Arsip Berita

Dorong Pengembangan Pangan Lokal, Kementan Fasilitasi Kerjasama UMKM Pangan

Posted in Berita Umum on Dec 08, 2019

Yogyakarta - Mengembangkan pangan lokal berbasis UMKM merupakan langkah penting agar pangan lokal memiliki daya saing yang kuat.

"Acara Gelar Pangan Lokal Berbasis UMKM ini sejalan dengan komitmen Presiden RI untuk mengembangkan dan memberdayakan UMKM, sehingga hasil dan kualitas produk olahan dari UMKM dapat meningkat," demikian dikatakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam sambutannya pada acara Talkshow Pangan Lokal Berbasis UMKM

di Titik Nol kota Yogyakarta, Minggu (8/12/2019).

Menurut SYL, Kementerian Pertanian akan terus mengembangkan UMKM, terutama yang bergerak di sektor ...

Antisipasi Nataru, Gapoktan di Jatim Pasok Beras ke TTIC NTT

Posted in Berita Umum on Dec 05, 2019

Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, harga pangan biasanya mengalami kenaikan di beberapa wilayah. Hal ini dikarenakan adanya kenaikan permintaan bahan pangan oleh masyarakat pada momen tersebut.


Terkait hal ini, Mentan Syahrul Yasin Limpo menaruh perhatian besar terhadap stok pangan yang tersedia. Khusus beras, tahun ini stok bisa dikatakan cukup.


“Kebutuhan Natal dan Tahun Baru saya pastikan aman. Kami juga sudah mengantisipasi dan melakukan validasi data dari kesiapan-kesiapan panen,” papar Mentan SYL dalam keterangan tertulisnya, Kamis ...

Kondisi Pasokan Pangan Jateng Jelang Nataru Terpantau Aman

Posted in Berita Umum on Dec 04, 2019

Semarang – Jelang momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru), Kementan melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) mengambil langkah strategis untuk menjaga pasokan dan harga pangan tetap stabil dan aman. Salah satunya dengan menggelar rapat koordinasi gabungan (Rakorgab) bersama Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah dan stakeholder terkait pada Rabu (4/12).


Pada kesempatan tersebut, Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan BKP Kementan, Andriko Noto Susanto menyatakan bahwa secara nasional kondisi ketersediaan pasokan dan kebutuhan pangan terpantau cukup terkendali.


“Kami sudah h...

BKP Kementan Pantau Kesiapan Sumut Laksanakan Pertanian Masuk Sekolah (PMS)

Posted in Berita Umum on Nov 28, 2019

Medan, - Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Andriko Noto Susanto menegaskan, dalam upaya menjaga keberlanjutan generasi muda pertanian, perlu diambil langkah jitu untuk memastikan sektor ini menjanjikan sebagai sebuah profesi, bisa menjadi hobi yang menguntungkan bagi kaum urban dan trendi sebagai gaya hidup modern. Untuk itu, promosi dan proses edukasi perlu diinisiasi melalui aktivitas pertanian di sekolah berupa kurikulum kecakapan hidup (life skill) atau pembelajaran ekstrakurikuler pertanian di sekolah. Selain sebagai upaya memperkenalkan aktivitas pertanian, langkah ini pent...

Tonilingga sebagai Pelopor TTIC Kabupaten Pertama di Jawa Tengah

Posted in Berita Umum on Nov 27, 2019

Toko Tani Indonesia Center hadir di Kabupaten Purbalingga dan dipopulerkan dengan nama Tonilingga. Tonilingga merupakan TTIC kabupaten pertama yang didirikan di Provinsi Jawa Tengah.

TTIC yang berlokasi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kabupaten Purbalingga diresmikan langsung oleh Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi pada hari Rabu (27/11/2019).

"Hari ini kita launching TTIC sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap masalah pertanian yg ada di Purbalingga. Pemda akan terus memfasilitasi agar seluruh petani dapat diberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan petani," ungkap Dyah.

