Arsip Berita

Sulawesi Selatan siap laksanakan Operasi Sergab 2018

Dipublikasikan pada tanggal 19 Mar, 2018

Dirjen Tanaman Pangan Gatot Irianto bersama Kepala Badan Ketahanan Pangan pimpin Rapat Kordinasi Serap Gabah Petani (Sergab) Provinsi Sulawesi Selatan yang di gelar di Makassar pada 8 Februari 2018.

Dalam arahan nya, Gatot Irianto menjelaskan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan BRI untuk membiayai operasi pembelian gabah/beras.

"Kalau kemarin Dandim nggak punya uang, sekarang pegang uang," tambahnya. Menurutnya, dengan ada nya skema pembiayaan ini para tengkulak tidak akan punya ruang lagi untuk bergerak bebas.

Pada kesempatan tersebut Kasdam XIV Hasanuddin Brigjen Budi Sulistijono pun me...

Peran Badan Ketahanan Pangan Dalam Pengentasan Kemiskinan

Dipublikasikan pada tanggal 19 Mar, 2018

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian pada tahun 2018 akan memfokuskan kegiatan pada upaya pengentasan kemiskinan melalui padat karya.

"Kita akan fokus dan berkontribusi nyata dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi saat memberikan sambutan dan arahan pada "Sinkronisasi Program dan Kegiatan BKP Tahun 2018" Minggu malam (12/1) di Solo Jawa Tengah.

"Pengentasan kemiskinan dengan pola padat karya dilakukan di 1.000 desa di 100 kabupa...

Serap Gabah untuk Membantu dan Mensejahterakan Petani

Dipublikasikan pada tanggal 19 Mar, 2018

Tujuan kegiatan serap gabah petani adalah untuk membantu dan mensejahterakan petani. Kasihan petani yang sudah bekerja keras kalau sampai merugi. Untuk itulah pemerintah turun tangan membeli gabah petani, agar petani mendapat keuntungan dari usaha tani nya," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi saat memberikan pengarahan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Serap gabah petani (sergab) di Sumatera Selatan (12/2).

Selain itu, menurut Agung, kegiatan sergab juga bertujuan untuk meningkatkan cadangan pangan pemerintah, yang dilakukan melalui penugasan kepada Bul...

Gorontalo Optimis 2018 Serap Gabah dan Jagung Petani

Dipublikasikan pada tanggal 19 Mar, 2018

Dengan ditetapkan nya fleksibilitas harga pembelian gabah/ beras oleh Bulog sebesar 20% dari Harga Pembelian Pemerintah (HPP) diharapkan Bulog dapat memenuhi target penyerapan lebih optimal. Demikian disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi pada saat memimpin Rapat Kordinasi Serap Gabah Petani (Sergab) Provinsi Gorontalo hari ini Selasa (13/2).

"Dengan kelenturan tersebut saya harap Bulog mampu menyerap sesuai target sebesar 2,2 juta ton sampai dengan Juni 2018" tegas Agung.

Selain itu, menurut Agung, mekanisme Sergap saat ini Bulog menggandeng TNI AD dalam hal ini Dandim yang...

Provinsi Lampung Siap Laksanakan Operasi Sergab

Dipublikasikan pada tanggal 19 Mar, 2018

Hingga Juni 2018, Kementerian Pertanian melalui Perum Bulog menargetkan serapan beras tidak kurang dari 2,2 juta ton sebagai upaya pemenuhan cadangan beras nasional dan pengendalian harga.

"Target sudah disepakati bersama dan tim siap turun ke lapangan untuk melaksanakan operasi Sergab." Hal ini disampaikan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Justan Riduan Siahaan pada Rapat Koordinasi (Rakor) serapan gabah petani (Sergab) Provinsi Lampung (13/2).

Justan yang juga penanggung jawab Upsus Pajale Provinsi Lampung memfokuskan perhatiannya pada akurasi data yang perlu disampaikan secara b...

