Kementerian Pertanian Dorong Konsumsi Pangan Beragam Bergizi seimbang dan Aman

Posted in Berita Umum on Nov 07, 2018

Pada 4 tahun terakhir, kualitas konsumsi pangan penduduk Indonesia yang diukur dengan Skor Pola Pangan Harapan (PPH) mengalami peningkatan, yaitu skor PPH 85,2 pada tahun 2015 meningkat menjadi 86,0 pada tahun 2016 dan meningkat lagi menjadi 90,4 pada tahun 2017.


"Peningkatan ini menunjukkan kualitas konsumsi pangan penduduk Indonesia semakin baik, yakni lebih beragam dan bergizi seimbang," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi, menjelaskan dikantornya, Senin (5/11).


Pola Pangan Harapan merupakan instrumen untuk mengukur pemenuhan keberagaman dan ...

Kementan Lindungi Konsumen melalui Jaminan Keamanan dan Mutu Pangan Segar

Posted in Berita Umum on Nov 05, 2018


Keamanan dan mutu pangan bukan hanya isu yang  terkait dengan perdagangan saja, namun juga dengan kesehatan. Hal ini seiring  tuntutan masyarakat akan pangan segar yang aman dan bermutu terus meningkat.  Untuk mewujudkan pangan hal tersebut, dilaksanakan bersama-sama antara pemerintah, produsen dan konsumen.


Kementerian pertanian sesuai dengan kewenangannya dalam memberikan jaminan keamanan dan mutu pangan segar, telah menerbitkan antara lain Permentan No.51 Tahun 2008 tentang Syarat dan Tatacara Pendaftaran Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dan beberapa pedoman sertifikasi.


...

Kementan Bangun Kawasan Mandiri Pangan Untuk Tingkatkan Pendapatan Masyarakat

Posted in Berita Umum on Nov 04, 2018


Pemenuhan kebutuhan pangan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan pendapatan masyarakat, dan ketersediaan pangan di suatu daerah. Oleh karena itu pemerintah sangat memperhatikan masalah tersebut, terutama di pedesaan, padahal pedesaan memiliki sumberdaya cukup besar dalam menghasilkan pangan.


Untuk mendukung terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian sejak tahun 2015

meluncurkan kegiatan Kawasan Mandiri Pangan (KMP), untuk mendorong ketersediaan pangan dipedesaan sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat.


Komponen kegia...

Pemanfaatan Pekaragan, Berikan Berkah Bagi Penduduk Ijen

Posted in Berita Umum on Nov 03, 2018


Adalah Desa Taman Sari yang berada pada ketinggian 2500 mdpl di kawasan Gunung Ijen tepatnya di Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu pusat pemukiman penduduk yang terbentuk karena adanya aktifitas PT. Perkebunan Nasional (PTPN) Lorolas.


Didukung dengan iklim yang sejuk, Desa Taman Sari atau yang lebih dikenal dengan Kampung Baru, kini telah menjelma menjadi "Kawasan Pangan Lestari".


Berada sekitar 40 km dari pemukiman lain dan menembus kawasan hutan Gunung Ijen, membuat warga kesulitan mendapatkan bahan pangan sayuran. Namun kini warga sudah tidak lagi...

Kementan dukung Pencapaian Zero Hunger melalui KRPL

Posted in Berita Umum on Nov 02, 2018


Sesuai dengan komitmen global dalam _Sustainable Development Goals_ bahwa semua negara PBB harus mewujudkan tercapainya _zero hunger_, yaitu upaya memerangi kelaparan.


Untuk mewujudkan hal tersebut harus diupayakan kemudahan akses pangan yang beragam  bagi semua anggota keluarga.


Untuk mendukung komitmen tersebut, Kementerian Pertanian terus menggali potensi untuk memudahkan akses penyediaan pangan  yang  beragam bagi keluarga. Salah satunya adalah dengan memanfaatlan potensi lahan pekarangan.


