Arsip Berita

Kementan Minta Ditingkatkan Serapan Gabah/Beras Petani

Posted in Berita Umum on Jul 23, 2019

Rakor Serap gabah/beras (sergap) di kantor pusat perum Bulog Selasa (23/7) yang dipimpin Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi dan Direktur Pengadaan Bulog, dan Direktur Komersil Bulog menghasilkan kesepakatan bahwa peningkatan serap gabah/beras harus ditingkatkan.

Dalam rakor ini Agung menekankan pentingnya mempercepat sergap hingga bulan Agustus mendatang.

“Bulog harus memanfaatkan momentum panen Juli sampai Agustus ini, mengingat tren panen mengalami penurunan hingga September nanti. Jika tidak, kita akan kehilangan kesempatan,” Jelas Agung.

Di...

Dampingi Kunker DPR RI, Kementan Dorong Serap Gabah Panen Gadu

Posted in Berita Umum on Jul 22, 2019

Panitia Kerja Bantuan Sosial (Bansos) Beras Sejahtera (Rastra) Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPRRI) dipimpin  I Made Urip dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan melakukan kunjungan kerja (kunker)  ke Sulawesi Selatan untuk menggali data dan informasi terkait program Rastra dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).  

Kunker  ini juga untuk mendapat masukan dari Kementerian Sosial dan Kementerian Pertanian (Kementan) terkait rencana pelaksanaan program BPNT dimana Bulog ditunjuk sebagai penyalur beras mulai September-Desember 2019.

"Program BPNT mengakibatkan kegiat...

Hasil KRPL Tembus Pasar Supermarket

Posted in Berita Umum on Jul 22, 2019

Sebagai salah satu kegiatan Kementerian Pertanian dalam pemenuhan kebutuhan pangan rumah tangga, Kawasan Rumah Pangan Lestari atau lebih dikenal dengan KRPL, dampak kehadiran kegiatan ini semakin dirasakan manfaatnya.

Hal ini terungkap oleh Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Tri Agustin Satriani, ketika melakukan pembinaan kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan melalui peningkatan kegiatan KRPL di empat kabupaten Se-Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Maros, Kota Makassar, Pangkep serta Barru pada Rabu (17/7) hingga Sabtu (20/7). Kunjungan tersebut selain untuk pembi...

TTI Kementan Menginspirasi Gubernur Sumatera Barat Bangun TTIC Modern

Posted in Berita Umum on Jul 18, 2019

Untuk menjaga pasokan dan stablitasi harga pangan, peranan Toko Tani Indo  nesia Centre (TTIC) Kementerian Pertanian (Kementan) sangat strategis, karena mampu mempengaruhi harga pangan.  


Kementan sangat mengapresiasi kepada pimpinan daerah yang mempunyai inisiasi  mengembangkan TTIC, agar stok dan harga pangan bisa terkontrol setiap saat.


"Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Gubernur Sumatera Barat dalam menjaga pasokan dan stabilitasi harga pangan, dengan membangun TTIC modern full menggunakan APBD," ujar Kepala Badan ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Agu...

Kadin dan BNPP Mengapresiasi Kementan Kembangkan Lumbung Pangan di Perbatasan

Posted in Berita Umum on Jul 16, 2019

Wilayah perbatasan Indonesia relatif tertinggal dari wilayah lain. Selain faktor geografis, juga disebabkan keterbatasan infrastruktur pendukung, khususnya dari aspek sosial ekonomi masyarakat.

Untuk mengatasi masalah tersebut, khususnya dalam pemenuhan pangan dan kesejahteraan masyarakat, Kementerian Pertanian telah mengembangkan Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor di wilayah perbatasan.

"Sesuai Nawa Cita dan Pembangunan Jangka Panjang Nasional yang dimulai dari pinggiran, pembangunan wilayah perbatasan menjadi prioritas dan menjadi bagian integral yang menjadi beranda terdepan Negara Kesatuan...

