Arsip Berita

Ketahanan Pangan Nasional Semakin Meningkat

Dipublikasikan pada tanggal 08 Feb, 2021

Jakarta – Situasi ketahanan pangan nasional mengalami peningkatan dan semakin kuat. Hal ini setidaknya terlihat dari data yang dikeluarkan oleh Global Hunger Index (GHI) 2020, di mana Indonesia menempati level moderate dengan skor 19,1, setelah sebelumnya masih berada di level serius dengan skor 20,1 pada tahun 2019.  

Tren peningkatan juga ditunjukkan dari data Global Food Security Index (GFSI) selama lima tahun terakhir (2015-2019) di mana ranking Indonesia naik 16 poin dari ranking 46 menjadi 62.

Situasi yang sama juga dapat dilihat dari Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan atau Food Securi...

Kementan Terus Pantau Stabilitas Pasokan dan Harga Kedelai

Dipublikasikan pada tanggal 05 Feb, 2021

Brebes – Upaya Kementerian Pertanian dalam mendorong stabilisasi pasokan dan harga kedelai terus dilakukan dengan memantau operasi pasar kedelai di Primkopti Brebes Sengkuyung, Jawa Tengah, kamis (04/02/2021).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut bahwa upaya tersebut dilakukan untuk mendekatkan distribusi kedelai agar dapat menopang pengrajin tahu tempe yang dalam satu bulan terakhir mengalami permasalahan kenaikan harga.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi menegaskan upaya jangka pendek dalam  mendorong stabilisasi pasokan dan harga dilakukan dengan mekanisme penyaluran la...

Kementan Pastikan Ketersediaan Pangan Aman

Dipublikasikan pada tanggal 05 Feb, 2021

Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan ketersediaan 11 bahan pangan pokok aman dan terkendali sampai bulan Mei. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi pada Jumat (05/02/2021) di Jakarta.

Menurutnya, pangan pokok seperti beras dalam kondisi cukup menghadapi momentum ramadhan dan idul fitri yang bertepatan pada bulan April - Mei 2021.

“Bulan Maret sudah akan mulai panen raya dengan perkiraan produksi beras sekitar 5,7 juta ton, begitu juga di bulan April yang bertepatan dengan awal Ramadhan. Meski konsumsi beras akan meningkat di bulan April – Mei,...

Komisi IV DPR RI Dorong Optimalisasi P2L

Dipublikasikan pada tanggal 02 Feb, 2021

Jakarta – Anggota Komisi IV DPR RI Julie Sutrisno menegaskan agar mengutamakan kegiatan yang memberikan dampak positif pada pembangunan ekonomi nasional. Dia juga menegaskan agar penghematan anggaran Kementerian Pertanian tidak menyasar program-program yang berbasis masyarakat. Dia mencontohkan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang merupakan salah satu program untuk mengoptimalkan pekarangan pangan sebagai sumber pangan bagi keluarga,

“P2L memberikan kontribusi signifikan bagi kesejahteraan masyarakat di masa pandemi, utamanya mengurangi pengeluaran konsumsi pangan dan memenuhi kebutuhan pangan...

Cadangan Pangan Pemerintah Daerah Penuhi Kebutuhan Pangan Pasca Bencana

Dipublikasikan pada tanggal 02 Feb, 2021

Jakarta - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan komitmennya dalam menjamin akses pangan bagi masyarakat dalam kondisi apapun, termasuk penyediaan pangan di tengah kejadian bencana yang kerap terjadi. Untuk memperkuat cadangan pangan nasional, diapun mendorong pemerintah daerah ikut memperkuat cadangan pangan pemerintah daerahnya masing-masing.

Selaras dengan Mentan, Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi menilai bahwa CPPD dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang terdampak bencana agar lebih cepat disalurkan pada lokasi kejadian bencana.

“Keberadaan Cadangan Pangan Pem...

