertanian, Kementerian Pertanian menggelar TaniDay di Lapangan Renon, Denpasar Bali, pada Minggu (5/1/2020).  

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang hadir dalam acara tersebut berkesempatan menyerahkan secara simbolis 1 unit mobil operasional  Toko Tani Indonesia Centre( TTIC) dan 2 unit Cold Storage (mesin berpendingin) kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali.

"Kita harapkan 117 TTI di Bali dapat terlayani lebih baik lagi dengan adanya mobil ini," ujar Menter...

Sepanjang 2019, Pasokan dan Harga Pangan Aman dan Stabil

Posted in Berita Umum on Dec 31, 2019

Jakarta – Sepanjang tahun 2019 kondisi pasokan dan harga pangan terpantau aman dan stabil. Hal ini menjadi salah satu fokus utama pemerintah mengingat pangan menjadi kebutuhan mendasar bagi tiap orang. "Sampai hari  ini tidak ada gejolak pasokan dan harga. Secara umum pasokan lancar di seluruh Indonesia," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi, saat menyampaikan refleksi Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu, Selasa (31/12/2019).

"Kondisi ini patut kita syukuri, karena tidak ada orang antri baha...

BKP Kementan Upayakan Regenerasi Petani melalui Pertanian Masuk Sekolah (Tani MaS)

Posted in Berita Umum on Dec 27, 2019

Bengkulu - Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) terus berupaya mendorong regenerasi petani salah satunya melalui kegiatan Pertanian Masuk Sekolah (Tani MaS).

Di Provinsi Bengkulu, Tani MaS dilaksanakan di dua sekolah yaitu SMA Negeri 4 Bengkulu dan SMA Negeri 9 Bengkulu.

"Kita ingin kegiatan Tani MaS ini dapat menumbuhkan pengetahuan siswa tentang budidaya pertanian, menumbuhkan semangat siswa menjadi agripreneur, serta meningkatkan ketersediaan dan akses pangan," kata Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, BKP Kementan, Andriko Noto Susanto saat meninjau dua sek...

BKP Kementan Peduli Korban Banjir di Solok Selatan

Posted in Berita Umum on Dec 27, 2019

Padang - Banjir yang melanda Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat memantik rasa kepedulian berbagai pihak. Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementerian Pertanian turun tangan  dan menggalang bantuan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang menjadi korban banjir.


"Kita peduli dan prihatin akan bencana banjir yang menimpa saudara-saudara kita di Solok Selatan" ujar Agung Hendriadi ketika dihubungi redaksi pada Kamis (26/12).


"Untuk itu kami berinisiatif menggalang dana bersama mitra kerja sebagai bentuk kepedulian," sambung Agung.


Kepala Pusat Distribusi dan Cad...

Perkuat Ketahanan Pangan di Bengkulu, Kementan Dorong Sinergi Antarsektor

Posted in Berita Umum on Dec 26, 2019

Penguatan sistem ketahanan pangan untuk mengentaskan daerah rentan rawan pangan menjadi bahasan utama dalam Rakor Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Bengkulu yang diselenggarakan pada Kamis (26/12).

Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Andriko Noto Susanto yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, pengentasan daerah rawan pangan harus diselesaikan secara bersama sektor terkait.

“Pengentasan daerah rentan rawan pangan tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri namun melalui sinergi program dengan berbagai lembaga terkait,” ujar ...

Kawal Pembangunan Pertanian di Kaltim, Kepala BKP Kementan Sinergikan Stakeholder Terkait

Posted in Berita Umum on Dec 25, 2019

Rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke wilayah Kalimantan Timur, tepatnya di Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara menjadi titik awal Pemerintah dengan jajaranya untuk berbenah dan mempersiapkan segala hal.


Kementerian Pertanian yang memiliki tanggung jawab dalam hal ketersediaan pangan juga telah melakukan pemetaan wilayah, baik di Kalimantan Timur maupun provinsi sekitar yang berpotensi mendukung dan meningkatkan produksi bahan pangan.


"Perpindahan ibu kota negara sudah pasti akan memindahkan penduduk, khususnya ASN, TNI, POLRI dan keluarganya. Diprediksi sekitar ...

    Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 Next