Arsip Berita

Kepala BKP Kementan Dorong Bulog Banyuwangi Jatim Segera Serap Gabah Petani

Dipublikasikan pada tanggal 29 Jun, 2018

Dalam upaya mendukung percepatan serapan gabah/beras Bulog, khususnya di wilayah subdivre Banyuwangi Jawa Timur, Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi memimpin langsung  Rapat Koordinasi (rakor) Percepatan Sergap di Kantor Subdivre Banyuwangi, Jumat (29/6/2018).


Dalam sambutannnya, Agung mengatakan bahwa pasokan beras medium ke Perum Bulog bertujuan memperkuat cadangan beras pemerintah.


"Target pemerintah, sampai akhir Agustus serapan beras Bulog mencapai sekitar 2,2 juta ton. Untuk itu, dalam dua bulan kedepan, pasokan beras ke Bulog fokus berupa beras medium," tegas Agung.


P...

Tim Sergap Serap 3.295 Ton Beras di Jateng

Dipublikasikan pada tanggal 23 Jun, 2018

Pasca cuti Idul Fitri 2018, Tim Sergap di Jawa Tengah yang dipimpin Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP Kementerian Pertanian, Riwantoro, Jumat (22/6) turun langsung untuk mendorong realisasi pengadaan gabah/beras, dan berhasil menyerap 3.295 ton beras melalui Perum Bulog Subdivre Semarang dan Pati.


_“Di masa percepatan ini sudah bukan waktunya lagi diskusi, tapi kerja-Sergap-siap.“_ Ujar Riwantoro saat menyaksikan penandatanganan order pembelian Bulog di dua wilayah tersebut.


Lebih lanjut Riwantoro mengatakan, tahun 2018 ini Jawa Tengah memiliki target sebesar 362 ribu...

Semangat Lebaran, Sergap Idul Fitri Terus Digiatkan

Dipublikasikan pada tanggal 20 Jun, 2018

Kegiatan Serap Gabah/Beras Petani (Sergap) yang dilakukan Tim Sergap Kementerian Pertanian, TNI-AD, dan Perum Bulog terus diintensifkan sejak H+2 Lebaran. Untuk mencapai target yang telah ditetapkan, Sergap Idul Fitri dilaksanakan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mendorong realisasi kerja sama kemitraan antara Perum Bulog dengan Gapoktan dan perusahaan penggilingan padi.


Dalam kesempatan ini Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi mengatakan "Keberadaan Tim Sergap sangat penting dalam mendukung kedaulatan pangan, utamanya dalam pemenuh...

Libur Lebaran: BKP Kementan realisasikan kontrak sergap Sub Divre Surakarta di 6 Kabupaten

Dipublikasikan pada tanggal 19 Jun, 2018


Untuk mengisi Cadangan Beras Pemerintah (CBP), Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Bulog dan satgas sergap terus mempercepat pencapaian target penyerapan gabah (Sergap) di Propinsi Jawa Tengah.


Seperti hari ini, Selasa (19/6) telah dilakukan penandatangan Order Pembelian (OP) antara Bulog dengan para mitra, termasuk Perpadi di Subdivre Surakarta yang  disaksikan langsung oleh Kepala BKP, Agung Hendriadi.


"Jajaran Kementerian Pertanian dan Satgas Sergap terus bekerja saat libur lebaran ini, dan hari ini Kita menyaksikan penandatangan OP, kontrak menc...

Dari Pantauan BKP Kementan, Pasca Lebaran Stok dan Harga Pangan Stabil

Dipublikasikan pada tanggal 18 Jun, 2018


Dari hasil pantauan Tim P2H (Pemantau Pasokan dan Harga Pangan) Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian di sejumlah pasar di beberapa provinsi 3 hari pasca lebaran idulfitri, stok dan harga pangan stabil bahkan cenderung turun.


Hal ini bisa dilihat dari hasil pantauan kepasar-pasar yang dilakukan pada tanggal 17 Juni 2018 sebagaimana dilaporkan berikut ini.


Di Pasar Tamanan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur pasokan pangan aman dan harga stabil, bahkan menurut para pedagang cenderung turun dibanding sebelum Idul Fitri, terutama telur ayam ras turun dari Rp. 20.500,-...