"...

Jelang Natal dan Tahun Baru, Kementan Pantau Pasokan dan Harga Pangan di Sumut

Posted in Berita Umum on Nov 27, 2019

Medan -  Jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, stok pangan pokok strategis di Provinsi Sumatera Utara aman dan terkendali. Begitu pula dengan pasokan pangan yang diprediksi mencukupi hingga beberapa bulan mendatang.

Hal tersebut terungkap dalam Rakor Gabungan (Rakorgab) Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan di Medan, Selasa (26/11).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Kementan, Andriko Noto Susanto mengatakan rakorgab ini merupakan upaya antisipatif untuk meningkatkan sinergi antarpemangku kepentingan dalam mengendalikan stabilitas pasokan dan harga pangan.

...

Kementan Dorong Pengembangan Sagu untuk Memantapkan Ketahanan Pangan

Posted in Berita Umum on Nov 27, 2019

Indonesia memiliki luas lahan sagu terbesar di dunia. Dari 6,5 juta ha lahan sagu di seluruh dunia, 5,5 juta ha berada di Indonesia, dan 80% lahan sagu tersebut ada di wilayah Papua. Namun sampai saat ini lahan yang dimanfaatkan masih sekitar 1% saja dengan produksi 5% dari potensi sagu secara nasional.

"Potensi sagu yang luar biasa ini perlu terus kita manfaatkan untuk ketahanan pangan kita," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi dalam sambutannya pada acara launching Buku Sagu Papua untuk Dunia di Jakarta (25/11).

"Saat ini impor gandum sudah lebih d...

Badan Ketahanan Pangan gelar Pertemuan Evaluasi dan Penguatan Sistem Pengendalian Internal (SPI)

Posted in Berita Umum on Nov 27, 2019

Badan Ketahanan Pangan gelar Pertemuan Evaluasi dan Penguatan Sistem Pengendalian Internal (SPI) bagi seluruh pegawai lingkup Badan Ketahanan Pangan pada Selasa (26/11) di Jakarta. Acara ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap tingkat kematangan (maturitas) pelaksanaan SPI pada tahun 2018 dan menyusun strategi dalam meningkatkan level maturitas SPI yang disosialisasikan kepada seluruh pelaksana lingkup Badan Ketahanan Pangan.

Menurut Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Riwantoro, SPI merupakan hal penting yang harus dilaksanakan oleh suatu organisasi dalam mencapai tujuan dan target kerj...

Kepala BKP Terima Kunjungan Delegasi Bhutan

Posted in Berita Umum on Nov 22, 2019

Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi menerima kunjungan dari National Codex Committee Bhutan dan perwakilan World Health Organization (WHO) di kantor Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian pada Kamis (21/11/2019).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mendapatkan pengalaman dan sharing informasi terkait pengelolaan Codex di Indonesia.

Delegasi Bhutan, Chador Wangdi mengatakan kunjungan tersebut penting bagi pihaknya karena Indonesia dinilai telah mempunyai program dan kebijakan dalam mengimplementasikan Codex dengan baik. Sehingga Pihaknya berharap langkah -langkah penerapan Codex sebagai p...

TTIC Kementan Hadir di Papua Sediakan Pangan Murah Berkualitas

Posted in Berita Umum on Nov 19, 2019

Jayapura - Kehadiran Toko Tani Indonesia (TTI) saat ini sudah semakin dikenal oleh masyarakat sebagai penyedia pangan murah berkualitas. Tidak terkecuali di Provinsi Papua.

Pada hari Selasa (19/11/2019) dilakukan launching TTIC di Ruko Klasis Port Numbay Jayapura, Provinsi paling timur Indonesia ini. TTIC Papua  menjadi TTIC ke-32 di Indonesia untuk melayani masyarakat Kota Jayapura dan sekitarnya dalam memperoleh bahan pangan murah dan terjangkau.

