Arsip Berita

Kementan Pastikan Ketersediaan Daging Sapi untuk Lebaran Aman

Dipublikasikan pada tanggal 06 May, 2021

Jakarta - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian memastikan bahwa kondisi ketersediaan pasokan daging sapi untuk kebutuhan masyarakat menyambut Idul Fitri 1442 H dijamin aman. Hal ini diungkapkan Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Risfaheri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (06/05/2021).

"Saat ini BKP terus melakukan pemantauan terhadap kondisi di lapangan di antaranya dengan melakukan kunjungan langsung pada beberapa Rumah Potong Hewan (RPH) dan Distributor di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya untuk melihat stok daging sapi yang ada saat ini," ujarnya.

Mengi...

Pesanan Online meningkat di Pasar Mitra Tani Kementan

Dipublikasikan pada tanggal 06 May, 2021

Bogor - Seiring dengan meningkatnya kebutuhan pangan masyarakat menjelang Idulfitri, pemesanan bahan pangan secara online juga mengalami peningkatan.

Tidak hanya terjadi di Pasar Mitra Tani (PMT) Pasar Minggu Jakarta, layanan belanja online di PMT Cimanggu Bogor juga mengalami peningkatan tajam. Petugas Pasar Mitra Tani Bogor, Rohman yang ditemui di outlet PMT Bogor, Rabu (05/05/2021) mengakui dalam sehari tidak kurang dari 100 pesanan online melalui Gojek dan Grab yang masuk ke Pasar Mitra Tani Bogor.

"Gak berhenti pesanan masuk dari Gojek dan Grab, mulai buka dari jam 9 sampai jelang tutup j...

Pekarangan Pangan Lestari Perkokoh Ketahanan Pangan Keluarga

Dipublikasikan pada tanggal 05 May, 2021

Banten -  Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, Aan Muawanah mengungkapkan untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga pihaknya kini terus mengembangkan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di daerahnya.

“Pekarangan Pangan Lestari ini sangat bagus. Saya yakin program ini tidak hanya mampu memperkokoh ketahanan pangan keluarga, juga mengatasi rentan rawan pangan," ungkapnya saat ditemui dikantornya, Selasa (4/5/2021).

Menurutnya program P2L dapat dilakukan dengan mengajak beberapa pihak terkait sehingga nantinya tidak ada lagi lahan-lahan kosong tanpa tanaman.

"Kami juga berencana ...

Penuhi Kebutuhan Masyarakat Jelang Idulfitri, PMT Kementan Makin Gencar Gelar Pangan Murah

Dipublikasikan pada tanggal 04 May, 2021

Jakarta – Kurang lebih seminggu jelang Idulfitri, Pasar Mitra Tani (PMT) yang ada di seluruh ibukota provinsi kembali menggencarkan gelar pangan murah. Pemesanan bahan pangan juga semakin mudah karena tidak  hanya melayani pembelian bahan pangan di outlet-outlet PMT.

“Saat ini masyarakat semakin mudah mengakses pangan, hanya dengan smartphone yang ada di tangan, PMT dapat melayani pemesanan bahan pangan secara online,” ujar Risfaheri, Kepala Pusat Distrbusi dan Cadangan Pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, pada Selasa (03/05/2021).

 Untuk lebih membantu masyarakat memperoleh pangan y...

Jelang Idulfitri, Pasokan dan Harga Pangan Stabil

Dipublikasikan pada tanggal 03 May, 2021

Bogor - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian terus memantau perkembangan harga dan pasokan pangan strategis baik di tingkat produsen maupun konsumen. Hal ini sebagai early warning permasalahan pangan agar langkah antisipatif dapat tepat dilaksanakan dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan.

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP, Risfaheri memastikan pasokan kebutuhan bahan pokok menghadapi di bulan puasa dan jelang Lebaran 2021 dalam kondisi aman dan harga stabil.

 "Harga maupun pasokan pangan pokok strategis relatif aman. Bisa dilihat di dua Pasar Tradisional ...

