Arsip Berita

Kementan Kerja Sama PT Pertani Tingkatkan Produksi dan Optimalkan Serapan Gabah Melalui Corporate Farming

Dipublikasikan pada tanggal 26 Mar, 2021

Banyuwangi – Kementerian Pertanian mendorong model kerja sama PT Pertani melalui corporate farming dalam rangka mengoptimalkan produksi beras dan meningkatkan kesejahteraan petani yang terintegrasi dari hulu hingga hilir. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi saat menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Pertani dengan BNI mengenai collection agent penyaluran KUR dalam program corporate farming di Banyuwangi, Selasa (23/03/2021).

“Jadi ini kerja sama yang bagus. Kita dukung PT Pertani sebagai salah satu perusahaan di bawah BUM...

Cegah Harga Jatuh, Kementan dan PT Pertani Bersinergi Serap Gabah Petani

Dipublikasikan pada tanggal 22 Mar, 2021

Banyuwangi - Percepatan serapan gabah petani terus diupayakan Pemerintah untuk menjaga harga ditingkat produsen tidak jatuh sehinga petani dapat menikmati hasil panennya. Menteri Pertanian pada awal Maret sudah bersurat kepada seluruh Gubernur dan Bupati atau Walikota seluruh Indonesia untuk bersama-sama stakeholder terkait untuk mengamankan stabilitas pasokan dan harga gabah saat panen raya yang diperkirakan terjadi pada bulan Maret-April 2021.

Hal ini juga dimaksudkan untuk memastikan ketersediaan pangan aman dan terkendali, khususnya dalam menghadapi perayaan Hari Besar Keagamaan dan Nasion...

Kementan Fasilitasi Pemasaran UMKM Pangan Lokal

Dipublikasikan pada tanggal 20 Mar, 2021

Bogor - Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) memfasilitasi pemasaran olahan pangan yang dikembangkan oleh pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM). Hal ini dilakukan dalam upaya mengkampanyekan produk olahan pangan lokal.

"Peranan UMKM dalam mengembangkan pangan lokal ini sangat penting, karena itu mereka kita fasilitasi untuk memasarkan produknya," ujar Kepala BKP Agung Hendriadi saat melaunching Gerai Pangan Lokal dan Pasar Mitra Tani Bogor di Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian Bogor (20/3/2021).

Upaya yang dilakukan BKP ini sejalan dengan kebijakan Menteri Pe...

Aplikasi PasTani Mudahkan Masyarakat Mengakses Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 13 Mar, 2021

Jakarta – Digitalisasi dalam sektor pertanian dan pangan ditegaskan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan. Menurutnya, penggunaan digital dan online system menjadi tuntutan di tengah pembatasan mobilisasi akibat pandemi.

PasTani menjadi salah satu terobosan pemasaran digital untuk memudahkan masyarakat dalam berbelanja di Pasar Mitra Tani.  PasTani merupakan aplikasi belanja daring yang menyediakan berbagai bahan pangan dengan harga terjangkau dan berkualitas. Aplikasi ini diluncurkan oleh Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian pada akhir tahun 2020 lalu. ...

Kementan Ajak Masyarakat Tanam Cabai di Pekarangan Rumah

Dipublikasikan pada tanggal 08 Mar, 2021

Jakarta - Salah satu upaya Kementerian Pertanian untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan pangan seperti cabai, dan sayuran adalah dengan memanfaatkan lahan pekarangan.

Kegiatan yang digagas Badan Ketahanan Pangan (BKP) ini adalah Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Kegiatan ini dilaksanakan kelompok masyarakat secara bersama-sama, mengusahakan lahan pekarangan sebagai sumber pangan berkelanjutan. Tujuannya untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan, serta pendapatan.

Dalam perkembangannya, P2L tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan pangan keluarga, tetapi juga bisa dijual...

Bantu Masyarakat Akses Cabai, Pasar Mitra Tani Kementan Gelar Cabai Murah

Dipublikasikan pada tanggal 08 Mar, 2021

Jakarta – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo  meminta jajarannya memastikan ketersediaan pasokan dan harga cabai agar tidak mengalami gejolak di tengah pandemi Covid-19. Merespon dinamika harga cabai, khususnya cabai rawit merah yang terus meningkat signifikan, Kementerian Pertanian melalui Pasar Mitra Tani/TTIC Badan Ketahanan Pangan (BKP) melakukan gelar pangan murah (GPM) cabai rawit mulai tanggal 7 Maret 2021.

Kegiatan GPM cabai rawit rencananya akan dilaksanakan di 57 titik di wilayah Jabodetabek, baik di PMT/TTIC Pasar Minggu dan Bogor, Pasar tradisional di Jabodetabek, serta di Kant...

Kementan Optimalkan Penanganan Pascapanen dan Pemasaran Hasil Pertanian

Dipublikasikan pada tanggal 24 Feb, 2021

Serpong (24/2) - Pengembangan sistem pangan terutama penanganan pascapanen dan pemasaran hasil pertanian menjadi sangat krusial dalam menjamin dan mewujudkan ketahanan pangan nasional, terlebih dimasa pandemi covid - 19 saat ini.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan selama pandemi Covid 19 kinerja positif pertanian tidak hanya terukir lewat peningkatan nilai dan volume ekspor pertanian tetapi juga terukir lewat kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi nasional , ia meminta berbagai bentuk kinerja tersebut dapat dimaksimalkan melalui upaya bersama membenahi pertanian dari hulu ke...

P2L Tingkatkan Peran Perempuan dalam Ketahanan Pangan Keluarga

Dipublikasikan pada tanggal 18 Feb, 2021

Jakarta – Keterlibatan perempuan dalam ketahanan pangan memiliki peran sangat penting dalam pemenuhan ketersediaan, keterjangkauan, dan keamanan pangan. Perempuan sebagai tiang dalam rumah tangga turut bertanggung jawab dalam tataran pangan keluarga.

Demikian disampaikan oleh Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pertanian yang juga istri Menteri Pertanian, Ayunsri Syahrul Yasin Limpo dalam Webinar dengan topik penguatan peran dharma wanita persatuan Kementerian Pertanian mewujudkan ketahanan pangan nasional pada Kamis (18/02/2021).

“Peran perempuan dalam keluarga sangat penting ...

Kementan Gandeng RNI Stabilkan Pasokan dan Harga Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 15 Feb, 2021

Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menempatkan upaya stabilisasi pasokan dan harga komoditas pangan strategis sebagai perhatian utama karena menyangkut pemenuhan kebutuhan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Untuk itu, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian menggandeng PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) untuk menyinergikan program dan kegiatan dalam rangka pelaksanaan stabilisasi pasokan dan harga komoditas pangan strategis. Pada senin (15/02/2021) Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi dan Direktur PT RNI Arif Prasetyo Adi menandatangani perjanjian kerja sama se...

Di Forum CFS ke 47 Kementan Sampaikan Komitmen Ketahanan Pangan Indonesia

Dipublikasikan pada tanggal 09 Feb, 2021

Jakarta –  Ketahanan pangan menjadi isu strategis yang menjadi perhatian pemerintah terlebih lagi di masa pandemi ini. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menegaskan komitmennya dalam mewujudkan ketahanan pangan karena pangan merupakan kebutuhan dasar yang pemenuhannya tidak bisa ditunda maupun disubtitusi.

Komitmen tersebut disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi selaku ketua Delri dalam forum Committe on World Food Security (CFS) ke-47 yang dilaksanakan secara virtual pada Senin (08/02/2021).

Agung menjelaskan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam mew...