Inti Pertiwi, Kepala Bidang Distribusi Pangan BKP Kementan yang hadir dalam launching tersebut menyampaikan bahwa TTIC harus terus menjaga ketersed...

Jelang Natal dan Tahun Baru, Kementan Gelar Rakor Persiapan HBKN

Posted in Berita Umum on Nov 19, 2019

Jakarta – Dalam upaya menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok/strategis jelang Natal dan Tahun Baru, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) menggelar rakor persiapan di Jakarta, Selasa (19/11/2019).  Rapat dihadiri perwakilan dari Kemendag, KPPU, Satgas Pangan, Perum Bulog, serta perwakilan dari eselon 1 lingkup Kementan.

Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi yang memimpin rapat mengemukakan, bahwa ketersediaan pasokan dan stabilitas harga pangan pokok strategis harus terus dipantau terutama jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) seperti natal dan t...

Kementan Kembangkan Family Farming untuk Atasi Daerah Rentan Rawan Pangan

Posted in Berita Umum on Nov 16, 2019

Jakarta - Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP)  Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi menyampaikan apresiasi atas terwujudnya sinkronisasi yang intensif antara Kementerian Dalam Negeri dengan Kementerian Pertanian untuk mewujudkan ketahanan pangan.

"Dengan adanya _full support_ dari Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah yang meletakan pembangunan ketahanan pangan sebagai prioritas, saya optimis ketahanan pangan kita akan semakin mantap," ujar Agung saat memberikan sambutan sebagai Keynote Speaker dalam acara Sinkronisasi Penbangunan Ketahanan Pangan dan Infrastruktur Pertani...

BKP Kementan Bahas Rancangan Inpres untuk Perkuat Cadangan Beras Pemerintah Daerah

Posted in Berita Umum on Nov 12, 2019

Bogor - Pemerintah Daerah baik provinsi, kabupaten/kota, maupun desa wajib menyelenggarakan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) sesuai amanat UU Pangan No. 18/2012 dan PP No. 17/2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi dalam Rakor Pembahasan Rancangan Inpres tentang Percepatan Penyelenggaraaan Cadangan Beras Pemerintah Daerah, di Bogor, Selasa (12/11/2019).

Dalam pertemuan tersebut Agung memaparkan bahwa dari hasil evaluasi komitmen terhadap penyelenggaraan  Cadangan Beras Pemerintah Daerah (CBPD) sebagai implementasi d...

Kementan Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif Selamatkan Pangan

Posted in Berita Umum on Nov 10, 2019

Jakarta - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), mengajak semua pihak untuk ikut serta dalam upaya menyelamatkan pangan. Hal tersebut disampaikannya pada acara Tani On Stage di Komplek GBK Senayan,  Minggu (10/11/2019). 

Menurut SYL, upaya menyelamatkan pangan harus dimulai dari masing-masing individu untuk kemudian menjadi gerakan bersama mewujudkan ketahanan pangan berkelanjutan. “Langkah kita hari ini merupakan langkah besar untuk kepentingan rakyat. Mengurangi Food Loss and Waste (FLW) harus menjadi gerakan bersama," ajaknya. SYL juga mengajak milenial secara khusus terlibat dalam u...

Kementan Tegaskan Tidak Benar 22 Juta Penduduk Alami Kelaparan Kronis

Posted in Berita Umum on Nov 08, 2019

Jakarta – Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kementerian pertanian Agung Hendriadi merespon hasil riset yang dilakukan Asian Development Bank (ADB), yang menyebutkan pada periode 2016-2018 sebanyak 22 juta penduduk Indonesia mengalami kondisi kelaparan kronis, seperti dilansir beberapa media.


Ditemui di kantornya Jumat (8/11/2019), Agung menjelaskan bahwa yang ada sebenarnya adalah daerah rentan rawan pangan yang hingga kini masih terdapat di 88 wilayah kabupaten di Indonesia.


“Tidak ada yang namanya kelaparan. Buktinya, semua orang mendapatkan makanan. Ketersediaan pangan kita tercuku...

    Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 Next