Bulog Diminta Serap Gabah dan Jagung Petani Gorontalo

Dipublikasikan pada tanggal 19 Mar, 2018

Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi mengapresiasi serap gabah yang dilakukan Provinsi Gorontalo, 2017 lalu.

"Sergap di Gorontalo ini istimewa, karena capaiannya luar biasa dan bisa surplus. Dari surplus yang ada, bisa untuk cadangan pangan daerah, bahkan cadangan pangan nasional," kata Agung dalam rapat koordinasi serap gabah petani (sergap) dan pengembangan jagung se- provinsi Gorontalo di kantor Gubernuran, Selasa (13/2).

Namun demikian, Agung mengingatkan, selain gabah jagung juga harus diperhatikan.

"Gorontalo ini sebagai daerah sentra produksi jagung nasio...

Serap Gabah Petani, Guna Cadangan Beras Banten

Dipublikasikan pada tanggal 19 Mar, 2018

Sebagai salah satu dari delapan provinsi prioritas serapan gabah petani (sergab), Banten memiliki target 57 ribu ton serapan gabah pada semester I tahun 2018 ini.

"Sergab ini sangat penting untuk mengisi cadangan pangan pemerintah" kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi, pada Rakor Sergab Provinsi Banten, Jumat (16/2) di Serang.

Lebih lanjut Agung menegaskan bahwa sergab ini untuk membantu petani. "Kita tidak ingin harga gabah jatuh bebas, oleh karena itu mari kita bantu petani untuk bisa memperoleh kehidupan yang lebih baik." tegas Agung.

Menurut nya, target ...

Peran Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP) Dalam Menjamin Keamanan dan Mutu Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 19 Mar, 2018

Sebagai upaya menjamin keamanan dan mutu pangan yang dikonsumsi masyarakat serta meningkatkan daya saing ekspor komoditas pertanian, perlu diterapkan sistem keamanan pangan terpadu yang didukung oleh sarana dan prasarana serta SDM yang kompeten. Untuk itu, tenaga fungsional Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP) yang kompeten dan profesional sangat dibutuhkan dalam mendukung terjaminnya keamanan dan mutu pangan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi pada saat membuka acara Bimbingan Teknis dan Uji Kompetensi (inpassing) Jabatan Fungsional PMHP di Bogor (21/2).

“S...

Dewan Ketahanan Pangan Diminta Segera Berkreasi

Dipublikasikan pada tanggal 19 Mar, 2018

Jakarta (23/2) - Untuk menggapai Indonesia Menjadi Lumbung Pangan Dunia, para anggota Dewan Ketahanan Pangan (DKP) diminta segera berkreasi.

"Semua anggota Dewan Ketahanan Pangan perlu punya binaan sesuai potensi di daerah dan keahliannya masing-masing. Jadi, semua harus berkreasi. Dengan demikian, akan mendapatkan hasil nyata yang membanggakan," kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, saat memberi pengarahan dalam Rapat Konsolidasi DKP di Jakarta, Jumat (23/2).

Amran Sulaiman juga berharap, agar para anggota DKP dapat memberikan pemikiran-pemikiran dan ide-ide menarik tentang bagaimana me...

Kementan Minta Bulog Tak Sia-siakan Momentum Panen Raya

Dipublikasikan pada tanggal 19 Mar, 2018

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi mendorong Bulog menyerap gabah petani. Demikian disampaikan saat melakukan safari serapan gabah petani (Sergap) ke kabupaten Demak, Kudus dan Grobogan provinsi Jawa Tengah.

"Upaya menyerap gabah petani ini sangat penting dilakukan Bulog untuk mengisi cadangan pangan pemerintah" kata Agung saat menginisiasi dan menyaksikan terjadinya kesepakatan pembelian gabah petani oleh Bulog yang dihadiri perwakilan Bulog, TNI (Dandim), BRI, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan provinsi Jawa Tengah, Rabu (28/2)

"Momentum ini harus diman...