“Kita mempunyai lahan pekarangan mencapai 10,3 juta hektar, yang terus kita g...

BKP Kementan Terbitkan FSVA untuk Rekomendasi Atasi Kerawanan Pangan

Posted in Berita Umum on Nov 02, 2018

Ketersediaan informasi ketahanan pangan yang  akurat, komprehensif, dan tertata dengan baik sangat penting untuk mendukung upaya pencegahan dan penanganan kerawanan pangan dan gizi, karena dapat memberikan arah dan rekomendasi kepada pembuat keputusan dalam penyusunan program, kebijakan, serta pelaksanaan intervensi di tingkat pusat dan daerah.

Penyediaan informasi  diamanahkan dalam UU No 18/ 2012 tentang Pangan dan PP No 17/2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi yang mengamanatkan Pemerintah dan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya untuk membangun, menyusun, dan mengembangkan Sistem...

Era baru pengembangan industri pangan dan produk pangan (Food and Product Food/ FPF)

Posted in Berita Umum on Nov 02, 2018

Pangan dan produk pangan mempunyai sumbangan cukup besar pada perekonomian nasional, berpengaruh terhadap inflasi. Industri pangan dan minuman (mamin) menjadi penyumbang ke 2 terbesar Pendapatan Domestik Bruto non migas. Industri ini menyumbang 6,14 Persen PDB non migas pada tahun 2017 dengan pertumbuhan 8,3 persen. Oleh karena itu pengembangan industri mamin harus dijadikan prioritas dalam pembangunan ketahanan pangan.

Industri pangan dan produk pangan khususnya yang berbasis tepung-tepungan saat ini masih  banyak menggunakan bahan baku impor, misalnya terigu. Tahun 2018 impor gandum dan teri...

BKP Kementan Tingkatkan Kompetensi SDM untuk Dukung Ekspor

Posted in Berita Umum on Nov 01, 2018


Kementerian Pertanian terus berupaya menggenjot ekspor hasil pertanian. Sebagai negara agraris yang kaya akan hasil pertanian sudah sewajarnya Indonesia menjadi produsen utama pangan dunia yang pantas diperhitungkan.


Upaya untuk mendorong ekspor,  salah satunya dilakukan dengan peningkatan kompetensi SDM Fungsional Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP) dalam melaksanakan pendampingan penerapan manajemen sistem mutu oleh pelaku usaha, verifikasi dan pengawasan penerbitan Health Certificate dan registrasi rumah kemas.  


“Jumlah PMHP saat ini tidak lebih dari 500 orang, dengan se...

Tata Kelola Baru Cadangan Beras Pemerintah Perkuat Ketahanan Pangan

Posted in Berita Umum on Oct 31, 2018


Cadangan pangan memiliki peran strategis dalam menjaga stabilisasi harga pangan, terutama pada komoditi pangan pokok seperti beras, jagung, dan kedelai yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Saat terjadi lonjakan harga disebabkan kurangnya pasokan, cadangan pangan dapat dilepas ke pasar untuk  menstabilkan harga.


Sebaliknya, jika harga beras anjlok,  dapat disimpan  sebagai cadangan pangan untuk mengurangi pasokan yang berlimpah di pasar.


Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan, pengelolaan Cadangan pangan nasional setidaknya mencakup cada...

Peran BKP Kementan Dalam Penanganan Kerawanan Pangan dan Pengentasan Kemiskinan

Posted in Berita Umum on Oct 31, 2018


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah rumah tangga miskin pada Maret 2018  sebesar 15.81 Jika dibandingkan periode yang sama, yaitu Maret 2013 yang mencapai 17.74 juta jiwa, telah terjadi penurunan sebesar 10.88 %. Adanya penurunan jumlah KK miskin, menunjukan bahwa pembangunan yang dilaksanakan berdampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat.


"Keluarga miskin sangat rentan terhadap kerawanan pangan, karena pengeluaran terbesar untuk mencukupi kebutuhan pangan. Karena itu mereka harus dibantu," ujar Kepala BKP Agung Hendriadi, menjelaskan diruang kerjanya, Senin...

