Arsip Berita

Pertanian Keluarga Dukung peningkatan Ketahanan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 14 Apr, 2021

Gunung Kidul - Pertanian Keluarga (PK) yang dibangun Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian mempunyai nilai strategis dalam mambangun ketahanan pangan masyarakat. "Ketahanan Pangan ini dibangun dari unit terkecil dimasyarakat, yaitu keluarga, karena itu kami bangun pertanian Keluarga tidak hanya untuk meningkatkan  penyediaan pangan dan  kesejahteraan petani, tetapi juga mengentaskan daerah rentan rawan pangan," ujar Kepala BKP Agung Hendriadi yang dihubungi di kantornya, Selasa (13/4/2021).

Lebih lanjut dikatakan Agung, melalui Pertanian Keluarga, diharapkan kebutuhan pangan masya...

Kementan Intervensi Distribusi dan Stok, Amankan Ketersedian Pangan Saat Ramadhan dan Lebaran

Dipublikasikan pada tanggal 13 Apr, 2021

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan penjagaan stabilitas harga bahan pokok menjelang datangnya bulan puasa dan hari raya lebaran 2021. Penjagaan ini dilakukan supaya masyarakat tetap khusyu menjalankan ibadah bulan suci ramadhan tanpa adanya gangguan gejolak harga pangan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi mengatakan, pemerintah sudah melakukan penjagaan sejak beberapa bulan sebelumnya, melalui monitoring pada setiap daerah defisit dengan menggunakan Sistem Monitoring Stok (SIMONTOK).

"Bahkan peta Simontok ini mampu memantau k...

Kementan : Ketersediaan Pangan Selama Puasa dan Lebaran Aman Terkendali

Dipublikasikan pada tanggal 13 Apr, 2021

Jakarta - Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi memastikan bahwa pasokan kebutuhan bahan pokok untuk puasa dan lebaran 2021 dalam kondisi aman. Selain itu, ia memastikan bahwa harga-harga yang ada juga masih dalam posisi stabil.

"Memang sempat ada kenaikan harga, tetapi selama bulan ramadhan akan kembali turun, lalu naik lagi pada 3 hari sebelum lebaran dan turun lagi setelah lebaran. Walaupun begitu masyarakat tidak perlu khawatir. Bahkan catatan kami, sekarang cabai rawit sudah turun," kata Agung dalam diskusi Ketersediaan Pangan Jelang Ramadhan dan ...

Panen di Sulsel, Kementan Minta PT Pertani Optimalkan Serap Gabah Komersil

Dipublikasikan pada tanggal 09 Apr, 2021

Sidrap – Pemerintah terus mendorong penyerapan gabah pada saat panen raya dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga baik di tingkat konsumen maupun produsen. Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi mengatakan, selain penyerapan gabah oleh Bulog dengan skema PSO (Public Service Obligation), pihaknya juga mendorong penyerapan gabah komersil melalui kerja sama dengan PT. Pertani.

“Penyerapan gabah ini untuk mengendalikan harga, karena itu kita dorong PT Pertani menyerap gabah secara komersil dengan harga di atas HPP,” ujar Agung dalam kunjungan kerjanya ke Unit Pengg...

Gerai Pangan Lokal Bogor, Sinergi BKP - Litbang Kementan Dongkrak UMKM Pangan Lokal

Dipublikasikan pada tanggal 08 Apr, 2021

Jakarta - Pembukaan gerai pangan lokal di Bogor menjadi salah satu penanda tekad pemerintah dalam menguatkan aksesibilitas pangan lokal bagi masyarakat. Gerai pangan lokal ini merupakan sinergi antara Badan Ketahanan Pangan (BKP) dengan Badan Litbang Pertanian.

"Sebagai bagian dari gerakan diversifikasi pangan, kita bersinergi dengan Litbang melalui Gerai Pangan Lokal ini, ini tugas kita bersama sebagai tim satgas diversifikasi pangan," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi, pada Kamis (08/04/2021).