Pangan Lokal Semakin Mudah Diakses Melalui Marketplace

Dipublikasikan pada tanggal 01 Feb, 2021

Jakarta - Pangan lokal semakin mudah diakses oleh masyarakat melalui berbagai situs belanja daring. Kemudahan ini menguntungkan pelaku UMKM pangan lokal karena jangkauan pasar semakin terbuka. Di sisi lain konsumen lebih praktis memproleh bahan pangan tanpa harus keluar rumah. Terlebih lagi di saat pandemi saat ini yang membatasi pergerakan dan interaksi.

Salah satu produk pangan yang mudah ditemukan di marketplace adalah Sagoo Mee. Sagoo Mee ini sangat digemari segala kalangan. Sagoo Mee merupakan produk mi instan dari sagu dalam kemasan yang mudah dikonsumsi dengan cara diseduh menggunakan a...

Pandemi, Omset PMT Kementan Capai 66,6 Milyar

Dipublikasikan pada tanggal 01 Feb, 2021

Jakarta – Dampak pandemi covid-19 memukul kondisi perekonomian, dapat dilihat dari penurunan pertumbuhan ekonomi dalam dua kuartal berturut-turut. Namun demikian, Kementerian Pertanian memastikan agar masyarakat mendapat akses pangan yang memadai di tengah   situasi pembatasan sosial dan fisik, salah satunya melalui optimalisasi Pasar Mitra Tani (PMT) yang ada di seluruh Indonesia.  

Sepanjang tahun 2020, omset yang diperoleh PMT mencapai 66,6 milyar rupiah dengan total volume bahan pangan yang dijual lebih dari 45 ton.

“Volume tersebut merupakan pasokan dari gapoktan Pengembangan Usaha Pangan...

Pasar Mitra Tani Kementan Sediakan Daging Sapi

Dipublikasikan pada tanggal 24 Jan, 2021

Jakarta – Pasar Mitra Tani (PMT) Kementerian Pertanian (Kementan) mengadakan gelar daging sapi dengan harga murah, menyusul melonjaknya harga daging sapi di Jabodetabek beberapa hari terakhir, dan adanya ancaman pemogokan dari pedagang daging. Per hari Sabtu (23/01/2021) harga daging sapi masih berada di kisaran Rp 128.000-135.000 per kg, di atas harga eceran tertinggi sebesar Rp.105.000 per kg untuk paha belakang.

Menurut Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Risfaheri, yang dihubungi Sabtu (23/01/2021), mengatakan hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kekosongan stok akibat mogoknya ...

Perkokoh Ketahanan Pangan, Kementan Perkuat Lumbung Pangan Masyarakat

Dipublikasikan pada tanggal 16 Jan, 2021

Jakarta - Dalam upaya memperkuat ketahanan pangan masyarakat, Kementerian Pertanian (Kementan) kian memperkuat peran lumbung pangan masyarakat desa yang dinilai saat ini menjadi sangat strategis.

"Lumbung Pangan Masyarakat ini sangat penting untuk menjaga ketersediaan pangan masyarakat, apalagi di masa pandemi ini, karena itu saya meminta Dinas Ketahanan Pangan Daerah  memperhatikan dan memperkuat lumbung pangan masyarakat di daerahnya," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi, Sabtu (16/1/2021).

Upaya penguatan lumbung pangan masyarakat ini se...

Mentan SYL di Acara Launching AEW Ragunan: Hadapi Pandemi, harus Kreatif dan Produktif

Dipublikasikan pada tanggal 15 Jan, 2021

Jakarta – Pandemi Covid-19 sangat dirasakan dampaknya dalam berbagai sektor kehidupan. Pembatasan mobilitas orang dan barang, terjadinya pengangguran, dapat berpengaruh terhadap daya beli dan ketahanan pangan masyarakat.

Untuk itu perlu usaha kreatif dan produktif agar pangan selalu tersedia untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Dengan adanya pandemi ini, perlu kegiatan produktif yang berkontribusi bagi perekonomian nasional, diantaranya kegiatan pertanian yang maju dan modern," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat melaunching kawasan Agroeduwisata (AEW) di Ragunan, Jakarta S...