Meski Permintaan Meningkat, Harga Pangan di Kabupaten Bogor Relatif Stabil

Dipublikasikan pada tanggal 01 May, 2021

Bogor – Meski di masa pandemi, ternyata pergerakan ekonomi masyarakat tetap meningkat. Hal ini  setidaknya terlihat dari aktifitas perdagangan di pasar Citeureup 2 dan pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sejak dini aktifitas perdagangan terus ramai, bahkan hingga tengah hari.

"Kita bisa lihat sendiri, aktifitas perdagangan disini terus terjadi, bahkan cenderung meningkat, terutama bahan pangan," ujar Risfaheri, Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementerian Pertanian saat melakukan pemantauan pasokan dan stabilitas harga pangan didampingi Kabid Dis...

Ramadan, Masyarakat Terbantu dengan GPM Pasar Mitra Tani

Dipublikasikan pada tanggal 20 Apr, 2021

Jakarta – Gelar Pangan Murah (GPM) yang dilaksanakan oleh Pasar Mitra Tani (PMT) Kementan memudahkan akses masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan di bulan Ramadhan. PMT telah melakukan GPM sejak Januari 2021, jauh sebelum ramadhan tiba hingga saat ini. GPM tersebut dilaksanakan di berbagai wilayah di pusat maupun daerah, baik di pasar, kelurahan, instansi maupun rusunawa.

GPM dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Karena itu, untuk menghindari kerumunan Pasar Mitra Tani melakukan penjualan secara kolektif terutama yang di rusun, kantor kelurahan yang dikordinir oleh pengurus ru...

Gratis Ongkir, Strategi online Pasar Mitra Tani Kementan Mudahkan Aksesibilitas Masyarakat

Dipublikasikan pada tanggal 20 Apr, 2021

Jakarta – Pandemi yang masih berlangsung berdampak pada penurunan aktifitas ekonomi secara fisik, termasuk pola belanja bahan pangan yang mulai beralih ke online. Merespon hal tersebut Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian melalui Pasar Mitra Tani (PMT) yang tersebar di seluruh  Indonesia mendorong penguatan ekosistem digital sehingga akses masyarakat  terhadap bahan pangan semakin mudah dan terjangkau, yang berdampak pada stabilitas pasokan dan harga pangan.  

"Digitalisasi menjadi bagian penting dari distribusi pangan, pandemi Covid-19 ini memberi cara berfikir baru sehingga saa...

Gerakan P2L, Konsep Microgreen Cocok Untuk Budidaya Edible Flowers

Dipublikasikan pada tanggal 16 Apr, 2021

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong gerakan mewujudkan ketahanan pangan nasional melalui program pekarangan pangan lestari (P2L). Gerakan ini merupakan solusi pemenuhan pangan keluarga yang sehat dan kaya akan kandungan gizi baik, sehingga mampu menekan angka stunting. Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi, P2L merupakan salah satu upaya manifestasi penguatan ketahanan pangan yang meliputi tiga aspek yaitu penguatan ketersediaan pangan, aksesibilitas pangan, dan penguatan pemanfaatan pangan. “Jadi kita dorong masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan sebag...

Korporasi UsahataniKorporasi Usahatani Tingkatkan Nilai Tambah Produk Pertanian Tingkatkan Nilai Tambah Produk Pertanian

Dipublikasikan pada tanggal 15 Apr, 2021

Kulon Progo - Dalam upaya meningkatkan nilai tambah produk pertanian dan kesejateraan petani, Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementerian Pertanian melakukan kegiatan Pengembangan Korporasi Usahatani (PKU). "Kita korporasikan usahatani, agar petani mempunyai posisi tawar yang kuat dalam meningkatkan usaha, sehingga tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan pangannya sendiri, tetapi secara ekonomi juga terus mendorong peningkatan pendapatan. Kalau sudah demikian, tentu kesejahterannya juga terangkat," ujar Kepala BKP Kementerian Pertanian Agung Hendriadi menjelaskan dikantornya Kamis, (15/4/2021).

Untu...