Seperti diketahui, untuk mendorong gerakan diversifikasi pangan, M...

Jelang Puasa, Kementan Gencarkan Gelar Pangan Murah

Dipublikasikan pada tanggal 08 Apr, 2021

Jakarta – Menjelang bulan suci Ramadhan, Pasar Mitra Tani (PMT) atau Toko Tani Indonesia Center (TTIC) besutan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan semakin gencar melalukan gelar pangan murah baik di pusat maupun propinsi. Hal ini ditujukan untuk memperkuat dan mempermudah akses masyarakat terhadap bahan pangan yang berkualitas dan terjangkau.

Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi mengakui bahwa kebutuhan pangan akan mengalami peningkatan, meskipun berbeda-beda untuk setiap komoditas. Namun demikian, dia memastikan ketersediaan pangan pokok aman dan terkendali.

"Secara nasional ketersediaan pan...

Sinergi Kementan dan PT Pertani Genjot Serap Gabah di Kendal

Dipublikasikan pada tanggal 05 Apr, 2021

Kendal - Upaya memaksimalkan hasil produksi petani terus dilakukan untuk menjamin kecukupan stok pangan dan menjaga kestabilan harga.

"Upaya serap gabah hari ini adalah wujud implementasi MoU antara Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dengan Menteri BUMN Erick Thohir yang diatur teknisnya melalui perjanjian kerjasama antara BKP dan PT RNI sebagai BUMN klaster pangan, termasuk di dalamnya ada PT Pertani," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi di UPP PT Pertani Kendal, Jawa Tengah, Senin (05/04/2021).  

Kerjasama tersebut untuk mengoptimalkan penyerapan hasil panen petani. Saat in...

P2L Untuk Tingkatkan Kecukupan Pangan dan Gizi Masyarakat

Dipublikasikan pada tanggal 01 Apr, 2021

Banjarbaru - Program Pertanian Pangan Lestari (P2L), yang digagas Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian tidak hanya mampu mencukupi kebutuhan pangan masyarakat, tetapi juga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

Demikian dikatakan Kepala BKP Agung Hendriadi saat mengunjungi Program P2L, bersama-sama dengan Tenaga Ahli Utama Kedeputian III Kantor Staf Kepresidenan Bustanul Arifin di Kelurahan Landasan Ulin Utara, Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu, (31/3/2021).

"P2L ini tidak hanya menghasilkan pangan, tetapi juga mampu membangkitkan semangat warga di...

Pasar Mitra Tani Kementan Kembali Gelar Cabai Rawit Murah Rp 32.000 per kg

Dipublikasikan pada tanggal 31 Mar, 2021

Jakarta – Aksi kegiatan gelar pangan murah (GPM) cabai rawit merah oleh Kementan melalui Pasar Mitra Tani (PMT/TTIC) sejak 8-30 Maret 2021 di 57 titik di wilayah Jabodetabek, kembali dilakukan di 25 wilayah di Jakarta, Depok, dan Bogor dengan harga khusus Rp 32.000 per kg. Harga khusus karena sangat jauh berbeda dengan harga di eceran DKI Jakarta yang masih diatas Rp 100 ribu per kg.

Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi mengatakan, sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pangan, gelar pangan murah untuk mengantisipasi kenai...

Kolaborasi Kementan dan BUMN Pangan Dalam Serap Gabah Petani

Dipublikasikan pada tanggal 28 Mar, 2021

Semarang – Memasuki puncak panen raya padi yang terjadi pada bulan Maret-April, Kementerian Pertanian (Kementan) berkolaborasi dengan BUMN pangan yaitu Perum BULOG dan PT Pertani untuk menyerap gabah petani. Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang mendorong jajarannya agar terus bersinergi dengan stakeholder baik dari pemerintah maupun swasta dalam rangka menyelamatkan produksi gabah petani.

Dorongan menyerap gabah petani terus bergulir di berbagai daerah seperti terlihat di Jawa Tengah. Pada rakor stabilisasi harga gabah/beras petani, Jumat (26/03/2021) Kepala ...