BKP Kementan Berikan Layanan Prima Kepada Pemohon Informasi Publik

Posted in Berita Umum on Jul 15, 2019

Di era keterbukaan ini, setiap Badan Publik wajib menyediakan informasi publik dan memberikan pelayanan kepada pemohon. Hal ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik (IP).

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian sebagai Badan Publik sudah sejak lama memberikan pelayanan informasi publik (IP) kepada pemohon, baik secara online maupun datang langsung ke layanan informasi publik di Kantor Pusat Kementan Ragunan.

"Kita harus senantiasa meningkatkan dan  memperbaiki pelayanan kepada pemohon. Untuk itu segala sesuatunya harus terus diperbaiki...

Meski Harga Cabai di Pasar Tinggi, TTI Kementan Tetap Jual Dengan Harga Murah

Posted in Berita Umum on Jul 14, 2019

Upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mengantisipasi kenaikan harga cabai terus dilakukan, salah satunya melalui Gelar Cabai Murah (GCM) di 30 Toko Tani Indonesia ( TTI) Jabodetabek sejak 7 Juli 2019.

Melalui pasokan sebanyak 10 ton cabai merah keriting dan 4 ton cabai rawit diharapkan mampu mempengaruhi harga pasar dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Agung Hendriadi, TTI sangat berperan sebagai pemasok pangan murah termasuk cabai.

Kementan melalui TTIC  mendistribusikan cabai dari petani langsung ke TTI yang tersebar di Jabodetabek de...

Kenalkan Anak Usia Dini tentang Pemanfaatan Pekarangan, BKP gelar Lomba Mewarnai

Posted in Berita Umum on Jul 12, 2019

Dalam rangka memperingati Hari Krida Pertanian tahun 2019, Badan Ketahanan Pangan menyelenggarakan kegiatan Lomba Mewarnai tingkat TK di Gedung Pusat Informasi Agribisnis Kementerian Pertanian, Jakarta (12/7). 

 Lomba diikuti oleh 60 siswa/i TK dengan tema “pemanfaatan lahan pekarangan”. Tema ini diusung untuk mengenalkan sedini mungkin kepada anak anak tentang potensi lahan pekarangan untuk ditanami aneka sumber pangan keluarga.


BKP Kementan Dorong Pemerintah Daerah Memperkuat Cadangan Pangan Daerah

Posted in Berita Umum on Jul 10, 2019

Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) memiliki peran strategis dalam penyediaan pangan untuk penanganan bencana, kerawanan pangan, kondisi darurat serta menjaga stabilisasi harga pangan di daerah.

Salah satu kelebihan CPPD adalah apabila terjadi bencana alam atau sosial dalam skala kecil dan bersifat lokal, pemerintah daerah dapat langsung menyalurkan bantuan kepada korban bencana. Meskipun pemerintah daerah memiliki kewenangan dalam memanfaatkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang ada di Bulog, provinsi sebesar 200 ton dan kabupaten/kota 100 ton untuk penanganan tanggap darurat, namun dal...

Kepala BKP Kementan Mengapresiasi TTIC Jawa Barat Lakukan Gelar Cabai Murah

Posted in Berita Umum on Jul 08, 2019

Menyikapi naiknya harga cabai merah keriting dan cabai  rawit merah di beberapa daerah, kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) meminta Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) yang ada di provinsi melakukan intervensi dengan menjual Cabai merah keriting dan cabai rawit merah murah.

"Jika disuatu daerah terjadi lonjakan harga cabai, kami minta Kepala Dinas Ketahanan Pangan melakukan Gelar Cabai Murah melalui TTIC.  Intervensi ini perlu dilakukan agar harga segera turun dan normal kembali," ujar Agung dikantornya, Senin (8/7).

Agung pun mengapresiasi TTIC Jawa Barat yang p...