Sehari Jelang Lebaran, Pasokan Dan Harga Pangan Di Bekasi Stabil

Dipublikasikan pada tanggal 14 Jun, 2018


Dari pemantauan yang dilakukan Tim dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian,  Sehari menjelang Idul Fitri 1439 H, stok dan harga pangan diberbagai wilayah aman dan stabil.


Salah satunya seperti yang dilaporkan Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP Riwantoro,  dari Pasar Cibitung dan Pasar Tambun Bekasi, Kamis (14/6).


"Kami terus menurunkan Tim unuk memwntau pasokan, distribusi dan harga pangan," kata Riwantoro.


"Upaya ini kami lakukan untuk memastikan bahwa distribusi pangan berjalan lancar sehingga pasokan cukup dan harga tetap stabil," tambahn...

Kementan Dorong Percepatan Sergap Di Sub Divre Bojonegoro Jawa Timur

Dipublikasikan pada tanggal 14 Jun, 2018


Meskipun sudah masuk libur bersama menjelang perayaan Idul Fitri, Pemerintah dan stakeholder terkait tetap berkomitmen untuk tetap melaksanakan kegiatan serapan gabah (Sergap) beras petani. Para mitra dan petani pun menyepakati dan akan terus berkontribusi dalam memasok gabah/beras ke gudang-gudang Bulog.


Untuk itu,  Kementerian Pertanian terus mendorong percepatan sergap diberbagai tempat, seperti yang dilakukan di Subdivre Bojonegoro Jawa Timur.


Diawali dengan kooordinasi Tim Sergap dengan stakeholder untuk menggali informasi dan mencari upaya pemecahan terkait permasalahan...

Jelang Idul Fitri 1439 H, Kementan Ajak Tim Sergap Turun Kelapangan

Dipublikasikan pada tanggal 13 Jun, 2018


Tiga hari jelang Idul Fitri 1439 H, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian turun  langsung ke lapangan untuk  mengakselerasi Penyerapan Gabah Petani (Sergap).


"Upaya yang kami lakukan ini untuk memantapkan pengisian Cadangan Beras Pemerintah (CBP), khususnya di Provinsi Jawa Barat yang merupakan salah satu provinsi sentra produksi padi," ujar Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Tri Agustin Satriani,  dalam pengawalan Sergap di Jawa Barat yang mencakup wilayah Sukabumi, Karawang, Subang, Bekasi, Indramayu dan Majalengka, Rabu (13/6) di Sukabumi.


Me...

Kepala BKP Kementan terus Dorong Bulog Serap Gabah Petani

Dipublikasikan pada tanggal 11 Jun, 2018



Untuk meningkatkan penyerapan gabah (Sergap) petani  dan mengisi Cadangan Beras Pemerintah (CBP), Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi, Senin (11 Juni 2018)  turun langsung kelapangan memimpin sergap  kedaerah-daerah yang masih sangat potensial untuk dilakukan penyerapan gabah, tetapi capaian realisasinya masih rendah dari target yang sudah ditentukan.


Sasaran sergap yang dikunjungi Agung bersama-Tim satgas sergap, Kepala Dinas Pangan, BPTP dan Bulog, adalah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan Tapin, Kalimantan Selatan.


"Kalau kita turun la...

Kepala BKP Kementan : Indonesia Berjuang Meningkatkan Keterwakilan SDM di FAO

Dipublikasikan pada tanggal 07 Jun, 2018


Dalam Sidang Dewan FAO hari ketiga Rabu (6/6) di Roma Italia, Delegasi Indonesia  yang dipimpin Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi,  menyuarakan perlunya peningkatan keterwakilan SDM di FAO.


"Grup Asia mengapresiasi FAO atas kemajuan dalam pengelolaan SDM melalui peningkatan peluang lowongan pekerjaan, keseimbangan geografis, dan kesetaraan gender, serta kebijakan baru dalam perekrutan konsultan," ujar Agung yang juga dipercaya mewakili dari Group Asia.


Menurut Agung, Grup Asia terus mendorong FAO agar melanjutkan upaya mewujudkan keseimbangan keterwakilan...