Kementan Sertifikasi 22 Rumah Kemas untuk dukung Ekspor

Posted in Berita Umum on Oct 30, 2018


Melemahnya kurs rupiah terhadap mata uang dolar Amerika disikapi pemerintah dengan terus mendorong peningkatan ekspor produk Indonesia, untuk menurunkan angka defisit perdagangan.


Sebagai negara kaya dengan  potensi buah tropis yang rasanya eksotik dan khas,  komoditas ini dapat dijadikan andalan ekspor, salah satunya adalah buah manggis.


Negara tujuan ekspor utama buah ini adalah China, yang telah dibuka kembali pada Desember 2017  melalui penandatanganan _Protocol of Phytosanitary Requirements for the Export of Mangosteen Fruits from Indonesia to China_.


Sesuai dengan...

KRPL Kementan, Berkontribusi Atasi Kemiskinan dan Kerawanan Pangan

Posted in Berita Umum on Oct 28, 2018

Potensi lahan pekarangan Indonesia diperkirakan capai 10,3 juta hektar. Jika dikembangkan untuk aneka tanaman untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga, akan berkontribusi dalam penanganan kerawanan serta kemiskinan.


Melihat potensi tersebut, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian sejak tahun 2010 telah mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari. Dari tahun 2015 hingga kini telah tersebar

di 8.814 kelompok di 34 provinsi.


Dalam keterangannya, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi mengajak  masyarakat mengoptimalkan pemanfaa...

BKP Kementan dorong ekspor pala melalui penerbitan Health Certificate (HC)

Posted in Berita Umum on Oct 28, 2018


Indonesia dikenal sebagai surga rempah dunia.  Beranekaragam rempah-rempah dihasilkan negeri ini sejak dulu kala, sehingga tidak mengherankan jika jaman dahulu bangsa eropa berdatangan ke Indonesia demi memperoleh rempah–rempah.


Salah satu rempah yang sangat diminati adalah Pala, yang dimanfaatkan sebagai penambah citarasa makanan, juga digunakan sebagai penghangat tubuh khususnya pada daerah beriklim sub tropis


Uni Eropa sebagai tujuan utama ekspor pala dari Indonesia dikenal sangat ketat memberlakukan standar keamanan pangan. Pada tahun 2016, EU menerapkan EU Regulation No ...

Pangan Lokal Memperkokoh Ketahanan Pangan Nasional

Posted in Berita Umum on Oct 26, 2018


"Pemenuhan pangan tidak boleh berhenti pada kecukupan jumlahnya, namun kita harus dapat memastikan bahwa setiap anggota keluarga terpenuhi kebutuhan gizinya," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian pada perayaan  Hari Pangan Sedunia (HPS) ke XXXVIII di Provinsi Jawa Tengah, di Alun-alun Kabupaten Blora, Jumat (26/10).


Lebih lanjut Agung mengatakan,

nilai gizi yang diperoleh dari asupan makanan akan menentukan pembentukan manusia yang berkualitas.


"Tanpa dukungan pangan yang cukup dan bermutu, tidak mungkin dihasilkan sumberdaya manusia yang sehat dan t...

E-commerce TTI : Menjawab Tantangan Era Digital Distribusi Pangan

Posted in Berita Umum on Oct 25, 2018


Pengendalian harga pangan masih menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah dalam pembangunan ekonomi pertanian saat ini. Berbagai hal penyebab terjadinya fluktuasi harga dan pasokan pangan seperti: ketidakseimbangan supply-demand, terhambatnya saluran distribusi pangan,  hingga adanya penimbunan/penahanan bahan pangan yang ditemukan aparat penegak hukum.


Belum lagi panjangnya rantai pasok dari produsen hingga konsumen menambah deretan permasalahan tentang distribusi pangan.


"Secara umum tata niaga pangan di Indonesia ini sangat panjang," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP)...

    Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 Next