Kepala BKP Kementan Panen Sayuran di lahan TTIC

Posted in Berita Umum on Jul 08, 2019

Usai melepas gelar cabai murah di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Pasar Minggu, Jakarta Selatan (7/7/2019) guna meredam potensi gejolak harga cabai semakin pedas, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi melakukan panen sayuran di lahan TTIC. Masih adanya lahan di TTIC dioptimalkan sebagai demplot dan percontohan bagi masyarakat luas dalam rangka Optimalisasi pekarangan dalam pemenuhan kebutuhan pangan rumah tangga.

Kegiatan yang dikemas dengan nama Obor Pangan Lestari (OPAL) ini memiliki misi agar masyarakat dengan lahan sekecil apapun dapat berbudidaya berbagai tanaman.

Dalam panen s...

TTIC/TTI Kementan Respon Cepat Stabilkan Harga Cabai

Posted in Berita Umum on Jul 07, 2019

Pergerakan harga cabai merah keriting dan cabai rawit merah dalam dua minggu terakhir ini masih cukup tinggi. Berdasarkan pantauan di portal Info Pangan Jakarta per 5 Juli 2019, rerata harga cabai merah keriting Rp 63.000/kg dan cabai rawit merah Rp 59.000/kg.

Guna meredam dan mengendalikan harga cabai, Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan respon cepat dengan menggelar Pasar Cabai Murah melalui di TTIC Pasar Minggu Jakarta dan TTIC di Jl. Tentara Pelajar No.1 Bogor, serta di 30 outlet Toko Tani Indonesia (TTI) yang tersebar di wilayah Jakarta, Bogor, Dep...

Melihat Kegiatan PKU Kementan di Lombok Utara. Dulu Kami Menangis, Sekarang Sudah Bisa Tersenyum

Posted in Berita Umum on Jul 06, 2019

"Dulu kami menangis, tapi berkat adanya bantuan pemerintah, termasuk Program PKU Kementan, sekarang kami sudah bisa tersenyum," ujar Rauf Ketua Kelompok tani Horsepan ketika ditemui seusai pertemuan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) bersama Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Andriko Noto Susanto, di desa Pendua, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (3/7/2019.

"Pasca gempa, tadinya kami tidak tau harus berbuat apa. Ibu-ibu yang biasa berbelanja kepasar, selama 3 hari hanya dirumah, karena tidak ada yang berjualan. Kini mereka sudah bisa berbelanja, bahkan menghasil...

PKU Kementan di Lombok Utara Percepat Recovery Petani Pasca Gempa

Posted in Berita Umum on Jul 03, 2019

Kehadiran Pengembangan Korporasi Usahatani (PKU) Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian di Lombok Utara Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak saja mampu memotivasi petani untuk bangkit dari keterpurukan akibat gempa bumi tahun lalu, tetapi juga mampu memberikan harapan dan optimisme bagi petani dan masyarakat.


"Program PKU ini sangat tepat dan sangat menolong bagi kami, apalagi kami baru saja mendapat musibah bencana alam," ujar Mujahidin, Ketua Gapoktan Serumpun, desa Pendua, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, yang ditemui Nusa Tenggara Barat, Rabu (3/7/2019).


"Mela...

TTIC Kementan Serap Ayam Peternak Mandiri untuk Dongkrak Harga

Posted in Berita Umum on Jul 03, 2019

Anjloknya harga ayam hidup ditingkat peternak khususnya yang terjadi di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat menjadi trending topik di dunia peternakan dalam beberapa minggu ini. Banyak para peternak mandiri  menghentikan usahanya, bahkan menjual kandang miliknya karena tidak sanggup lagi mengatasi mahalnya biaya berternak ayam ras.

Merespon masalah tersebut, Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian bergerak cepat turut andil dalam melindungi peternak ayam, khususnya peternak mandiri yang masih bertahan menekuni usahanya. Kehadiran TTIC Kementan m...

    Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 Next